Resmi, Banjarmasin Hanya Izinkan SMP Sekolah Tatap Muka Januari 2021 Sekolah Tatap Muka di Kalsel, Banyak Laporan Kekhawatiran Ortu Rontok Lagi! Bawaslu RI Tolak Laporan Keberatan Denny Indrayana Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri

Atasi Banjir, Pemkab Tanbu Berencana Bangun Bendungan

- Apahabar.com Senin, 17 Juni 2019 - 18:02 WIB

Atasi Banjir, Pemkab Tanbu Berencana Bangun Bendungan

Ilustrasi bendungan. Foto-Teras.ID

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu akan segera membangun bendungan untuk mengatasi banjir. Rencananya, bendungan tersebut akan dibangun di Kecamatan Kusan Hulu.

“Rencana itu sudah menjadi bagian dari proyek strategis nasional. Untuk itu mari kita doakan semoga impian itu bisa terwujud”, kata Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, Senin (17/06/3019).

Ia berharap rencana pembangunan proyek raksasa itu sudah mendapat titik terang pada November 2019. Sebab, bendungan tersebut tidak dibangun melalui anggaran pemerintah daerah, tapi pemerintah pusat.

Bendungan yang rencananya berlokasi di Kecamatan Kusan Hulu nantinya tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengendali banjir tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengendali tata kelola pengairan di sektor pertanian serta dapat dijadikan sebagai objek pariwisata.

Saat ini, lanjut Sekda, Pemkab Tanah Bumbu terus mengevaluasi bencana banjir yang belum lama ini merendam 7 kecamatan. Evaluasi dilakukan untuk memperoleh  informasi dan data penting yang nantinya bisa dijadikan sebagai referensi untuk menyelesaikan masalah banjir tersebut.

Sekda juga mengatakan, evaluasi pasca banjir juga diarahkan bagi penanganan banjir di wilayah perkotaan. Upaya itu, kata dia, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi harus menjadi tanggung jawab seluruh elemen daerah termasuk masyarakat.

Saat ini, lanjut dia, budaya hidup bersih dan semangat gotong royong mulai memudar di tengah-tengah masyarakat perkotaan. Banyak dari masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya, gotong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan permukiman juga nyaris sudah sangat sulit ditemui di perkotaan.

Oleh karena itu, Rooswandi meminta jajaran pemerintah daerah harus menjadi pelopor dan pionir untuk kembali menggalakkan semangat gotong royong membersihkan lingkungan dengan mengajak masyarakat sekitar membersihkan gorong-gorong dan drainase, termasuk membiasakan diri dan keluarga untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Karena kalau hal itu tidak dilakukan  maka risiko banjir pasti terjadi karena saluran air tersumbat oleh sampah rumah tangga,” tandasnya.

Baca Juga: Gubernur Kalsel Sebut Banjir di Tanbu Tidak Termasuk Daerah Usulan Calon Ibu Kota Baru

Baca Juga: Hendak BAB, Pria di Tanbu Malah Jatuh ke Sungai

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sudian Noor Salurkan Bantuan Sembako dari Pemprov untuk Warga Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

1500 Rider akan Ikuti Ramadan Ride Tanah Bumbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ingatkan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika, Ini Pesan Kadinkes Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tak Laporkan Harta Kekayaan, Sanksi Berat Menanti ASN Tanah Bumbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Dinas Kesehatan Tanbu Programkan Desa Bebas DBD
Ready Kambo Buka Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 2020

Pemkab Tanah Bumbu

Ready Kambo Buka Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 2020
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Harga Bahan Pokok Naik, Tim Satgas Pangan Sidak Pasar
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Lomba Kuliner Nusantara, Perkenalkan Makanan Tradisional ke Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com