Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu

Antisipasi Antrean, 4 Dermaga Dioperasikan di Batulicin

- Apahabar.com Sabtu, 8 Juni 2019 - 18:30 WIB

Antisipasi Antrean, 4 Dermaga Dioperasikan di Batulicin

Ilustrasi penumpang di Pelabuhan Batulicin, Kalsel. Foto-istimewa

apahabar.com, BATULICIN – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengoperasikan empat dermaga untuk mengantisipasi antrean penumpang kapal pada arus balik lebaran.

Menurut Kepala PT ASDP Cabang Batulicin Anang Wahyudi melalui Manajer Usaha Arif Budiman, pengoperasian empat demaga tersebut agar tak terjadi antrean bongkar muat penumpang baik saat di Pelabuhan Batulicin, Tanah Bumbu maupun Tanjung Serdang Kotabaru.

“Untuk momen hari biasa kami hanya mengoperasikan dua dermaga pada rute tersebut, terapi saat arus mudik dan balik kami operasikan dua di Tanjung Serdang dan dua dermaga di Batulicin untuk memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa,” kata Arif.

Dua dermaga yang berada di Batulicin sebenarnya diperuntukkan melayani rute Batulicin-Makasar dan Batulicin-Tanjung Serdang, namun berhubung kapal rute Makasar sudah berlayar menjuju pelabuhan tujuan maka pelabuhan tersbut kosong dan dimanfaatkan untuk melayani tujuan Tanjung Serdang.

Momen lebaran kali ini jumlah penumpang kapal feri tujuan Batulicin-Tanjung Serdang yang menggunakan kendaraan roda dua rata-rata mencapai 400-500 penumpang per hari. Sedangkan untuk kendaraan roda empat sekitar 70-80 penumpang per hari.

Untuk mengantisipasi antrean panjang, PT ASDP Cabang Batulicin juga mengoperasikan enam unit kapal unuk melayani penumpang pada rute tersebut di antaranya empat unit milik ASDP dan dua unit kapal milik swasta.

Setiap unit kapal memiliki kapasitas penumpang kendaraan yang menggunakan roda dua sekitar 100 unit, sehingga ASDP memastikan meskipun ada lonjakan penumpang tidak akan menimbulkan antrean panjang kerena bisa terlayani dengan maksimal.

Salah satu pengguna jasa kapal dari Pelabuhan Tanjung Serdang menuju Batulicin, Ny Farah Diba, merasa puas atas manajemen pelayaran yang dikelola oleh PT ASDP Cabang Batulicin.

“Setibanya di Tanjung Serdang saya merasa kaget karena sudah ada calon penumpang lainnya hampir 100 pengendara yang menunggu untuk masuk ke dalam kapal. namun saat antre tidak ada 10 menit langsung terangkut semua bahkan saat perjalanan tidak sampai 40 menit sudah tiba di pelabuhan tujuan,” katanya.

Dia mengatakan, meskipun banyak penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua namun semuanya bisa terangkut hingga pelabuhan tujuan tanpa harus antre lama.

Baca Juga: Pemudik di Bandara Syamsudin Noor Banyak Darah Tinggi

Baca Juga: Ditinggal Mudik, Remaja 16 Tahun Tewas Terpanggang

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dilan 1991 Kuasai 4 Studio Cinemaxx Q Mall Banjarbaru, Tiket Hampir Ludes!
apahabar.com

Kalsel

KPU Kalsel Tetapkan 9.847 Pemilih Disabilitas
apahabar.com

Kalsel

Viral Bocah Badut Jalanan di Banjarmasin, Ortunya Kaget Terima Duit Segepok dari Ketum BPP HIPMI
apahabar.com

Kalsel

Wamenlu Promosikan Kuliner HST ke Dubes
apahabar.com

Kalsel

PSSB Banjarmasin Segera Berakhir, Jubir: Mungkin Diperpanjang
apahabar.com

Kalsel

Berita Tabloid Indonesia Barokah Tak Pengaruhi Perolehan Suara Prabowo-Sandi

Kalsel

Razia Pekat di Banjarmasin, dari Miras, Kondom hingga Anak di Bawah Umur
apahabar.com

Kalsel

Wali Kota Banjarbaru Positif Covid-19, PMI Uji Terapi Plasma
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com