apahabar.com
Stadion 17 Mei Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Ahc10.

apahabar.com, BANJARMASIN – Rencana renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin kini sudah masuk dalam teknis pelaksanaan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Hermansyah mengatakan Detail Engineering Design (DED) markas PS Barito Putera kini sudah selesai dibuat. ‘”Kalau DED sudah selesai, kita akan rapatkan untuk hal lebih lanjut,” ujar Hermansyah, Rabu (15/5).

Baca Juga: Setiap Bertemu Paman Birin, Hasnur Selalu Utarakan Keinginan Barito Kelola Stadion 17 Mei

Untuk pembangunan tahap awal, dia mengatakan, renovasi akan dilakukan pada tribun penonton.

Untuk renovasi stadion yang beralamat di Jalan Jalan Jafri Zam-zam Banjarmasin Tengah ini akan menelan anggaran sebesar Rp 13 miliar.

Rincian anggaran itu Rp 3 milar untuk membeli mesin generator stadion dan Rp10 miliar untuk memperbaiki menutupi konstruksi kekurangan stadion sesuai keinginan supporter skuat Laskar Antasari dan rakyat Kalsel.

Secara keseluruhan dana pembangunan tersebut disedot di APBD murni Kalsel tahun 2019.

Baca Juga: Hari Kedua Latihan di 17 Mei, Rafael Silva dan Nazarul Fahmi Izin Sakit Demam

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam salah postingan Instagramnya @HSN Bergerak mengatakan, kajian renovasi Stadion 17 Mei sudah selesai. Bahkan pemenang lelang sudah ada.

“Pemenang lelang sudah ada. Tinggal teknis pelaksanaan. Saya harap semua bersabar, karena harus berjalan sesuai prosedur dan aturan,” kata Sabirin Noor.

Dalam postingan yang memperlihatkan Gubernur Kalsel sedang duduk bersama dengan Pemilik klub Barito Putera, Hasnuryadi ini juga ditulis tidak hanya akan membenahi Stadion 17 Mei, namun juga lapangan sepak bola Kayutangi.

Dia juga berjanji akan memperjuangkan lagi Stadion 17 Mei untuk mewujudkan fasilitas yang baik.

Baca Juga: Latihan Perdana Barito di 17 Mei, Jacksen Simulasi Permainan Hadapi Persija

Selain dua lapangan sepakbola, gubernur yang akrab disapa Paman Birin juga berencana membangun sport centre dalam jangka panjang. Nantinya dalam area sport center tersebut akan ada lapangan bertarap internasional.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif