Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Simpan Sabu dalam Bra; Ibu dan Anak Divonis 14 Tahun di Banjarmasin

- Apahabar.com Jumat, 3 Mei 2019 - 10:55 WIB

Simpan Sabu dalam Bra; Ibu dan Anak Divonis 14 Tahun di Banjarmasin

Dua warga Aceh harus menjalani vonis di Banjarmasin lantaran tersandung kepemilikan barang haram. Foto- apahabar.com/Edoz

apahabar.com, BANJARMASIN – Zikriati (48) dan Riska Diana (20) hanya bisa menyesali nasib.

Pasalnya, Ibu dan anak yang didakwa dengan Undang-Undang (UU) Psikotropika ini harus mendekam lama di penjara. Ibarat sudah jatuh, tertimpa tangga pula.

Vonis dijatuhkan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Banjarmasin selama 14 tahun, membuat dua warga Aceh tersebut tak kuasa menahan tangis.

Dalam amar putusannya, majelis hakim Aris Bawono tidak hanya memberikan hukuman pidana. Namun juga denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan, atas kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu.

Terdakwa mengaku menjalani bisnis haram sebagai kurir narkoba. Dengan janji imbalan Rp 25 juta, sebagai upah atas jasanya.

Atas perbuatan ini, terdakwa melanggar Pasal 132 ayat (1) jo Pasal 114 (2) UU 35/2009 tentang Narkotika.

“Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana penjara empat belas tahun dan enam bulan penjara, serta pidana denda Rp1 miliar,” kata Hakim Aris, di muka sidang PN Banjarmasin, Kamis kemarin.

Vonis atas terdakwa hanya selisih tiga tahun penjara dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yosephine Dian Endar. Jaksa pada Kejati Kalsel ini menuntut kedua terdakwa dengan hukuman pidana penjara, selama tujuh belas tahun tahun, dan denda Rp1 miliar.

Sebelum menjatuhkan vonis, majelis terlebih dahulu mempertimbangkan unsur yang memberatkan dan meringankan.

Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah. Hal yang meringankan, terdakwa mengakui perbuatannya dan menyesal.

Baca Juga: Dua Pengedar Dibekuk, 17 Paket Sabu Diamankan

Untuk diketahui, petugas BNNP Kalsel berhasil mengamankan keduanya di area Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru pada Februari 2019.

Masing-masing ternyata warga Desa Dayah Adan, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie, Aceh, dan warga Dusun Syik Paya, Kabupaten Biruen Aceh.

Dari tangan mereka, petugas mengamankan barang bukti 1,002 gram (1 kg) sabu.

Menurut Kepala BNN Kalsel Brigjen Nixon Manurung, aksi ibu dan anak ini terendus setelah menerima informasi dari masyarakat. Disebukan pemasok paket sabu dari Jakarta menuju Banjarmasin. Ada 10 paket sabu disembunyikan di balik bra atau pakaian dalam kedua perempuan.

“Keduanya membawa 10 paket sabu. Si ibu menyembunyikan dalam bra sebanyak 8 paket. Sedangkan, anaknya membawa dua paket sabu, lagi-lagi disembunyikan dalam bra,” jelas Manurung waktu itu.

Saat kasus ini dikembangkan, perbuatan kedua warga Aceh tersebut ternyata bukan yang pertama kali.

Berdasarkan pengakuan sang ibu, bahwa ia sebelumnya pernah menyelundupkan barang haram tersebut untuk diantar ke seseorang di kawasan Banjarbaru.

Iming-iming bakal mendapat uang jasa sebagai kurir narkoba, akhirnya buyar. Mereka kini dipastikan akan lebih lama di Banjarmasin sebagai Narapidana.

Baca Juga: 3 Sindikat Narkoba Diungkap, Polda Kalsel Amankan 1,5 KG Sabu dan 80 Butir Ekstasi

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Dugaan Korupsi APBDes, Berkas Kades Waringin Tapin Bergulir ke Kejaksaan
apahabar.com

Hukum

Ditolak Pinjam Motor, Pertikaian Berdarah Tumpah di Pengambangan
apahabar.com

Hukum

Polsek Banjarbaru Timur Musnahkan Barbuk Sabu Seberat 1,06 Gram
apahabar.com

Hukum

Penikam Supir Bupati Barito Utara Masih Dalam Pengejaran
apahabar.com

Hukum

Pengungkapan Sabu Berdarah di Alalak Selatan, Anggota Polda Kalsel Dibacok
apahabar.com

Hukum

Warung Kopi di Tabalong Bergoyang, Polisi Temukan Sepasang ‘Kekasih’ Asyik Indehoi
apahabar.com

Hukum

Pasangan Suami Istri Penjual Sate Daging Babi Jalani Sidang Perdana
apahabar.com

Hukum

Massa Datangi Rutan Solo, Buntut Bentrokan Antara Pembesuk dengan Narapidana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com