Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Puluhan Kilometer Jalur Mudik di Kalsel Rusak

- Apahabar.com Jumat, 24 Mei 2019 - 19:35 WIB

Puluhan Kilometer Jalur Mudik di Kalsel Rusak

Sejumlah jalan yang menjadi jalur mudik di Kalimantan Selatan masih banyak yang berlubang dan rusak. Salah satunya di Jalan Lingkar Lapar Walangsi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

apahabar.com, BANJARBARU – Menjelang mudik lebaran 2019, sejumlah ruas jalan belum mendukung, sebab banyak kondisinya rusak parah. Totalnya puluhan Kilometer jalan di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mengalami kerusakan sedang hingga parah.

Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi Pemprov Kalsel bersama Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XI Banjarmasin dan Polda Kalsel membahas persiapan jalur mudik Lebaran 2019, Jumat (24/5) tadi.

Baca Juga: Penumpang Mudik di Kaltara Diprediksi Naik tapi Tak Signifikan

Bertempat di Aula H Maksit, Sekretariat Pemprov Kalsel, dalam rapat itu membahas tentang kondisi jalan nasional yang digunakan untuk jalur mudik lebaran di Kalsel.

Dirjen Bina Konstruksi, Syarif Burhanuddin selaku Ketua Tim Jalur Lebaran Kalimantan menyebut, saat ini masih ada sekitar 66 kilometer jalan nasional untuk jalur mudik dalam kondisi rusak.

“Total panjang jalur lebaran di Kalsel ada 943,57 kilometer. 471,82 kilometer diantaranya dalam kondisi baik dan 405,60 kilometer sedang. Sementara, 51,85 kilometer kondisinya rusak ringan dan 14,30 kilometer sisanya rusak berat,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk menjamin keselamatan pemudik Kementerian PUPR, melalui BBPJN Wilayah XI Banjarmasin akan menangani seluruh jalan yang rusak sebelum H-7 Lebaran.

“Kami yakin perjalanan mudik tidak akan terganggu karena jalan. Sebab, jalan nasional di Kalsel 92,92 persennya kondisinya mantap,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XI Banjarmasin Timbul Pasaribu menambahkan. Jalan dengan kondisi belum mantap, sebagian besar berada di jalur yang baru ditetapkan sebagai jalan nasional.

“Salah satunya Jalan Batulicin – Kandangan sepanjang 170 kilometer, baru 2015 lalu masuk jadi jalan nasional. Sehingga kondisinya lebih jelek dari yang lain,” bebernya.

Dia menuturkan, setiap tahun pihaknya berusaha melakukan pemeliharaan rutin di semua jalur yang menjadi kewenangan BBPJN Wilayah XI Banjarmasin. Pada musim mudik, pihaknya berusaha untuk menangani jalan rusak sebelum H-7 Lebaran.

Dialami pihak, melihat kondisi jalan di Kalsel yang masih banyak ditemukan lubang di sejumlah titik. Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani melalui Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol Muji Ediyanto meminta supaya pemerintah segera menanganinya.

“Lubang sangat bahaya. Karena memicu terjadinya kecelakaan. Jadi perlu jadi atensi,” pintanya.

Lanjutnya, selain lubang, sejumlah titik jalan di Kalsel juga masih ada yang minim penerangan. Dia berharap, instansi terkait dapat memperhatikannya.

“Jalan berlubang, ditambah minimnya PJU banyak memakan korban,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdaprov Kalsel Abdul Haris saat mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan bahwa melalui rapat koordinasi sedianya seluruh stakeholder terkait yang berhadir dapat bersinergi dalam mengawal perjalanan mudik masyarakat. Dengan adanya rakor ini, bisa mematangkan koordinasi agar masyarakat menikmati kenyamanan dalam perjalanan mudik.

“Kami berharap, suasana kondusif di Kalsel dapat terjaga hingga Idulfitri tiba. Untuk itu perlu ada langkah preventif di sektor publik, agar memudahkan pelaksanaan pengamanan yang dilakukan jajaran kepolisian,” tutupnya.

Baca Juga: Ini Tiga Titik Posko Pelayanan Terpadu Mudik Lebaran di Banjarbaru

Reporter: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sejarah Masjid Sabilal Muhtadin (3), Diberi Nama Karya Ulama Besar Banjar
apahabar.com

Kalsel

200 Guru di Kabupaten Banjar Ikut Pelatihan Kurikulum K13

Kalsel

Ibu Rumah Tangga Diamankan, Sabu Satu Bal Gagal Edar di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Buku ‘Mimpi yang Sempurna’, Kisah Pasutri Punya Anak Lewat Bayi Tabung
apahabar.com

Kalsel

Berbarengan dengan Bandara, Jokowi Digadang Resmikan HKSN 2019 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Respon Cepat Korban Kebakaran Belakang Pasar Hanyar
apahabar.com

Kalsel

Hujan, Si Jago Merah Amuk Kuin Cerucuk Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Tangkapan Sabu 200 Kg di Banjarmasin, Pelaku Dibuntuti dari Kaltara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com