Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

Belasung Bakal Disulap Jadi Kampung Sungai Percontohan

- Apahabar.com Jumat, 21 Juni 2019 - 10:37 WIB

Belasung Bakal Disulap Jadi Kampung Sungai Percontohan

Lomba memancing atau meunjun dalam kaitan harjad ke-492 Kota Banjarmasin, di kampung hijau Sungai Bilu Banjarmasin. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin sedang berupaya melakukan penertiban bangunan liar di wilayah Sungai Belasung. Ke depannya, kawasan ini akan ditata sebagai percontohan kampung sungai di perkotaan

Sungai Belasung terletak di Jalan Pangeran Samudera, Kelurahan Kertak Baru Hilir Kecamatan Banjarmasin Tengah. Kondisinya sekarang sudah mati suri karena banyak bangunan yang menutupinya.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hizbut Wathony mengatakan Sungai Belasung akan dinormalisasi secepatnya dengan menggusur semua bangunan yang ada di atasnya.

Menurut dia proses penggusuran bangunan di atas Sungai berlangsung sudah diputuskan final, di mana tahun ini akan segera dilaksanakan.

“Mungkin sekitar 20 bangunan yang akan kita bersihkan di atas Sungai Belasung tersebut, kita belum tahu pasti berapa KK, sebab ada bangunan berbentuk kos-kosan di sana,” tuturnya di Banjarmasin, Jumat.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan survei bersama pihak kecamatan dibantu pihak keamanan dari kepolisian dan TNI serta Satpol PP beserta masyarakat sekitar. Untuk memperkirakan berapa bangunan yang terdampak dari rencana normalisasi sungai tersebut.

Ia mengaku, masyarakat sekitar lebih besar mendukung rencana normalisasi sungai tersebut sehingga tidak banyak mendapatkan pertentangan.

Karena pemerintah kota memberikan pemahaman kepada masyarakat akan program wilayah tersebut ke depan, yakni, menjadi sebuah percontohan Kampung Sungai di perkotaan.

“Karena wilayah tersebut cukup banyak anak sungai, hingga patut dijadikan contoh kampung sungai, dengan kelestarian sungai-sungai di sana,” terangnya.

Karena pemerintah berencana akan menata sungai-sungai kecil di wilayah tersebut agar mengalir lancar dan bersih.

Menurut dia, rencana pembangunan untuk normalisasi tersebut Balasung tersebut akan lebih serius dilaksanakan pada tahun 2020.

“Dari sekarang akan kita perhitungkan berapa anggaran pas untuk normalisasi sungai tersebut tahun 2020,” ujarnya.

Menurut dia, untuk pembebasan bangunan liar di atas sungai tersebut diperkirakan tidak memakan anggaran terlalu besar, karena diduga banyak bangunan yang tidak memiliki surat resmi.

Sebagaimana diketahui, Banjarmasin yang dikenal dengan sebutan kota seribu sungai, bercita-cita akan menjadi kota sungai terindah di Indonesia.

Baca Juga: Izin Tempat Minuman Beralkohol Dipersempit

Baca Juga: Paman Birin Sebut Program Listrik 24 Jam Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Desa Terpencil

Sumber: Antara
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Diserang Kritikan Dewan, Paman Birin Dijadwalkan Beri Jawaban Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Darurat Narkoba, Wajib Punya Pusat Rehabilitasi
apahabar.com

Kalsel

Misteri Ribuan Gram Ineks ‘Love’ dalam Selangkangan Penumpang Syamsudin Noor
apahabar.com

Kalsel

PDIP Batola ‘Keberatan’ Pleno Sepihak PPK Tabunganen, KPU akan Lakukan Rekapitulasi Ulang
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lebat, Desa Hangui di Tapin Ikut Terendam
apahabar.com

Kalsel

Cara PDI Perjuangan Kalsel Memaknai Hari Lahir Pancasila
apahabar.com

Kalsel

PPP Beri Sinyal Kuat Dukung Sahbirin Noor di Pilkada 2020
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Perlu Galakkan Kehutanan Kemasyarakatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com