Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak Ala Rima Anjani

- Apahabar.com Minggu, 19 Mei 2019 - 18:11 WIB

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak Ala Rima Anjani

Rima Anjani. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anak kecil cenderung lebih memilih kegiatan aktif yang menyenangkan ketimbang membaca. Padahal membaca bisa menambah wawasan dan ilmu.

Pendiri literasi Banua, Rima Anjani punya trik agar membaca jadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Membaca bersama si kecil merupakan kegiatan yang positif dan edukatif, karena kegiatan tersebut dapat meningkatkan minat baca anak.

“Kita harus bisa jadi contoh bagi anak, hadir dengan sosok yang gemar membaca di depan anak-anak,” ujar Rima yang juga aktif di Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Anak-anak lebih senang membaca, kata perempuan mungil berjilbab ini, jika orangtua dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan menggembirakan maka mereka akan bersemangat untuk memulai kegiatan tersebut.

Misalnya, kegiatan membaca bersama lebih efektif bila dilakukan 10-15 menit setiap harinya. Orang tua tidak perlu memerlukan waktu yang lama satu hari penuh. Manfaatkanlah waktu sebelum tidur untuk membaca bersama buah hatinya.

“Sering ajak anak ke toko buku, serta ajak dia untuk memilih buku versi dia sendiri yang disukainya. Disana dongengkan anak tentang kisah-kisah yang ada di buku pilihannya,” beber mahasiswi Psikologi ULM ini.

Rima juga menyampaikan bahwa membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan, jadi hindari memaksakan anak untuk membaca saat si kecil lelah dikarenakan banyak kegiatan.

Biarkan si kecil memiliki inisiatif untuk memulai menceritakan hal-hal simpel yang ada dibuku itu. Misalnya bercerita tentang cover atau warna buku yang diminatinya.

“Ajak anak anak membaca sekaligus bermain. Kalau saya pribadi biasanya mengizinkan adik saya menyoret buku cerita atau ngewarnain dan ngasih gambaran dia sndiri di buku ceritanya,” ungkapnya.

Setelah kegiatan membaca selesai, Rima menyampaikan sebaiknya gunakan waktu untuk si kecil memberikan pendapat, kesan, ide tentang cerita tersebut dan dengarkan apa yang diutarakannya kemudian diskusikan.

Dengan dampingan itu, anak anak dapat mengetahui apakah ia mengerti isi buku yang di baca. “Setelah membaca buku, jelaskan pesan moral yang ada di buku itu dengan kaitkan realitas dikehidupannya,” kata perempuan kelahiran 1998 ini.

Bagi Rima, gunakanlah fasilitas yang mendukung cerita, seperti nikmati setiap gambar pada buku cerita tersebut. Anak akan lebih mudah mendapatkan pemahaman dengan bantuan gambar dan dengan bahwa yang mudah dipahami.

Baca Juga: Wow, Desain Baju Lebaran Ini Sold Out dalam Hitungan Menit

Baca Juga: Bosan Es Teler, Coba Minuman Menyegarkan yang Satu Ini

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Mengenal Kamala Khan, Super Hero Muslim Pertama Marvel
apahabar.com

Gaya

7 Cara Menyiasati Agar Tak Dehidrasi Saat Puasa
apahabar.com

Gaya

Cegah Penularan Covid-19, Tak Melulu Soal Cara Pakai Masker
apahabar.com

Gaya

Ingat! Pakai Ban Serep Jangan Ngebut
apahabar.com

Gaya

Begini Cara Pakai Obat Kumur Saat Berpuasa
apahabar.com

Gaya

Jadi Trending Twitter, Video Aldi Taher Lantunkan Al-Qur’an Jadi Cibiran Warganet
apahabar.com

Gaya

Tak Banyak yang Tahu, Berikut Spot Camping di HSS yang Memanjakan Mata Pecinta Alam
apahabar.com

Gaya

5 Kunci Menjaga Keamanan Makanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com