BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

67 Titik di Pegunungan Meratus Ditetapkan Sebagai Geopark

- Apahabar.com Rabu, 19 Juni 2019 - 08:00 WIB

67 Titik di Pegunungan Meratus Ditetapkan Sebagai Geopark

Sungai di Desa Nateh, Kabupaten Hulu Sungai Tengan dan alam di sekitar Pegunungan Meratus. Foto-Antara.

apahabar.com, BANJARBARU – Jika sebelumnya hanya 36 titik Geopark (Taman Bumi), kini Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Selatan (Kalsel) menetapkan 67 titik yang tersebar di Pegunungan Meratus.

Kepala Dinas ESDM Kalsel, Isharwanto mengatakan penambahan ini berdasarkan penelusuri pihaknya akan sumber daya alam yang layak menjadi taman bumi di wilayah Kalsel.

Sudah barang tentu, penetapan ini sebagai upaya melindungi sumber daya alam dari perusakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Namun yang saat ini sedang fokus dikerjakan ada tiga titik, yaitu di Lembah Kahung, Matan Keladan dan Taman Hutan Rakyat (Tahura),” katanya dikutip apahabar.com dari Antara, Selasa (18/06/2019).

Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi dan mengajak masyarakat setempat berperan serta melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

Menurut Ishar, pengembangan Geopark tersebut, sebagai salah satu cara untuk melindungi Meratus dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bila Meratus sudah ditetapkan menjadi Geopark, secara otomatis, pihak manapun termasuk pemerintah pusat dan daerah, tidak boleh mengeluarkan izin kegiatan usaha di daerah tersebut,” katanya.

Geopark Pegunungan Meratus yang tersebar di 10 kabupaten di provinsi kaya sumber daya alam ini.

Menurut Ishar,penetapan status Pegunungan Meratus menjadi Geopark Nasional, akan diikuti dengan langkah-langkah pembangunan oleh Pemprov Kalsel.

Penetapan status tersebut, diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati di dalamnya.

“Keberadaan geopark akan membuat masyarakat yang dulunya menebang pohon di hutan, sekarang harus melindungi,” katanya.

Melalui penetapan tersebut, Pemprov Kalsel juga akan mengupayakan, hutan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru, sehingga dapat dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, tanpa merusak hutan.

Sebelumnya, Isharwanto juga mengungkapkan, penetapan Geopark Meratus merupakan upaya konkrit Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dalam menyelematkan Meratus dari kerusakan.

“Save Meratus menjadi perbincangan hangat, baik di kalangan aktivis dan pemerhati lingkungan. Geopark ini menjadi upaya konkrit Pak Gubernur dalam mendukung aspirasi masyarakat,” katanya.

Beberapa langkah yang akan dilakukan Pemprov Kalsel menyelamatkan Meratus yaitu, membentuk badan pengelola geopark, masterplane pengembangan geopark dan meningkatkan infrastruktur di dalamnya.

Selain itu, meningkatkan jejaring dengan geopark yang ada baik skala nasional dan internasional, serta meningkatkan promosi wisata.

Isharwanto mengatakan, apabila geopark tidak dikembangkan dalam jangka 4 tahun ke depan, maka statusnya bisa dicabut.

“Makanya kami terus bergerak mengembangkan potensi Geopark Nasional Meratus ini,” katanya.

Bukan hanya di tingkat nasional, pihaknya berusaha meningkatkan status menjadi geopark internasional, sambil terus berupaya mengembangkan infrastruktur pendukungnya.

Baca Juga: KPH Tabalong Selamatkan Anggrek Meratus

Baca Juga: Dinsos Bangkitkan Usaha Madu Kelulut dan Lebah Meratus di Balangan

Sumber: Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemko Banjarmasin Bantah Tudingan KNPI Kalsel ‘Telantarkan’ Anak Jalanan

Kalsel

Hasil Pemeriksaan Pasien Suspect Corona di RSUD Ulin Negatif
Ibnu Sina Lepas Peserta Touring Borneo Lintas 3 Negara

Kalsel

Ibnu Sina Lepas Peserta Touring Borneo Lintas 3 Negara
Kecelakaan Trikora

Kalsel

Kecelakaan Maut di Loksado: Motor Terbakar, 2 Nyawa Melayang
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Anak Yatim Nonbar ‘IQRO My Universe’, Darmawan Jaya Dorong Bioskop Putar Film Inspiratif
apahabar.com

Kalsel

Berlangsung Khidmat, Ratusan Peserta Ikuti 4 Lomba MTQ Tingkat HST
apahabar.com

Kalsel

Lonjakan Positif Covid-19 di Kalsel, Terlacak 1 Orang Asal Bekasi
apahabar.com

Kalsel

Tahap Lelang, Pakaian Dinas Dewan Kalsel Rp1,5 M
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com