Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Cegah Teroris, Gubernur Kalteng Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling

- Apahabar.com Selasa, 18 Juni 2019 - 07:00 WIB

Cegah Teroris, Gubernur Kalteng Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling

Ilustrasi siskamling. Foto-Nalar Politik

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran penangkapan sejumlah terduga teroris di provinsi ini perlu menjadi perhatian seluruh pihak. Ia pun meminta masyarakat ikut menjaga serta memantau keberadaan orang baru di wilayahnya masing-masing.

Masyarakat pun perlu mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) sebagai upaya mencegah masuknya terduga teroris sekaligus meminimalisir terjadinya berbagai ancaman dan bentuk kejahatan lainnya, kata Sugianto seperti ditulis Antara.

“Saya mengapresiasi kesigapan aparat menangkap terduga teroris tersebut. Dan, saya berharap masyarakat juga bisa mengaktifkan siskamling. Ketua-ketua RT juga harus aktif memantau orang-orang baru yang datang ke wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

Menurut orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu, kewaspadaan terhadap bentuk kejahatan bukan hanya tanggungjawab kepolisian dan pemerintah melainkan juga masyarakat. Sebab, kewaspadaan itu wajib dilakukan dari lingkup yang paling kecil dalam hal ini tingkat RT dan RW.

Dia mengatakan masyarakat harus segera melapor misalkan atas hal yang mencurigakan terlebih berpotensi mengancam keamanan lingkungan.

Ia menilai, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) cukup berpengaruh terhadap daya tarik investor ke provinsi ini, mengingat keamanan merupakan salah satu pertimbangan pengusaha untuk melalukan aktivitasnya di suatu daerah.

“Saya ingatkan semua pihak, bupati, wali kota dan sampai di tingkat paling bawah yakni RT harus tetap waspada terhadap potensi bentuk kejahatan. Harus saling dukung menciptakan daerah yang aman,” kata Sugianto.

Mengenai adanya penangkapan 34 orang terduga jaringan teroris oleh Densus 88 dan Polda Kalteng, dirinya mengapresiasi sekaligus mewanti-wanti semua pihak agar semakin waspada. Sebab, kehadiran teroris tersebut dapat mengganggu situasi Kalteng yang sudah kondusif seperti sekarang ini.

“Berkat penangkapan itu, paham radikal di Kalteng bisa ditangkap dan bentuk teror bisa diatasi. Dan, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama melawan segala bentuk teror,” demikian Sugianto.

Baca Juga: 8 Pegawai Lapas Kelas IIB Muara Teweh Naik Pangkat, 1 Purna Tugas

Baca Juga: H Nadalsyah: Rekor Muri Bakar Jagung Diharapkan Memotivasi Petani Barito Utara

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Palangkaraya Keluarkan Surat Edaran Larangan Membakar Hutan dan Lahan
apahabar.com

Kalteng

Empat Wilayah Kalteng Masuk Zona Merah
Sungai Barito Meluap, 63 Sekolah di Barut Terendam Banjir

Kalteng

Sungai Barito Meluap, 63 Sekolah di Barut Terendam Banjir
apahabar.com

Kalteng

Menyusul Peristiwa Bom di Medan, Polsek Teweh Tengah Geruduk Pasar Pondopo
apahabar.com

Kalteng

Setelah Jadi Parkir Mobil, Kini Water Front City Ditempati Becak Mangkal
apahabar.com

Kalteng

Diduga Depresi, IRT Penumpang KM Lawit Nekad Cebur Ke Laut
apahabar.com

Kalteng

Iduladha, Wagub Kalteng Rindu Suasana Silaturahmi
apahabar.com

Kalteng

Sadis, Seorang Pria di Sampit Injak Kucing hingga Mati
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com