BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Sampai 30 Ribu Tiket

- Apahabar.com Kamis, 9 Mei 2019 - 07:30 WIB

Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Sampai 30 Ribu Tiket

Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket. Foto–Dok/SINDOnews

apahabar.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menambah kuota mudik gratis yang disiapkan untuk para pemudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 ini.

“Melihat tingginya animo pemudik yang sudah mendaftar pada program mudik gratis tahun ini, maka kami menambah kuota tiket bus gratis secara bertahap sesuai penambahan kebutuhan yang terdata di lapangan. Jadi perkiraan jumlah total kuota mencapai sekitar 30 ribu tiket,” kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung dalam keterangan persnya di Surabaya, seperti dilansir Antara, Rabu (9/5/2019).

Doso Agung mengatakan kuota mudik gratis yang disediakan Pelindo III terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2017 sekitar 6.000 orang, kemudian meningkat di tahun 2018 lalu menjadi sekitar 14.000.

“Di tahun 2019 ini disediakan 30 ribu tiket kapal laut dan bus gratis, dengan melalui koordinasi Kementerian Perhubungan, Pelindo III akan bersinergi dengan PT Damri dan operator bus swasta lainnya untuk menambah tiket bus gratis keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” tuturnya.

Total 30 ribu tiket gratis itu, terdiri dari 2.000 tiket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni dan 28 ribu tiket bus untuk diantar dengan bus milik Damri dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

“Jadi ada tiket gratis untuk 5 rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yakni dari Kumai-Tanjung Perak, Kumai-Tanjung Emas, Sampit-Tanjung Perak, Sampit-Tanjung Emas, dan Batulicin-Tanjung Perak. Semua dilayani oleh kapal milik Pelni, yaitu KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon,” katanya.

Pada masing-masing rute kapal laut tersebut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran (Hari Raya Idul Fitri).

Ia mengatakan begitu pemudik kapal laut tiba di pelabuhan langsung melanjutkan naik bus gratis yang telah disediakan total tiket bus gratis sebanyak 28.000 dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas.

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersedia untuk 5 jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember. Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-6 Lebaran.

Doso mengimbau agar calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri via internet atau online ke alamat situs website resmi: mudik.pelindo.co.id atau via aplikasi dengan mengunduh (download) aplikasi “Mudik Pelindo III” di Google Play.

“Setelah terdaftar secara daring calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi (KTP atau copy KK) sebagai bukti,” katanya.

Ia mengatakan program ini adalah wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri, dengan memberikan mudik yang aman dan nyaman pada masyarakat, terutama penumpang kapal laut, pada setiap musim mudik Lebaran.

“Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III akan diasuransikan sebagai fasilitas proteksi yang menyeluruh. Pelindo III mendukung pemerintah yang menempatkan keselamatan pemudik sebagai prioritas,” kata Doso.

Baca Juga: Pindah Ibu Kota Negara, Jokowi: Gunung Mas Kalteng Penuhi Syarat Luas Lahan

Baca Juga: Jokowi Sebut Infrastruktur Kaltim Sudah Siap

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Moeldoko: Ada Kelompok Pendompleng Ingin Perkeruh Situasi
apahabar.com

Nasional

Muncul Video WNI yang Disandera Abu Sayyaf, Kemlu Upayakan Pembebasan
apahabar.com

Nasional

Puluhan Masih Tertimbun, Korban MD Tambang Longsor Terus Bertambah
apahabar.com

Nasional

Dua WNI Positif Virus Corona Tinggal di Depok
apahabar.com

Nasional

Kandidat Kuat Ibu Kota Negara, Kaltim Sodorkan Dua Tempat
Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Tolak Jenazah Covid-19

Nasional

Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Tolak Jenazah Covid-19
apahabar.com

Nasional

Polda Metro Jaya Tetapkan 9 Tersangka Pesta Gay di The Kuningan Suite Jaksel
apahabar.com

Nasional

Menkes Cabut Hak Istimewa, BPOM: “No Comment”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com