apahabar.com
Ilustrasi pencurian rumah kosong. Foto-Kompas.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Jelang lebaran, waspada kasus pembobolan rumah kosong. Kali ini, empat pelaku terduga pembobol rumah kosong di Banjarmasin Barat sudah berhasil dibekuk.

“Semua pelaku berhasil kami tangkap berkat penyelidikan di lapangan yang dilakukan anggota Buser,” kata Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Barat Ipda Pol Jody Dharma, Rabu (15/5), dikutip apahabar.com dari Antara.

Informasi dihimpun, aksi pencurian itu terjadi pada Rabu (17/4) pagi, sekitar pukul 09.00 di sebuah rumah kawasan Jalan Kuin Selatan, Gang Banjar, RT10, Kelurahan Kuin Selatan.

Menurut korban Akhmad Riyadi (27), saat kejadian rumah dalam keadaan korsong. Mengetahui rumahnya dicuri Riyadi buru-buru melapor ke sentra pengaduan Polsek Banjarmasin Barat.

Baca Juga: Pengguna Narkoba Diringkus Resnarkoba Polres Tapin

Dari hasil penyelidikan pada Jumat (10/5) malam sekitar pukul 23.50, di Jalan Belitung Darat Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat, para pelaku berhasil diamankan.

Untuk para pelaku yang berhasil ditangkap dan diamankan di antaranya FD alias Sinchan (30) warga Jalan Kuin Selatan, Gang Rahman, Kuin Selatan, Banjarmasin Barat.

Dari hasil pengembangan, pelaku lainnya diketahui berinisial AA (38) warga Jalan Kuin Selatan Gang Keluarga, Kuin Selatan, Banjarmasin Barat berhasil ditangkap.

Berikutnya, HM (21) warga Jalan Kuin Selatan Gang Rahman, Kuin Selatan, Banjarmasin Barat. Selanjutnya ASF alias Joko (19) warga Jalan Ahmad Yani Km 1 Komplek Veteran, Sungai Baru, Banjarmasin Tengah.

Untuk barang bukti yang diamankan dalam penangkapan itu di antaranya satu unit kipas angin merek miyako dan satu unit rice cooker.

Baca Juga: BNN Sita Aset Bandar Narkoba Senilai Rp3,2 miliar

Dari hasil interogasi, para pelaku masuk ke rumah korban saat keadaan sepi dengan cara merusak kunci gembok pintu pagar garasi dan merusak kaca jendela samping kanan rumah korban. Setelah mengacak-acak seisi rumah, para pelaku mengambil barang berharga korban.

Barang korban yang hilang dicuri di antaranya satu unit TV LED merek Sharp 24 inc warna hitam, satu unit kipas angin merek maspion, satu unit kompor gas Rinnai, satu unit tabung gas 3 Kg, satu unit rice cooker merek cosmos, satu tas kulit warna hitam dan uang tunai sebesar Rp300.000. Di taksir kerugian korban diperkirakan sekitar Rp7.000.000.

Editor: Fariz Fadhillah