Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Puluhan Anggota Orari Wilayah Banua Anam Kumpul di Kandangan

- Apahabar.com Sabtu, 11 Mei 2019 - 19:36 WIB

Puluhan Anggota Orari Wilayah Banua Anam Kumpul di Kandangan

Foto bersama dengan seluruh pengurus orari se-Banua Anam dengan Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad. Foto – Kominfo HSS for apahabar.com

apahabar.com, KANDANGAN – Sedikitnya puluhan anggota Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) wilayah Banua Anam (Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan dan Tabalong) berkumpul di Gedung Pramuka, Jalan Mawar, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (11/5/2019).

Kehadiran mereka selain untuk bersilaturahmi antar sesama anggota, juga karena mengikuti acara Sosialisasi Aplikasi Online Prosedur Perpanjangan Daring IAR dan KTA.

Acara ini diadakan oleh Orari Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Orari Lokal Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Dinas Komunikasi & Informatika setempat. Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad S.AP.

Menurut Ketua Panitia Orari Daerah Kalsel, Ahmad Yani, bahwa acara ini diadakan guna memberikan pemahaman kepada seluruh peserta dan anggota, sehubungan dengan telah diluncurkannya aplikasi untuk keperluan administrasi perizinan para pengguna radio secara online.

“Peserta adalah para anggota orari se-Banua Anam berjumlah 75 orang, ditambah para pengurus lokal dan daerah,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad sangat mengapresiasi sosialisasi ini. Dikatakannya, kendati saat ini perkembangan teknologi sudah sedemikian maju, namun keberadaan dan peran Orari tetap sangat diperlukan, terutama pada saat terjadi kondisi darurat bencana.

“Bahwa di Hulu Sungai Selatan, selama ini orari sangat banyak memberikan kontribusi dalam setiap penanggulangan bencana, dan ini diharapkan kerjasama yang baik ini bisa kita terus dipertahankan,” katanya.

Lebih juah Syamsuri Arsyad mengatakan, saat ini perkembangan teknologi komunikasi sudah sangat canggih, namun peran amatir radio tidak bisa ditinggalkan. Apalagi jika berhubungan dengan komunikasi saat bencana, evakuasi, maupun penjelajahan di alam bebas.

“Peranan radio amatir dalam penyampaian informasi tentu tidak dapat kita kesampingkan. Kedepannya peranan radio amatir dalam mempercepat informasi kepada masyarakat agar dapat lebih dioptimalkan lagi, tentu dengan berpedoman kepada informasi yang valid dan sumber yang jelas sehingga dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Syamsuri Arsyad juga mengucapkan terimakasih karena sudah memilih HSS sebagai tuan rumah kegiatan Sosialisasi untuk menjadi kepengurusan orari lokal secara online. Dirinya berharap  hal ini menjadi suatu kemudahan bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi anggota orari.

“Kalau dulu apabila ingin mendaftar menjadi anggota harus datang langsung ke tempat, sekarang sudah bisa mendatar secara online,” ucapnya.

Terakhir, Wakil Bupati HSS berharap dengan adanya orari ini tentunya kita sangat terbantu dari berbagai kegiatan penanggulangan bencana, dan juga bisa mempercepat penyebaran informasi bagi masyarakat, “Karena tidak semua masyarakat sudah menggunakan handphone contohnya di pelosok pedalaman yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi selular atau telepon,” tandasnya.

Acara ini juga diisi dengan penandatanganan MoU Keterbukaan Informasi Publik antara Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio dengan Orari Daerah Kalsel.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo HSS, Drs Hendro Martono MT dan Ketua Orari Lokal HSS, Zainuddin.

Baca Juga: Pemkab HSS Sediakan Lahan 5 Hektar untuk Rutan Baru

Baca Juga: Pemkab HSS Gandeng KSS

Reporter: AHC 01
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Keluhkan Kelangkaan BBM, Persatuan Sopir Temui Anggota Dewan
apahabar.com

HSS

Hj. Isnaniah Jadi Ketua TP PKK Berprestasi se-Kalsel
apahabar.com

HSS

Fikry Minta Warga yang Kelaparan Lapor ke Pemerintah
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Kejar Target Capaian Imunisasi
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Tinjau Rest Area Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul
apahabar.com

HSS

Bupati Sampaikan KUA dan PPAS Perubahan Anggaran 2019

HSS

Pemkab HSS Peringati HUT Proklamasi Tentara ALRI Kalimantan ke-70
apahabar.com

HSS

Negatif Covid-19, Dua ODP di HSS Dipulangkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com