Biang Kerok Banjir Kalsel, Ternyata Tak Cuma Tambang dan Sawit Presiden Jokowi Blusukan ke Banjir Kalsel, Nih Agendanya Esok Blusukan Batal, Denny Minta Evakuasi Korban Banjir Kalsel via Udara Banjir Kalsel, Mayat Mengapung Kembali Ditemukan di Banjar Sstttt, Presiden Jokowi Mau Blusukan ke Banjir Kalsel

Selama Ramadan, AKP Sjaiful Rutin Isi Kultum di Masjid dan Musala

- Apahabar.com Senin, 13 Mei 2019 - 15:24 WIB

Selama Ramadan, AKP Sjaiful Rutin Isi Kultum di Masjid dan Musala

AKP Sjaiful saat mengisi kultum di Musala Fastabiqul Khairot. Foto-istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Momen Ramadan tidak membuat semangat anggota Polres Tanah Bumbu dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat menjadi kendor. Justru semangat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat Ramadan makin berlipat ganda.

Seorang anggota Polres Tanah Bumbu yang aktif membaur bersama masyarakat untuk menjaga ketertiban saat Ramadan tahun ini adalah AKP Sjaiful Jayadiningrat. Saat ini AKP Sjaiful menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Tanah Bumbu.

Sejak awal Ramadan tahun ini, sosok polisi yang dikenal religius itu aktif mengisi kultum di sejumlah masjid dan musala. Pada Minggu (12/5) kemarin, misalnya, AKP Sjaiful mengisi kultum di Musala Fastabiqul Khairot, Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir. Kultum tersebut ia sampaikan sebelum salat tarawih.

Dalam kultumnya, AKP Sjaiful tak hanya bicara soal agama, tetapi juga menyentuh banyak aspek terutama soal cara menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

AKP Sjaiful mengingatkan agar warga memastikan kondisi rumah benar-benar aman saat ditinggalkan.

Misalnya, dengan mematikan kompor, memeriksa kondisi listrik, dan memastikan rumah terkunci sebelum ditinggalkan. Ia juga mengimbau warga tidak menggunakan perhiasan berlebihan saat keluar rumah.

Saat berada di jalan, AKP Sjaiful meminta warga untuk memarkir kendaraan di tempat yang terang dan memastikan sepeda motor terkunci dengan benar. Ia meminta masyarakat untuk mengaktifkan pos kamling, mewaspadai orang tidak dikenal dan mencurigakan.

Kemudian, ia meminta pedagang untuk tidak melakukan penumpukan sembako. Menurutnya, praktik tersebut menyalahi aturan dan dapat dikenakan sanksi pidana.

Hal lain yang disampaikan yakni tentang ajaran agama yang menyimpang. Jika masyarakat menemukan suatu ajaran yang sampai mengganggu ketertiban masyarakat, ia meminta untuk tidak ragu melaporkannya ke pihak berwajib.

Berita hoaks juga menjadi sorotan AKP Sjaiful. Ia meminta masyarakat tidak terpengaruh oleh berita yang belum jelas kebenarannya. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah menyebarkan dan mengirim berita yang belum jelas validitasnya agar tidak terkena UU ITE.

Menurut dia, keamanan dan ketertiban sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat agar setiap kegiatan yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat Tanbu yang sudah bekerjasama untuk menjaga ketertiban tersebut.

Baca Juga: Isi Ramadan, Anggota Polresta Banjarmasin Gelar Tadarusan

Baca Juga: Kajian Ramadan Bersama Guru Zuhdi; Adanya Alam Bukti Adanya Tuhan

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Sinergi Cegah Covid-19, Dewan Kota Bersama Awak Media Bagikan Masker

Kalsel

Sinergi Cegah Covid-19, Dewan Kota Bersama Awak Media Bagikan Masker

Kalsel

Warga di Banjarmasin Berontak, Jemput Paksa Jenazah Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Lonjakan Covid-19 di Kalsel: Rumah Sakit Mulai Penuh, Tim Medis Kewalahan 
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Satpolairud Polres Tala Gelar Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru
apahabar.com

Kalsel

Ketua DPRD Tala: Kami Siap Swab Test Massal
apahabar.com

Kalsel

Usai Ditangkap, Piton-Piton di Banjar Langsung Diborong Warga
apahabar.com

Kalsel

Banyak yang Daftar, Perebutan Kursi Ketum Hipmi Kalsel Diprediksi Sengit

Kalsel

Di Banjarmasin, Terungkap Sosok Misterius Gilang ‘Bungkus’ Fetish Kain Jarik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com