Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan Daftar Lengkap 64 Link Pengumuman CPNS 2019, sscn.bkn.go.id & Berkas Online yang Harus Disiapkan! Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Camat Kusan Hilir : Seharusnya Beras yang Rusak Dikembalikan

- Apahabar.com Senin, 3 Juni 2019 - 19:38 WIB

Camat Kusan Hilir : Seharusnya Beras yang Rusak Dikembalikan

Ilustrasi beras rusak. Foto-MataPublik.co

apahabar.com, BATULICIN – Camat Kusan Hilir, Dewi Murni, menyayangkan para kepala desa dan masyarakat tidak melaporkan beras pembagian Bulog yang rusak dan tidak layak konsumsi.

Mestinya, saat menerima beras dengan kualitas yang kurang baik, pemerintah desa mengembalikan beras tersebut ke Bulog. Namun, Murni menyebut saat beras dibagikan, para kepala desa langsung mengambil beras tersebut tanpa disertai protes.

“Padahal, kami dari kecamatan dan kepala desa sudah ada kesepakatan kalau beras rusak wajib dikembalikan ke Bulog. Tapi, ternyata kepala desa malah mengambil dan langsung membagi tanpa ada komplain,” kata Dewi Murni, kepada¬†apahabar.com, Senin (3/6/2019).

Dewi Murni juga menjelaskan beras pembagian dari Bulog untuk warga miskin di Kecamatan Kusan Hilir dalam kondisi bagus saat dibagikan kepada masyarakat. Pemerintah Kecamatan Kusan Hilir menyebut setiap menerima pengiriman beras dari Bulog, beras tersebut selalu diperiksa.

Namun, ia juga mengakui jika di antara ribuan sak, ada beras yang kualitasnya kurang baik. Akan tetapi, sekali lagi ia mengingatkan, jika menemukan beras dalam kondisi seperti itu, seharusnya langsung dikembalikan ke Bulog.

“Saat kami periksa, beras-beras tersebut dalam kondisi baik dan layak. Tapi, di antara sak-sak beras tersebut ternyata masih ada yang isinya kurang baik,” jelasnya.

Ada 1.577 sak beras yang dibagikan Bulog kepada masyarakat di Kecamatan Kusan Hilir. Ribuan sak beras itu didistribusikan ke sejumlah desa sekira seminggu yang lalu. Dari Bulog, ribuan sak beras dikirim ke Kecamatan Kusan Hilir untuk kemudian diteruskan ke desa-desa.

Sebelumnya, seperti diberitakan apahabar.com, beras yang dibagikan kepada masyarakat Kecamatan Kusan Hilir dalam kondisi rusak; berwarna kemerahan, berbau, dan berkutu. Sejumlah desa yang menerima beras dengan kualitas buruk di antaranya Desa Sardangan, Desa Beringin, dan Desa Betung.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Warga Miskin di Tanah Bumbu Konsumsi Beras Bau dan Berkutu

Baca Juga: Lebih Afdal Zakat Fitrah dengan Beras atau Uang? Simak Penjelasan MUI Kalsel

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ready Kambo Terima Kunjungan Komisi III DPRD Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Sikap Pengelola Masjid Sabilal Muhtadin Jelang Pelaksanaan Ibadah Ramadan 1441 H
apahabar.com

Kalsel

Soroti PSBB Banjarmasin, HMR: Pemkot Terkesan Latah
apahabar.com

Kalsel

Perubahan Status PDAM Bandarmasih Telah Masuk Propemperda
apahabar.com

Kalsel

5 Kabupaten/Kota di Kalsel Diprakirakan Hujan Berpetir Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Masa Uji Coba, Penumpang BRT Banjarbakula Gratis
apahabar.com

Kalsel

Kapolda-Forkopimda Kalsel Duduk Satu Meja di Makorem 101/Antasari
apahabar.com

Kalsel

Pasien Dikarantina Bertambah, DLH Tabalong Ikut Kewalahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com