BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi

Pemkab HSS Peringati HUT Proklamasi Tentara ALRI Kalimantan ke-70

- Apahabar.com Jumat, 17 Mei 2019 - 13:48 WIB

Pemkab HSS Peringati HUT Proklamasi Tentara ALRI Kalimantan ke-70

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyerahkan tali asih berupa 86 paket kepada veteran dan janda veteran. Foto-HumasHSS

apahabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) memperingati HUT Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Jumat (17/05/2019).

Peringatan yang digelar Monumen Perjuangan, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung ini, turut dihadiri oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Paman Birin, begitu ia disapa, didaulat sebagai inspektur upacara.

Ada yang menarik dari rangkaian HUT bertemakan “Lamun Handak Nyaman, BERGERAK Dengan Nilai Juang ALRI DIVISI IV Hayu Bahimat Bagawi Bangun Banua NKRI Harga Mati” tersebut.

Paman Birin, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto,SE, Bupati HSS H Achmad Fikry menghibahkan 1 unit mobil Toyota Innova untuk warga Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung. Harapannya dapat dimanfaatkan untuk ambulance dan diterima oleh kepala desa setempat.

Selain itu, diserahkan juga santunan 86 paket kepada para veteran dan janda veteran.

Proklamasi 17 Mei 1949 merupakan sejarah penting bagi rakyat Kalsel. Dalam proklamasi itu, muncul pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia, bahwa gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan.

“Tekad, semangat, nilai-nilai kejuangan, pantang menyerah, dan rasa nasionalisme sangat tepat dan relevan untuk kembali kita gaungkan, kita hidupkan dan kita tanamkan pada setiap sanubari kita,” ujar Paman Birin.

Kini, kata Paman Birin, perjuangan untuk negeri dan banua ini belum berakhir. Perjuangan akan terus berlanjut meski dalam ruang, waktu, dimensi yang berbeda.

“Saat ini kita berjuang untuk memberantas kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan dalam berbagai aspek kehidupan, berjuang untuk menghijaukan kembali banua kita dengan gerakan revolusi hijau, berjuang untuk memerangi narkoba, berjuang meningkatkan kesejahteraan rakyat, berjuang mewujudkan kemakmuran, juga berjuang untuk memantapkan semangat NKRI sebagai pilar pembangunan bangsa,” beber Paman Birin.

Menurut Paman Birin tema HUT ke-70 ini sangat relevan untuk direnungkan. Tema ini mengandung pesan peringatan ini bukan hanya bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu. Namun lebih dari itu, peringatan ini diharapkan dapat menjadi wahana introspeksi dan perenungan untuk mengkristalisasi nilai-nilai juang ALRI Divisi IV untuk kondisi kekinian khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peneladanan yang kita wujudkan dalam tekad dan semangat yang kuat untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas untuk “BERGERAK” Berjuang Gelorakan Rakyat menjadikan Kalimantan Selatan sebagai daerah yang sejahtera, berkeadilan, mandiri dan terdepan,” harap Paman Birin.

Tampak hadir pada Peringatan kali ini FKPD Kalsel, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, FKPD Kabupaten HSS, Jajaran Kepala SKPD Lingkup Pemprov Kalsel, Pj Sekretaris Daerah HSS H Hubriansyah, Kepala SKPD Lingkup HSS, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN, Pimpinan BUMD, Para Veteran dan juga Masyarakat sekitar.

apahabar.com

Baca Juga: Silaturahmi Bersama Ikmasil HSS, Ini Pesan Bupati Achmad Fikry

Baca Juga: Safari Ramadan, TP PKK Kalsel dan HSS Gelar Pasar Murah Serta Sunatan Massal

Baca Juga: Warga Kurang Mampu Dapat Berkah Ramadan

Baca Juga: TP PKK HSS Buka Pasar Murah

Reporter: Ahc01
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Resmi Dibuka, Wisata Loksado Langsung Dibanjiri Pengunjung
apahabar.com

HSS

Ratusan Warga HSS Terima Kartu Prakerja
apahabar.com

HSS

Jemaah Haji HSS Tiba, Sekda Langsung Minta Doa Turunkan Hujan
apahabar.com

HSS

Komitmen Terapkan Prokotol Kesehatan di Pilkada HSS 2020, Achmad Fikry: Lokasi TPS Harus Luas
apahabar.com

HSS

H Achmad Fikry: Mari Budayakan Membaca Alquran
apahabar.com

HSS

Lantik 123 Pejabat Fungsional, Bupati HSS Ingatkan Pejabat Lama Kembalikan Aset Pemkab
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Siap Lanjutkan Listrik Gratis untuk Musala
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Bantu Danai Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com