Ingat Setahun Jokowi tapi Mahasiswa di Banjarmasin Lupa Prokes Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh

Ancaman Banjir dan Luapan Sungai Barito Jadi Atensi Basarnas

- Apahabar.com Rabu, 12 Juni 2019 - 12:05 WIB

Ancaman Banjir dan Luapan Sungai Barito Jadi Atensi Basarnas

Para pedagang di Pasar Apung diajak untuk menyimak apa yang disampaikan Kepala Basarnas Banjarmasin Mujiono terkait 'Opium Pentol Air' ini dan memperkenalkan peralatan standar keselamatan yang bisa digunakan untuk mengapung di atas permukaan air. Foto-apahabar.com/Robi

apahabar.com, BANJARMASIN – Banjir dan luapan Sungai Barito yang mulai mengancam sejumlah wilayah di Kalsel mendapat atensi khusus Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Banjarmasin.

Digelar di wisata Pasar Terapung Lok Baintan, Rabu (12/6), Basarnas menggelar sosialisasi keselamatan dan perkenalan peralatan Search and Rescue (SAR) ke masyarakat.

Bertajuk ‘Opium Pentol Air’, Otimalisasi Kemampuan Masyarakat untuk Menolong Diri Sendiri dan Orang Lain melalui Sosialisasi Pertolongan di Air pada Pedagang di PasarTerapung Lok Baintan Banjarmasin itu dipimpin langsung Kepala Basarnas Banjarmasin, Mujiono.

“Tujuan kami berkunjung, selain sosialisasi SAR, juga berkaitan dengan bahaya yang ditimbulkan oleh alam maupun non alam,” ungkap Muji.

Sosialisasi yang diberikan, kata dia, adalah pengetahuan kepada para pedagang di Pasar Terapung tentang keselamatan diri dan keselamatan orang lain di air.

Mereka diajak untuk memperhatikan penjelasan Mujiono terkait ‘Opium Pentol Air’ dan memperkenalkan peralatan standar keselamatan yang bisa digunakan untuk mengapung di atas permukaan air. Adapun peralatan yang dikenalkan meliputi, jerigen, plastik, hingga jas hujan.

Dalam kesempatan itu juga, Mujiono membagikan sejumlah stiker tentang keselamatan di air kepada semua pedagang yang sudah mengikuti sosialisasi.
Pantauan apahabar.com, seluruh pedagang sangat antusiasme mengikuti dan menyimak penjelasan serta praktik yang diberikan. Sedikitnya, ratusan pedagang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Menurut Mujiono, sosialisasi SAR dan pengenalan peralatan keselamatan di air ini berdampak pada meluasnya peran SAR ketika terjadi musibah.

“Kami kenalkan keselamatan di air ini, karena para pedagang ini mereka langsung berhubungan dan transaksi di air. Saya juga berharap, semoga kegiatan ini akan berkesinambungan dan juga nantinya akan menambah pengetahuan bagi mereka,” ujarnya mengakhiri.

Baca Juga: PT. Batulicin Enam Sembilan dan Yayasan Haji Maming Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir

Baca Juga: ACT Pasok Bantuan Korban Terdampak Banjir Tanah Bumbu

Baca Juga: Banjir Samarinda Meluas, Korban Terdampak Capai 20 Ribu Jiwa

Baca Juga: Banjir di Kaltim, Ribuan Jiwa Mengungsi

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Razia Masker di Banjarmasin, Warga Endus Kejanggalan Denda
apahabar.com

Kalsel

6 PSK Eks Pembatuan dan Pelanggan Masuk Penjara, Pol PP: Biar Jera!
apahabar.com

Kalsel

Berita Duka, Mertua Paman Birin Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Jerit Korban Kebakaran Jalan Sulawesi: “Kami Bingung Numpang di Mana”
apahabar.com

Kalsel

Dampak Covid-19 Meluas, Burhanuddin Sebar Paket Sembako di Pesisir Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Breaking News! Berawal dari Sebuah Ledakan, Warung Malam di Balangan Tiba-tiba Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Bocoran Lokasi Lahan Calon Ibukota Baru di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Jabatan Kasat Binmas Polresta Banjarmasin Bergeser
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com