3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Ramadan 2019, ACT Pasok 250 Ton Makanan untuk Warga Gaza

- Apahabar.com Selasa, 14 Mei 2019 - 16:26 WIB

Ramadan 2019, ACT Pasok 250 Ton Makanan untuk Warga Gaza

Truk yang diberangkatkan dari Pusat Kemanusiaan Indonesia (IHC) di Gaza, sejak kemarin. Foto-Dok ACT

apahabar.com, GAZA – Ribuan orang memenuhi salah satu lapangan di Kota Gaza. Mereka adalah masyarakat Gaza dari beragam latar belakang.

Lewat Aksi Cepat Tanggap, 250 ton makanan yang dikumpulkan masyarakat Indonesia mulai didistribusikan ke 10 ribu kepala keluarga di Gaza.

Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response (GHR) – ACT melaporkan, bantuan makanan itu diikhtiarkan menyasar wilayah Gaza Utara, Gaza Tengah, Kota Gaza, Khan Younis, hingga Rafah.

“Bantuan pangan IHC ini ditujukan untuk keluarga miskin, pengungsi, tahfiz, keluarga yatim dan orang-orang cacat di Gaza,” kata Faradiba, dalam keterangan resminya kepada apahabar.com, Selasa (13/5).

Baca Juga: ACT Bagi Ratusan Paket Berbuka Puasa untuk Palestina

Ratusan ton makanan itu diangkut menggunakan 10 truk yang diberangkatkan dari Pusat Kemanusiaan Indonesia (IHC) di Gaza, sejak kemarin.

Pelepasan partisipasi truk bantuan dihadiri oleh perwakilan menteri Palestina di bidang sosial, pembangunan, ekonomi, dalam negeri, dan belasan lembaga kesejahteraan lokal.

Bantuan makanan tersebut ditargetkan terdistribusi ke seluruh wilayah di Jalur Gaza sampai 10 hari mendatang.

Menurut Jommah Al Najjar selaku relawan ACT di Gaza, blokade Israel atas Gaza selama belasan tahun melumpuhkan sendi-sendi kehidupan di Gaza dan Palestina pada umumnya.

“Terutama dalam bidang makanan,” jelas Jommah. Terlebih lagi dengan adanya serangan udara yang pekan lalu menghantam 60 titik di Gaza.

“Oleh karena itu, semua orang dari beragam latar belakang hadir di seremoni kali ini, baik dari utara, selatan, maupun Gaza Tengah. Sekitar 150 keluarga yatim, korban luka Great March of Return, dan ulama ikut menyaksikan pelepasan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk Gaza, ”terang Jommah, Senin (13/5).

Selain bantuan makanan dari IHC, dukungan Indonesia untuk meredam krisis Palestina juga dilakukan dengan kontribusi makanan siap santap sahur dan buka puasa selama Ramadan.

Para penerima manfaat makanan siap santap sahur dan iftar terdiri dari berbagai kalangan, antara lain warga miskin, anak yatim-piatu, penghuni panti wreda, hingga pasien di Rumah Sakit Indonesia.

Baca Juga: Pasca Serangan Israel ke Palestina Jelang Ramadan, ACT Terus Gencarkan Bantuan

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Pelanggaran HAM Terus Terjadi di Palestina
apahabar.com

ACT

Dampingan Psikososial dari ACT Bagi Anak-Anak Pulau Sebuku
apahabar..com

ACT

Regenerasi Kepemimpinan, Penguatan Kiprah ACT untuk Kemanusiaan
apahabar.com

ACT

Semarakan Ramadan, ACT Kembali Hadirkan Melly Goeslaw di Banjarmasin
apahabar.com

ACT

Selama Ramadan, MRI Balangan Tunjukkan Dedikasi Tinggi untuk Kemanusiaan
apahabar.com

ACT

Banjir Balangan, Distribusi Bantuan ACT-MRI Aman
apahabar.com

ACT

ACT Kalsel Ajak Warga Kuatkan Palestina
apahabar.com

ACT

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Global Wakaf-ACT Resmikan Lumbung Air Wakaf
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com