Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Pemerintah Remajakan Belasan Ribu Hektare Sawit Petani di Paser

- Apahabar.com Selasa, 7 Mei 2019 - 13:04 WIB

Pemerintah Remajakan Belasan Ribu Hektare Sawit Petani di Paser

Ilustrasi. Foto-istimewa

apahabar.com, PASER – Sekitar 17 ribu hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur akan diremajakan (replanting).

Menurut Kepala Seksi Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Paser, Djanuar Noor, 17 ribu hektare lahan yang akan dilakukan replanting itu merupakan kebun plasma atau kebun milik petani yang bermitra dengan perusahaan.

Selain lahan yang bermitra dengan perusahaan, lahan yang dimiliki masyarakat secara swadaya juga akan diremajakan.

“Ada 4.500 hektare kebun milik masyarakat secara swadaya juga akan diremajakan tahun ini ,” katanya, dikutip apahabar.com dari Antara, Selasa (7/5).

Dari 17 ribu hektare lahan sawit yang akan diremajakan, lanjut Djanuar, sebanyak 800 hektare lebih yang telah dilakukan peremajaan.

Sementara target replanting yang dilakukan melalui Koperasi Unit Desa atau perkebunan swadaya mencapai 4.134 hektare.

Baca Juga: May Day 2019, Sekelumit Catatan untuk Perlindungan Buruh Perkebunan Sawit

“Secara bertahap sudah ada lima KUD yang berkas usulannya lengkap dan sekarang sudah diterima direktur Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) luasannya mencapai 928 hektare,” kata Djanuar.

Lebih lanjut dia, mengungkapkan ada juga Berkas KUD yang masih dalam usulan dan juga masih terdapat beberapa perbaikan berkas usulannya. Selanjutnya ada berkas yang sampai saat ini baru sampai pada Tim PSR Provinsi Kaltim.

Selain itu, dia menyampaikan beberapa desa yang sampai saat ini belum melengkapi usulannya, yakni Desa Suliliran Baru, Desa Kresik Bura, Desa Kelempang Sari, Desa sekurau Jaya, Desa laburan Baru dan Desa Jemparing.

“Berdasarkan penjelasan titik koordinat berkaitan dengam letak lahan kelapa sawit milik kelompok Tani yang dikelola oleh KUD Bhineka Tunggal Ika dan KUD Usaha Bersama masih perlu dilakukan perbaikan. Ada dua KUD yang titik koordinat lahannya masih perlu diperbaiki. Yaitu di Didesa Bukit Seloka dan desa Tajur,” jelasnya.

Dengan adanya permasalahan tersebut, menurut Djanuar pihaknya belum bisa melanjutkan berkas usulan dari kelompok tersebut. Kalau sudah beres maka berkasnya pasti akan tindak lanjuti.

Baca Juga: Diblokir Uni Eropa, Ekspor Kelapa Sawit ke Wilayah Itu Malah Meningkat

Editor: Fariz F

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Asperindo Kalsel Batasi Pengiriman Lewat Udara
apahabar.com

Ekbis

Lima Provinsi dengan Suku Bunga KPR Tertinggi
apahabar.com

Ekbis

MoU GMF-BRI Indonesia-Tiongkok, Dua Proyek Strategis Kaltara Disertakan
apahabar.com

Ekbis

Jika Bersalah, Erick Thohir Minta Karyawan Garuda Mundur
apahabar.com

Ekbis

Sepi, Lion Pangkas Frekuensi Penerbangan di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

PSBB Transisi Jakarta, Rupiah Awal Pekan Menguat
Honda CRF 150 L

Ekbis

Laris Manis, Beli Honda CRF 150 Mesti Menunggu Sebulan
apahabar.com

Ekbis

Kunci Bisnis Bisa Tahan Corona Ala Sri Mulyani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com