Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Ada Banyak Ulama yang Dihauli di Syawal, Berikut Daftarnya

- Apahabar.com Kamis, 13 Juni 2019 - 10:52 WIB

Ada Banyak Ulama yang Dihauli di Syawal, Berikut Daftarnya

Ilustrasi, ulama dari Tanah Banjar yang menuntut ilmu di Tanah Suci tempo dulu. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Peringatan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari sudah selesai digelar belum lama tadi. Namun tahukah anda, ulama tersebut bukanlah satu-satunya yang diperingati haulnya di bulan Syawal 1440 Hijriah.

Menurut informasi yang dihimpun apahabar.com dari berbagai sumber, ada banyak ulama yang diperingati haulnya di bulan Syawal 1440 hijriah. Di antaranya terdapat ulama dari Tanah Banjar dan Pulau Jawa.

Untuk di Tanah Banjar (Kalimantan Selatan) sendiri diketahui ada 4 ulama yang diperingati haulnya. Keempat ulama tersebut adalah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Syekh Muhammad Taher bin H Syahbuddin Al Banjari, Syekh Kasyful Anwar bin H Ismail Al Banjari, dan Syekh Muhammad Amin bin Ya’qub Al Banjari.

Peringatan haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau yang dikenal Datuk Kelampayan sudah diperingati haulnya (puncak acara) pada 6 Syawal 1440 H bertepatan dengan Senin 10 Juni 2019 kemarin.

Adapun peringatan Syekh Muhammad Taher bin H Syahbuddin Al Banjari atau Datu Daha akan diperingati pada 11 Syawal yang bertepatan dengan Sabtu 15 Juni 2019. Rencananya, peringatan akan digelar di Desa Taluk Haur, Kecamatan Daha Utara, Nagara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Peringatan yang akan dimulai pukul 08.00 Wita tersebut menghadirkan dua penceramah, yakni Habib Muhammad Assegaf dari Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Habib Alwi bin Syahab dari Hadramaut Yaman.

Sedangkan peringatan Haul Syekh Muhammad Kasyful Anwar ke 81 akan diperingati pada Sabtu 22 Juni 2019. Acara akan dimulai pada pukul 09.00 wita di kubah Syekh Muhammad Kasyful Anwar di Desa Melayu, Martapura (Kabupaten Banjar), Kalimantan Selatan.

Sementara peringatan Haul Syekh Muhammad Amin bin Ya’qub atau Datu Amin ke-126 pada 25 Syawal 1440 Hijriah bertepatan dengan Sabtu 29 Juni 2019.

Peringatan haul akan dimulai pukul 09.00 Wita di Kubah Datu Amin, Benua Anyar, Banjarmasin. Rencananya, pembacaan maulid akan dipimpin Guru H Muhammad Fahmi, Martapura. Sedangkan penceramah yang didaulat mengisi acara tersebut adalah Tuan Guru H Ahmad Zuhdiannoor.

Selain di Tanah Banjar, umat Islam di Pulau Jawa juga memperingati haul banyak ulama di Syawal ini. Di antaranya; Haul Mbah Hasan Sanusi (Mbah Slagah) yang diperingati pada Rabu 12 Juni 2019 kemarin, di Turbah Mbah Slagah di Selatan Stadion Untung Suropati, Pasuruan.

Pada Kamis 13 Juni 2019 akan diperingati Haul Habib Syekh bin Akhmad bin Abdullah Bafaqih. Acara dimulai pukul 15.00 Wib di Boto Putih, Surabaya.

Pada Jumat 14 Juni 2019 akan diperingati haul Habib Sholeh Maulad Dawilah (ayah Habib Muhammad Al Bagir) di Talun, arah barat Masjid Jami Kota Malang. Acara dimulai pada pukul 13.oo Wib atau setelah Salat Jumat.

Pada Sabtu 15 Juni 2019 akan diperingati Haul Habib Abdul Qadir bin Husain Assegaf (Ayah dari Habib Taufiq Assegaf). Peringatan yang bertempat di kediaman Habib Taufiq Assegaf, Kauman-Pasuruan tersebut akan diawali pada pukul 17.30 Wib yang diisi dengan Khatmul Ihya’, kemudian dilanjutkan pada pukul 18.00 Wib atau setelah Salat Magrib peringatan haul ulama tersebut.

Di hari yang sama (Sabtu 15 juni 2019) juga akan diperingati Haul Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki (Makkah) dan haul Habib Hasan bin Muhammad Baharun di Ma’had Al Maliki Koncer Darul Aman, Bondowoso. Acara akan digelar pukul 18.00 Wib atau setelah Salat Magrib.

Pada Minggu 16 Juni 2019 akan diperingati Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid. Acara digelar pukul 09.00 Wib di dekat Stasiun Kereta Api  Tanggul, Kabupaten Jember, Surabaya.

Baca Juga: Calon Jemaah Haji HST akan Berangkat pada Gelombang Pertama

Baca juga: Majelis di Kalsel Kembali Aktif Pasca Lebaran, Berikut Jadwalnya

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai

Habar

3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai
apahabar.com

Habar

Istighostsah Kubro di Martapura, Jemaah Mulai Berdatangan
apahabar.com

Habar

Syekh El Fatih Asal Sudan Hadiri Majelis Raudatul Anwar Pagi Ini
apahabar.com

Habar

Jika Jemaah Haji Kalsel Berangkat Tahun Depan, Kemenag Janji Sesuai Urutan
Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Dinkes Banjar: Waspadai Penularan Virus Corona

Habar

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Dinkes Banjar: Waspadai Penularan Virus Corona
apahabar.com

Habar

Begini Pesan Guru Haderawi untuk Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul ke-14
apahabar.com

Habar

Update Persiapan Haul Guru Sekumpul ke 15; Desa-desa di Kabupaten Banjar Mulai Berhias
Dapur Sekumpul Indah 1 Sediakan 18 Ribu Nasi Bungkus untuk Jemaah

Habar

Dapur Sekumpul Indah 1 Sediakan 18 Ribu Nasi Bungkus untuk Jemaah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com