Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Pemkab HSS Sediakan Lahan 5 Hektar untuk Rutan Baru

- Apahabar.com Jumat, 10 Mei 2019 - 18:58 WIB

Pemkab HSS Sediakan Lahan 5 Hektar untuk Rutan Baru

Kondisi Rutan Kelas II B Kandangan mengalami over kapasitas. Foto-Humas Pemkab HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah menyediakan 5 hektar kahan untuk pembangunan Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Kandangan.

Penyiapan lahan itu terkait dengan kondisi Rutan kelas II B Kandangan yang mengalami over kapasitas. Jumlah warga binaan saat ini yang mencapai 235 orang.

Baca Juga: Bupati Launching Program Grakan Sadar Madu 

Melihat kapasitas Rutan Negara Kelas II B Kandangan saat ini sudah over kapasitas, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry menyatakan pihaknya siap menyediakan lahan di Desa Paharuangan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS.

” Warga binaan butuh tempat untuk beraktifitas lebih leluasa, dan tempat yang lebih representatif, ” kata bupati Achmad Fikry.

Achmad Fikry mengatakan setelah masuk ke rutan, dilaporkan ada 235 orang warga binaan, dengan para penghuninya 80 persen warga HSS. Karena jumlah warga binaan yang cukup banyak sehingga tidak selaras dengan kondisi rutan yang ada.

Bupati Fikry menyampaikan bahwa Kepala Rutan Kandangan sudah mengirim surat kepada Pemerintah Kabupaten HSS untuk ketersediaan tanah agar dibangun wadah yang baru. Lahan 5 hektar akan dihibahkan tanah kepada Rutan Kandangan.

“Yang kami inginkan ketika warga binaan keluar dari sini, punya keterampilan dan bisa memiliki kesibukan. Nanti akan dibahas dengan dinas terkait, keterampilan apa yang bisa dilakukan oleh warga binaan di sini,” ujar bupati.

Sementara Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kandangan Jeremi Leonta SH MH mengharapkan pembangunan rutan baru bisa segera direalisasikan. Saat ini pihaknya telah menyampaikan hal ini ke kantor wilayah dan langsung terus usulkan Kementrian HAM.

Dirinya pun mengaku sangat mengapresiasi langkah Pemkab HSS dalam merespon kebutuhan lahan baru untuk warga binaan.

Baca Juga: Bupati HSS Gagas Program Ibu Asuh Lansia

Reporter: AHC01
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

HSS

Seluruh Elemen Masyarakat HSS Deklarasikan Damai Anti Anarkisme
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Pertama Nyoblos
apahabar.com

HSS

Kasih Sayang Wakil Bupati HSS Kepada Kakek Aji
apahabar.com

HSS

Isra Mi’raj Momen Meningkatkan Keimanan
apahabar.com

HSS

Ciptakan HSS Aman dan Kondusif Hingga Pemilu 2019
apahabar.com

HSS

Sekdes dan Kaur Keuangan di HSS Ikuti Bimtek, Ini Harapan Bupati Fikry
apahabar.com

HSS

Intip Hadiah Pemkab HST untuk Gimar!
apahabar.com

HSS

Jelang MTQ di Kotabaru, Pemkab HSS Siap Dongkrak Prestasi Qari dan Qariah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com