Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara

Cegah Teroris, Gubernur Kalteng Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling

- Apahabar.com     Selasa, 18 Juni 2019 - 07:00 WITA

Cegah Teroris, Gubernur Kalteng Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling

Ilustrasi siskamling. Foto-Nalar Politik

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran penangkapan sejumlah terduga teroris di provinsi ini perlu menjadi perhatian seluruh pihak. Ia pun meminta masyarakat ikut menjaga serta memantau keberadaan orang baru di wilayahnya masing-masing.

Masyarakat pun perlu mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) sebagai upaya mencegah masuknya terduga teroris sekaligus meminimalisir terjadinya berbagai ancaman dan bentuk kejahatan lainnya, kata Sugianto seperti ditulis Antara.

“Saya mengapresiasi kesigapan aparat menangkap terduga teroris tersebut. Dan, saya berharap masyarakat juga bisa mengaktifkan siskamling. Ketua-ketua RT juga harus aktif memantau orang-orang baru yang datang ke wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

Menurut orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu, kewaspadaan terhadap bentuk kejahatan bukan hanya tanggungjawab kepolisian dan pemerintah melainkan juga masyarakat. Sebab, kewaspadaan itu wajib dilakukan dari lingkup yang paling kecil dalam hal ini tingkat RT dan RW.

Dia mengatakan masyarakat harus segera melapor misalkan atas hal yang mencurigakan terlebih berpotensi mengancam keamanan lingkungan.

Ia menilai, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) cukup berpengaruh terhadap daya tarik investor ke provinsi ini, mengingat keamanan merupakan salah satu pertimbangan pengusaha untuk melalukan aktivitasnya di suatu daerah.

“Saya ingatkan semua pihak, bupati, wali kota dan sampai di tingkat paling bawah yakni RT harus tetap waspada terhadap potensi bentuk kejahatan. Harus saling dukung menciptakan daerah yang aman,” kata Sugianto.

Mengenai adanya penangkapan 34 orang terduga jaringan teroris oleh Densus 88 dan Polda Kalteng, dirinya mengapresiasi sekaligus mewanti-wanti semua pihak agar semakin waspada. Sebab, kehadiran teroris tersebut dapat mengganggu situasi Kalteng yang sudah kondusif seperti sekarang ini.

“Berkat penangkapan itu, paham radikal di Kalteng bisa ditangkap dan bentuk teror bisa diatasi. Dan, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama melawan segala bentuk teror,” demikian Sugianto.

Baca Juga: 8 Pegawai Lapas Kelas IIB Muara Teweh Naik Pangkat, 1 Purna Tugas

Baca Juga: H Nadalsyah: Rekor Muri Bakar Jagung Diharapkan Memotivasi Petani Barito Utara

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Lelaki Tua di Kapuas Ditemukan Tewas, Polisi Telisik Penyebabnya
apahabar.com

Kalteng

Demokrat dan PDI-P Kalteng Bertemu, Pertanda Koalisi?

Kalteng

Jual Gadis di Bawah Umur, Dua Muncikari Palangka Raya Ditangkap Saat Nyabu
apahabar.com

Kalteng

Kapuas Peringkat Empat Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Kalteng
Puting beliung

Kalteng

Disapu Puting Beliung, 1 Rumah di Dadahup Kapuas Rusak Berat
apahabar.com

Kalteng

Meski Kekurangan Masker, Mahasiswa Kalteng di China dalam Kondisi Sehat
apahabar.com

Kalteng

Jasad Nenek Sebatang Kara Ditemukan Membusuk di Kebun Karet
Sandiaga Uno

Kalteng

Teten Masduki dan Sandiaga Uno Apresiasi Launching Website UMKM dan Pariwisata Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com