Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

Penumpang Mudik di Kaltara Diprediksi Naik tapi Tak Signifikan

- Apahabar.com Jumat, 24 Mei 2019 - 13:26 WIB

Penumpang Mudik di Kaltara Diprediksi Naik tapi Tak Signifikan

Ilustrasi penumpang mudik. Foto-Tempo

apahabar.com, BANJARMASIN – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara mulai berbenah.

Menurut Kepala Dishub Kaltara Taupan Madjid, pihaknya memprediksi jumlah penumpang pada arus mudik lebaran tahun ini bakal meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Untuk penumpang angkutan darat misalnya. Tahun ini diperkirakan mencapai 2.093 orang, meningkat 14 persen dari 2018 (1.838 orang).

Kemudian angkutan laut dan sungai, diprediksi meningkat 5,56 persen. Dari tahun lalu mencapai 99.230 penumpang, pada 2019 ini diprediksi 104.748 orang.

Begitu pun dengan angkutan udara, dari 64.318 orang di 2018, diperkirakan meningkat menjadi 64.842 penumpang atau 0,82 persen.

“Jumlah penumpang ini, dihitung selama 14 hari. Yaitu 7 hari sebelum hari H lebaran, dan 7 hari setelah Idul Fitri,” jelas Taupan, dikutip apahabar.com dari laman resmi Pemprov Kaltara, Jumat (24/5).

Selain memprediksi peningkatan jumlah penumpang, sebagai antisipasi, Dishub bersama instansi terkait juga telah melakukan survei Daerah Rawan Kecelakaan (DRK), utamanya pada jalan nasional di wilayah Kaltara.

Baca Juga: Ini Tiga Titik Posko Pelayanan Terpadu Mudik Lebaran di Banjarbaru

Hasilnya, dari tiga jalur yang disurvei jalur Tanjung Selor–Berau (Kaltim) yang paling banyak titik rawan kecelakaan. Yaitu sebanyak 17 titik. Disusul kemudian jalur Tanjung Selor–Malinau ada 12 titik dan Malinau–Salang, 7 titik.

Selain itu, imbuhnya ditinjau jalan yang potensi akan terjadi kerusakan. Antara lain 7 titik di jalur Tanjung Selor–Berau (Kaltim), 11 titik pada jalur Tanjung Selor Malinau dan 44 lokasi di antara Malinau–Salang.

“Kemudian jalan rusak, Tanjung Selor–Malinau yang paling banyak, yakni 71 titik. Tanjung Selor–Berau ada 18 lokasi dan 14 titik di jalur Malinau–Salang.

Upaya persiapan lainnya, Dishub bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim, Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan, Kepala BPTD Wilayah XVII Provinsi Kaltim dan Kaltara telah melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan melalui uji kir terhadap sejumlah kendaraan umum.

Selain kendaraan bermotor, berupa bus yang akan digunakan untuk angkutan darat, ramp check juga dilakukan terhadap kapal maupun speedboat yang melayani angkutan penumpang di wilayah Kaltara.

“Semuanya kita lakukan (ramp check) untuk menjamin kelancaran, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama mudik,” kata Taupan.

Tak hanya terhadap armadanya, tes urine terhadap motoris speedboat dan pengemudi juga dilakukan. Ini untuk mengantisipasi motoris mengoperasikan speedboat dengan kondisi prima, tidak dalam pengaruh obat-obatan terlarang.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2019, BPBD Sebut Tiga Daerah Kalsel Rawan Bencana

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Penerbangan Subsidi: Rute ke Nunukan dan Malinau Bakal Dibuka
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Buat Posko Informasi Karhutla dan Kabut Asap
apahabar.com

Kaltara

Hari Libur, Disdukcapil Kaltara Tetap Buka Layanan
apahabar.com

Kaltara

Siap Gelar UNBK, Gubernur Kaltara Imbau Siswa
apahabar.com

Kaltara

Jemput Bola ke Kawasan Terluar, Kaltara Andalkan SiPelandukilat
apahabar.com

Kaltara

Pasca Cuti Bersama, Gubernur Kaltara Siap Tindak Pegawai Bandel
apahabar.com

Kaltara

PLTS untuk 6 Desa Terisolir
apahabar.com

Kaltara

Di Kaltara, Partisipasi Pemilih Pilpres Capai 80 Persen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com