Polisi Dalami Kaburnya Habib Rizieq dari Rumah Sakit Ummi Nekat Menjambret Wanita di Siang Bolong, Pemuda Kotabaru Diringkus Tim Macan Bamega Sadis! Begal Mobil Carteran di Pelaihari Buang Jasad Korban ke Hutan Sawit BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen

4 Desa di Pedalaman Kotim Masih Terendam Banjir

- Apahabar.com Selasa, 11 Juni 2019 - 10:28 WIB

4 Desa di Pedalaman Kotim Masih Terendam Banjir

Camat Tualan Hulu Rusmanto bersama unsur Forum Pimpinan Kecamatan saat memantau lokasi banjir di empat desa, Senin (10/6/2019).  Foto–Antara/ HO-Kecamatan Tualan Hulu

apahabar.com, SAMPIT – Banjir akibat luapan Sungai Tualan Hulu masih merendam 129 rumah warga yang tersebar di empat desa di Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), sehingga membuat sebagian warga harus mengamankan barang berharga mereka agar tidak rusak.

“Kami sudah melakukan pendataan di lapangan bersama unsur Muspika. Saat ini banjir memang masih terjadi,” kata Camat Tualan Hulu Rusmanto seperti dilansir Antara, Selasa (11/6/2019).

Rusmanto bersama sejumlah pegawai kecamatan, Pelaksana Tugas Kapolsek Parenggean Iptu Supriyono dan anggotanya, anggota Koramil 1015-12 Parenggean Sertu W Winata dan Kepala Desa Tumbang Mujam Muhammad Hendri melakukan pendataan kondisi desa yang terendam banjir.

Empat desa yang terendam banjir yaitu Desa Sebungsu, Tumbang Mujam, Mirah dan Luwuk Sampun. Kedalaman banjir di empat desa tersebut bervariasi antara 40 cm hingga 70 cm. Rumah-rumah yang terendam umumnya berada di dataran rendah dekat sungai sehingga mudah terendam ketika Sungai Tualan Hulu meluap.

Kondisi banjir di Desa Sebungsu merendam 20 rumah dengan ketinggian 60 cm. Rumah tersebut berada di dekat bantaran Sungai Tualan Hulu yang berada di bawah jalan poros desa tersebut.

Banjir di Desa Tumbang Mujam merendam 73 rumah dengan ketinggian air hingga 70 cm. Sebanyak 117 kepala keluarga menjadi terdampak banjir di desa yang dihuni 190 kepala keluarga tersebut.

Selain merendam permukiman, banjir juga merendam jalan poros Desa Tumbang Mujam yang berdekatan dengan bantaran Sungai Tualan Hulu sehingga jalan desa sepanjang kurang lebih 1 km terendam air dan cukup menghambat aktivitas masyarakat.

Sementara itu di Desa Mirah, tidak semua rumah penduduk yang terkena dampak meluapnya Sungai Tualan Hulu karena desa ini sedikit berbukit. Rumah yang terkena banjir sebanyak 30 rumah dengan ketinggian air 40 cm.

Sedangkan di Desa Luwuk Sampun yang struktur tanahnya tergolong dataran tinggi, namun sebagian masyarakat ada yang bertempat tinggal di kampung lama Luwuk Sampun. Masyarakat yang bertempat tinggal di kampung lama inilah yang terkena banjir sebanyak enam rumah dengan ketinggian air 50 cm.

“Situasi di lapangan masih aman dan terkendali,” kata Rusmanto.

Data tersebut disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai pertimbangan dalam mengambil langkah tanggap darurat, termasuk harapan penyaluran bantuan.

Pemerintah kecamatan dan aparat keamanan juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang terdampak banjir untuk selalu waspada terhadap kemungkinan bertambah parahnya keadaan. Masyarakat harus mengutamakan keselamatan anggota keluarga.

Baca Juga: Banjir Satu Meter, Warga Desa Bakarangan Terisolir

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Ada Apa? Bawaslu Sarankan Balon Gubernur Kalteng Nadalsyah Ke Kementerian
apahabar.com

Kalteng

Selain Ikan, Ternyata Buaya juga Ikut Terlilit Jaring di Sungai Mentaya
apahabar.com

Kalteng

Lama Buron, Pembunuh Tiga Anak Kandung Sendiri di Murung Raya Berhasil Diringkus
apahabar.com

Kalteng

Hadapi Karhutla, BPBD Kapuas Siapkan 17 Pos Lapang
apahabar.com

Kalteng

Kasus Covid-19 Kalteng Bertambah 3, ODP Dominan Kluster Baru
apahabar.com

Kalteng

Jaga Kuala Kapuas Tetap Kinclong, Tak Kenal WFH
apahabar.com

Kalteng

Guru dan Murid PAUD di Kapuas Timur Kalteng Ikuti Lomba Meriahkan Tahun Baru Islam
apahabar.com

Kalteng

Wiyatno Direkomendasikan Jabat Ketua DPRD Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com