UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Penumpang Sesak Napas, Garuda Surabaya-Singapura Lakukan Pendaratan Darurat

- Apahabar.com Minggu, 12 Mei 2019 - 20:00 WIB

Penumpang Sesak Napas, Garuda Surabaya-Singapura Lakukan Pendaratan Darurat

Ilustrasi pesawat Garuda Indonesi. Foto – ngopibareng.id

apahabar.com, JAKARTA – Penerbangan Garuda Indonesia GA854 rute Surabaya-Singapura melakukan pengalihan pendaratan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Ini dilakukan setelah mengetahui salah seorang penumpang mengalami sesak napas.

“Pesawat rute Surabaya – Singapura itu terpaksa harus mengalihkan pendaratan di Jakarta karena alasan kemanusiaan setelah beberapa waktu sejak pesawat tinggal landas, awak kabin melihat salah seorang penumpang yang duduk di kursi penumpang ekonomi 22H mengalami sesak nafas. Awak kabin kemudian melakukan prosedur pertama penanganan penumpang tersebut,” kata Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Bambang Adisurya Angkasa dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Minggu (12/5/2019).

Baca Juga: Inilah Pesawat Pertama yang Mendarat di Bandara “Syamsuddin Noor”

Awak kabin kemudian melaporkan peristiwa tersebut kepada “pilot in command” yang kemudian memutuskan melakukan pengihan pendaratan (divert flight) ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang yang mendarat tepat pada pukul 09.15 WIB.

Pengalihan pendaratan tersebut diputuskan dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi penumpang yang perlu mendapatkan pertolongan medis segera.

Capt Bambang mengapresiasi putusan cepat sang pilot dan menjelaskan bahwa peristiwa pendaratan darurat tersebut merupakan wujud komitmen maskapai dalam mengedepankan keselamatan penumpang dalam ranah operasional penerbangan.

“Keselamatan dan kondisi kesehatan penumpang merupakan prioritas utama kami dalam memastikan ‘operational excellence’ layanan penerbangan Garuda Indonesia,” katanya.

Komitmen “Operational Excellence” tersebut, Garuda Indonesia representasikan tidak hanya melalui kelancaran teknis operasional melainkan juga melingkupi aspek “kemanusiaan” khususnya dengan melakukan tindakan yang tepat ketika dihadapkan pada kondisi kesehatan penumpang.

Sesampainya di Bandara Internasional Soekarno Hatta tersebut, penumpang yang mengalami sesak nafas tersebut kemudian langsung mendapatkan pertolongan pertama dan dibawa ke KKP Pusat Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Adapun penumpang tersebut pada akhirnya meninggal dunia setelah mendapatkan pertolongan pertama di KKP Pusat Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Meski pada akhirnya penumpang tersebut meninggal dunia setelah mendapatkan pertolongan pertama di KKP Pusat Bandara Internasional Soekarno Hatta, kami berduka atas kejadian tersebut,” tandasnya.

Baca Juga: Tahun Ini, 30 Pesawat Garuda Group Akan Dipasang Wifi

Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Golongan Darah A Pengaruhi Keparahan Infeksi Covid-19, Cek Faktanya
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan Terkait RAPBN 2021
apahabar.com

Nasional

Ratusan Warga Gorontalo Mengungsi Akibat Termakan Isu Tsunami
apahabar.com

Nasional

Jadi Menteri, Nadiem Makarim Mundur dari Gojek
Reshuffle 6 Menteri

Nasional

Sah! Presiden Jokowi Reshuffle 6 Menteri di Kabinet Indonesia Maju
apahabar.com

Nasional

Tersisa Gorontalo Nihil Kasus Covid-19
apahabar.com

Nasional

Sapa Ujung Tombak Distribusi Pertamina di Kalimantan, Begini Pesan Direktur Hulu

Nasional

VIDEO: Perbatasan Memanas, Kapal Perang Rusia Tabrak Kapal Artileri Ukraina
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com