BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

PT Pelni Prediksi Pemudik Lebaran 2019 Naik 3,5%

- Apahabar.com Jumat, 17 Mei 2019 - 08:30 WIB

PT Pelni Prediksi Pemudik Lebaran 2019 Naik 3,5%

Kepala Kesekretariatan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro (kanan) dalam acara silaturahmi bersama media di Jakarta, Kamis (16/5/2019). Foto-Antara/Aji Cakti

apahabar.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni memprediksi kenaikan penumpang kapal laut selama Lebaran tahun ini mencapai sebesar 3,5 persen.

Kepala Kesekretariatan PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan pada 2018, realisasi penumpang mencapai sebanyak 604.202 orang dan diperkirakan menjadi 626.599 penumpang pada tahun ini.

“Pelni tidak menambah armada, namun akan menambah frekuensi di ruas-ruas prioritas yang menjadi daerah kantong-kantong penumpang,” ujar Yahya di Jakarta, dilansir Antara, Kamis (16/5/2019).

Ruas kantong-kantong penumpang meliputi tiga wilayah pelayanan yakni barat di antaranya ruas Batam-Belawan, Sampit-Semarang, Sampit-Surabaya, Kumai-Semarang, Kumai-Surabaya, dan Batam-Tanjung Priok.

Pada wilayah ini, Pelni akan mengoperasikan enam frekuensi reguler dan 21 frekuensi tambahan, sehingga totalnya menjadi 27 frekuensi keberangkatan.

Sedangkan wilayah tengah terdiri ruas Balikpapan-Surabaya, Makasar-Bima, Tarakan-Parepare, Nunukan-Parepare, Makasar-Labuan Bajo, Baubau-Makasar, Kupang-Lewoleba, Balikpapan-Makasar, Bontang-Awarange, Kupang-Makasar, Makasar-Maumere dan Ambon-Baubau.

Pada ruas ini Pelni mengoperasikan 32 frekuensi reguler serta 15 frekuensi tambahan atau totalnya 47 keberangkatan.

Wilayah timur terdiri atas ruas Ambon-Bandaneira, Manokwari-Sorong, Jayapura-Biak, Sorong-Manokwari, Manokwari-Biak, Ambon-Tual, dan Biak-Makowari.

Pelni mengoperasikan 23 frekuensi reguler, 8 frekuensi tambahan, sehingga totalnya menjadi 31 frekuensi keberangkatan.

“Dari tiga wilayah ada 61 frekuensi reguler, 44 frekuensi tambahan, sehingga totalnya sebanyak 105 keberangkatan,” kata Yahya.

Pelni telah siap melaksanakan angkutan Lebaran dengan kapal laut yang akan berlangsung selama satu bulan mulai 21 Mei 2019.

Animo pengguna jasa kapal Pelni meningkat sejak awal 2019 dari 852.255 menjadi 1.172.143 pelanggan atau naik rata-rata 38 persen per bulan dibanding tahun lalu.

Pelni mengimbau masyarakat untuk mengatur waktu bepergian sesuai dengan ketersediaan tiket pada momen angkutan Lebaran 2019.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo mengimbau calon pemudik yang akan menggunakan kapal laut membeli tiket lebih awal guna mengantisipasi agar tidak kehabisan tiket kapal laut pada Lebaran 2019.

Baca Juga: Mudik 2019, Waspada Jalur Rawan Longsor Kalsel-Kaltim

Baca Juga: Persiapan Arus Mudik dan Balik Lebaran, Ditlantas Polda Kalsel Survei Jalur Darat

Baca Juga: Pemudik Gunakan Kapal Laut di Kalteng Diprediksi Meningkat

Baca Juga: 33 BUMN Siapkan 35.505 Tiket Mudik Gratis dengan Kapal Pelni

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Belasungkawa

Nasional

Sampaikan Belasungkawa, Kedutaan Jerman Datangi Markas FPI
apahabar.com

Nasional

Jokowi Perintahkan Tatanan Kenormalan Baru Segera Disosialisasikan
apahabar.com

Nasional

150 Ribu Alat Tes Cepat Corona dari China Tiba di Tanah Air
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Lagi Siapkan Subsidi Pulsa, Siapa Sasarannya?
apahabar.com

Nasional

Bertemu Ulama Kalsel, Jokowi Tepis Isu Miring di Kalsel

Nasional

BPPTKG Sebut Suara Guguran Terdengar 6 Kali dari Gunung Merapi
apahabar.com

Nasional

Menkes: WNI dari Natuna Dapat Sertifikat Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Editor Metro TV, Direktur Pemberitaan: Usut Tuntas Kasus Ini!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com