7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Usai Perbaikan, Raperda Narkotika Banjarmasin Segera Disahkan

- Apahabar.com Rabu, 15 Mei 2019 - 07:45 WIB

Usai Perbaikan, Raperda Narkotika Banjarmasin Segera Disahkan

Ilustrasi penyalahgunaan narkotika. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Perbaikan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif telah selesai.

Perbaikan hanya mengenai redaksional yang terdapat dalam salah satu pasal.

Menurut Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tersebut, H Asmat, seperti dikutip dari Antara, Selasa (14/05/2019), perbaikan yang kesekian kalinya ini dilakukan, atas petunjuk bagian hukum pemerintah provinsi.

Baca Juga: Dua Kali Razia, Warung Sakadup di Cendana Selalu Lolos

“Raperda ini sebenarnya sudah finalisasi pembahasannya, saat diserahkan ke Pemprov untuk dievaluasi. Hasilnya Pemprov minta draf Raperda ini disempurnakan, setelah dilakukan dan dikembalikan ke Pemprov. Disetujui, namun kembali diminta perbaikan redaksi pada beberapa pasalnya,” terang Asmat.

Anggota DPRD dari Fraksi PKB ini menambahkan, perbaikan Raperda yang mulai dibahas pada awal tahun 2018 tersebut tidak begitu banyak. Hanya menyempurnakan redaksi yang terbilang umum untuk dikhususkan.

“Jadi pembahasannya tidak terlalu rumit lagi, hanya menyempurnakan redaksi di beberapa pasal, dan kita lakukan pembahasannya cukup lancar hari ini (Selasa),” tuturnya.

Lebih jauh, Kasubag Perundang-undangan Setdakot Banjarmasin Jefry Fransyah menjelaskan, perbaikan ini tidak menyentuh hal yang inti, hanya memperjelas maksud dan tujuannya.

Dia mengumpamakan terkait adanya draf yang mengatur tentang penanganan pengguna narkotika pada kalangan pelajar. Di mana langkah awalnya akan ditangani dinas kesehatan setempat.

“Jadi yang dimaksud penanganan dari Dinkes itu seperti apa, harus dijabarkan rinci. Karena Puskesmas daerah saat ini ada memiliki layanan dan penanganan masalah itu, harus ada penjelasan redaksi katanya di sana dengan jelas,” tuturnya.

Menurutnya, Pemprov sudah memberikan fasilitas untuk Raperda ini disahkan. Sehingga, tidak ada langkah evaluasi usai redaksi kata Raperda ini diperbaiki.

“Jadi usai kita perbaiki ini, tidak lagi diserahkan ke Pemprov, langsung bisa disahkan menjadi Perda pada rapat paripurna nanti,” terangnya.

Dia mengungkapkan, pemerintah kota menginisiasi dibentuknya peraturan ini untuk menanggulangi penyalahgunaan obat-obatan terlarang yang sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan, mulai merusak anak-anak sekolah.

“Jadi tujuan dibuatnya Perda ini untuk menggencarkan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di daerah, sehingga harus dilibatkan semuanya, tidak hanya aparat berwajib, namun juga masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Belasan Kali Beraksi, Komplotan Curanmor Dibekuk Tim Gabungan di Binuang

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tim Kesehatan Pakai Jas Hujan, Ibnu Sina: APD Sudah Dipesan

Banjarmasin

Polisi Banjarmasin Tangkap Jambret Berkedok Ojek Online
apahabar.com

Kalsel

Kemenhub Terbitkan Aturan Keselamatan Bersepeda, Simak Tanggapan Wakil Ketua DPRD Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pemkot Banjarmasin Minta Perusahaan Jangan Telat Bayar THR
apahabar.com

Kalsel

Bangun Jembatan, Satgas TMMD Kodim 1005 Marabahan Berpacu dengan Laut
dinas

Kalsel

South Borneo Tourism Festival 2020, Bangkitkan Gairah Parawisata Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Iduladha, Pendonor Darah di UDD PMI Banjarmasin Turun 50 Persen
apahabar.com

Kalsel

Hari Ke-6 Penerapan Perbup Tanah Laut Berjalan Lancar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com