Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Rekapitulasi Suara di Kalsel, Pleno 11 Kabupaten Tuntas

- Apahabar.com Jumat, 10 Mei 2019 - 03:24 WIB

Rekapitulasi Suara di Kalsel, Pleno 11 Kabupaten Tuntas

Pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kamis (9/5). Foto-apahabar.com/Baha

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan merampungkan pleno 11 kabupaten dari total 13 daerah dalam rapat pleno rekapitulasi suara di Hotel Rattan Inn, Kamis (9/5) sore pukul 18.00.

“Alhamdulilah hingga petang ini ditutup untuk istirahat Shalat Magbrib dan Tarawih, kita sudah selesaikan 11 kabupaten. Terakhir tadi hasil KPU Kabupaten Kotabaru yang kita plenokan,” terang Ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmuji dikutip apahabar.com dari Antara.

Pada penghitungan suara Kabupaten Kotabaru sendiri, sempat beberapa kali diskors lantaran hujan interupsi dari saksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pihak parpol besutan Megawati Soekarnoputri itu mengajukan protes berkenaan dengan klaim mereka bahwa perolehan suara berkurang di Kecamatan Pulau Laut Utara ketika pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kecamatan pada Form DAA1 dan DA1.

“Itu terjadi pada rekap di tingkat PPK. Mereka di kabupaten tidak ada permasalahan, jadi ujuk-ujuk sekarang mereka memprotes atau mengklaim bahwa suara kurang dan mereka minta hari ini diselesaikan,” beber Sarmuji.

Meski begitu, KPU Kalsel bergeming dan tetap melanjutkan penghitungan suara hingga hasil Kabupaten Kotabaru ditetapkan.

“Seandainya ini masih tingkat kabupaten, mereka bisa protes di sana. Kami juga tidak bisa mengakomodir karena tidak ada rekomendasi Bawaslu terkait permasalahan ini,” jelas Sarmuji.

Ketua KPU pun menegaskan mereka tetap maju melanjutkan rekapitulasi hingga hasilnya nanti disahkan oleh KPU RI tanggal 22 Mei 2019.

“Mekanismenya kan sudah ada. 3×24 jam parpol yang merasa keberatan karena merasa hasil KPU tidak sesuai dengan data yang mereka miliki, silakan menggugat,” tandasnya.

Rapat pleno KPU Provinsi Kalsel yang berlangsung di Ballroom Calamus Rattan Inn Banjarmasin akan berlanjut pada Kamis malam pukul 21.00.

Dua kabupaten, yakni Tanah Bumbu dan Banjar menjadi daerah terakhir yang diplenokan KPU hingga rampung seluruh rangkaian penghitungan suara di tingkat provinsi yang memiliki 2.869.166 pemilih masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019.

Editor: Fariz F

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Reses, Paman Yani Dapati Warga Kotabaru yang Belum Nikmati Listrik 24 Jam
apahabar.com

Kalsel

Revisi Perda RTRW Kota Banjarmasin Dibahas Secara Detail
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir 4 Wilayah di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

SMAN 1 Juai Balangan Sisipkan Salat Gaib untuk BJ Habibie
apahabar.com

Kalsel

Jemaah Indonesia Dilarang Lempar Jumrah 10 Zulhijah Subuh Hari
apahabar.com

Kalsel

Jelang ‘New Normal’, Aparat Gabungan Tinjau Sejumlah Pasar Tradisional
apahabar.com

Kalsel

Tanggap Darurat Bencana, Rumah Zakat Kirimkan Relawan Bantuan
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, BMKG Prakirakan Kalsel Bakal Diguyur Hujan Lokal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com