H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Pemprov Pastikan Pemadaman Listrik di Bunyu Segera Teratasi

- Apahabar.com Senin, 13 Mei 2019 - 14:50 WIB

Pemprov Pastikan Pemadaman Listrik di Bunyu Segera Teratasi

Ilustrasi listrik padam. Foto-kaltara.prokal.co

apahabar.com, TARAKAN – Pemprov Kaltara mengklaim telah merespons cepat keluhan warga soal pemadaman listrik yang terjadi di Bunyu. Meski sebenarnya bukan merupakan tanggung jawab mereka secara langsung.

Sejauh ini Pemprov melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltara turut menyikapi aspirasi warga pulau di Kabupaten Bulungan yang mengeluh soal ketersediaan listrik.

Mendapat keluhan adanya pemadaman bergilir di Pulau Bunyu, Dinas ESDM Kaltara langsung berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) wilayah Kaltim-Kaltara.

Disebutkan kepala Dinas ESDM Kaltara, sesuai penjelasan dari pihak PLN, pemadaman listrik di Bunyu diakibatkan karena adanya kerusakan pada Pembangkil Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang dioperasikan PLN.

Dampaknya, dari daya mampu sekitar 1,3 Megawatt (MW), kini tinggal separonya yakni 0,7 MW atau 700 Kilowatt (KW).

Pada beban puncak, kebutuhan listrik di Bunyu mencapai 1,4 MW. Sehingga saat pembangkit 700 KW tidak bisa hidup, pasokan listrik ke Bunyu mengalami defisit sekitar 700 KW. PLN pun terpaksa melakukan pemadaman bergilir.

Masih berdasarkan informasi dari PLN, melalui Deputi Manajer Pembangkit PLN Wilayah Kaltimra, dikatakan Ferdy, PLN sudah mendatangkan material suku cadang PLTMG yang rusak.

“Kemungkinan, hari ini atau esok malam unit PLTMG berdaya mampu 700 KW yang rusak, sudah selesai diperbaiki dan dapat masuk ke dalam sistem pelayanan kembali,” paparnya, dikutip apahabar.com dari laman resmi Humas Pemprov Kaltara, Senin (13/5).

Dengan beban puncak di Bunyu yang mencapai 1,4 MW, sehingga masih ada kekurangan atau defisit daya 100 KW. Untuk itu, pemadaman harus dilakukan. Meski tidak separah sebelumnya.

“Pemadaman hanya akan dilakukan pada pelanggan besar, sedangkan untuk masyarakat dilayani secara normal,” urai Ferdy.

Untuk jangka menengah, dikabarkan Ferdy bahwa PLN berencana merelokasi PLTD berkapasitas 1 MW dari Bengalon ke Bunyu.

“Untuk estimasi waktu pengiriman mesin itu, PLN belum bisa tentukan berapa lama. Namun info dari PLN, untuk mengantisipasi kekurangan daya mampu di Bunyu, akan dilakukan secepatnya,” pungkasnya.

Ferdy menambahkan, pihaknya turut merespons keluhan warga, karena mengganggap, apa yang disampaikan masyarakat Bunyu, cukup patut diperhatikan.

Meski secara aturan kewenangan, persoalan ini sebenarnya bisa diselesaikan oleh jajaran pemerintah kabupaten yang berkoordinasi dengan PLN.

“Perlu dipahami oleh masyarakat, bahwa dalam pelayanan publik, tidak semua menjadi tanggung jawab dan kewenangan pemerintah provinsi. Semua ada aturan, dan batasan kewenangan masing-masing,” ujarnya.

Seperti contoh persoalan listrik ini, secara berjenjang seharusnya bisa disampaikan oleh lurah atau camat ke kepala daerahnya, dalam hal ini bupati.

“Kemudian bupati memfasilitasi dengan PLN jika ada kendala seperti ini, dan mencari solusinya. Kalau misalkan tidak bisa selesai juga, baru provinsi turun tangan,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, lanjut Ferdy, Pemerintah Provinsi tetap memberikan perhatian dan menfasilitasi, karena masyarakat Bunyu juga bagian dari masyarakat Kaltara.

Baca Juga: Ribuan Rumah Warga Tak Mampu di Kaltara Bakal Direhab

Baca Juga: PLN Dipastikan Tetap Beroperasi Optimal

Baca Juga: KPK Jelaskan Kronologi Penetapan Dirut PLN Sofyan Basir Tersangka Suap PLTU Riau-1

Sumber: Humas
Editor: Fariz F

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kaltara

Kaltara

Positif, 3 Dokter di Bulungan Kaltara Terpapar Covid-19
apahabar.com

Kaltara

ASN Berkeliaran di Jam Kerja, Gubernur Kaltara Instruksikan Satpol PP Razia
apahabar.com

Kaltara

Mudik Lebaran 2019, Penumpang Pesawat di Kaltara Turun
apahabar.com

Kaltara

Keluarga Mahasiswa asal Kaltara: Terima Kasih Pak Jokowi
apahabar.com

Kaltara

Listrik Pulau Bunyu Ditarget Tuntas dalam Waktu 7 Hari

Kaltara

Ribuan Rumah Warga Tak Mampu di Kaltara Bakal Direhab
apahabar.com

Kaltara

Apa Kabar Pembangunan Gedung Perkuliahan dan Lab UBT ?
apahabar.com

Kaltara

Di Kaltara, Partisipasi Pemilih Pilpres Capai 80 Persen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com