Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah

Cerita Wisudawan Asal Vietnam yang Hafal Alquran di Pesantren Al Ihlas Banjarmasin

- Apahabar.com Senin, 17 Juni 2019 - 12:55 WIB

Cerita Wisudawan Asal Vietnam yang Hafal Alquran di Pesantren Al Ihlas Banjarmasin

Pesantren Al Ihlas banjarmasin berhasil mewisuda sebanyak 21 orang santri penghafal Quran. Foto-Muhammad Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Pesantren Al Ihlas yang terletak di Kelurahan Seberang Kecamatan Banjarmasin Tengah berhasil mewisuda sebanyak 21 orang santri penghafal Quran.

Dari sejumlah wisudawan tersebut, satu orang diantaranya merupakan warga negara Vietnam atas nama MAL SOUT alias Mansur yang telah menjadi santri sejak tahun 2014 silam.

Di pesantren tersebut terdapat 22 warga negara asing. Masing-masing 18 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Terbagi dari 12 orang warga negara Kamboja (10 laki-laki dan 2 perempuan), warga negara Malaysia (4 laki-laki dan 2 perempuan).

“Serta 4 orang laki-laki warga negara Vietnam,” ucap Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Dodi Karnida melalui siaran pers, Senin (17/6) pagi.

Semua WNA itu, kata dia, dinyatakan legal atau sah karena masing-masing memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) sebagai pelajar.

Pesantren Al Ihlas adalah salah satu lembaga pendidikan di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menampung pelajar WNA, selain Universitas Lambung Mangkurat dan UIN Antasari Banjarmasin.

Sementara itu, pengelola Pesantren Al Ihlas, Taufiq menyampaikan, wisudawan atas nama Mal Sout alias Mansur asal Vietnam sudah tidak terdaftar lagi di pesantren ini karena dinilai sudah tamat. Akan tetapi, dia datang khusus untuk berhadir dalam acara wisuda tersebut. Beberapa hari ke depan akan kembali ke negara asalnya Vietnam.

“Mansur ini luar biasa. Dia tidak hanya lulus sebagai Tahfidz, penghafal Alquran, tetapi juga menguasai Kitab dan Hadist Bukhori Muslim,” ujar Taufiq yang merupakan pengasuh santriwan/santriwati WNA.

Sekedar diketahui, sebelum wisuda, Dodi bersama beberapa staf lainnya telah mendatangi pesantren Al Ihlas pada 11 Juni 2019 lalu, yaitu dalam rangka pencocokan data WNA dan sekalian silaturahmi setelah hari raya idul fitri 1440H.

Baca Juga: Wisuda dan Tasyakuran Ponpes Darul Amien

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Kunjungi PBNU, Habib Umar Pesan pada Murid-muridnya untuk Aktif di NU
apahabar.com

Habar

Ustadz Somad ke Kalsel dengan Dua Kali Keberangkatan
apahabar.com

Habar

Hari Ini, Masjid Nabawi Dibuka untuk Umum
apahabar.com

Habar

Sempat Ingkari Kerasulan Nabi Muhammad SAW, Filsuf Ini Mendadak Masuk Islam
apahabar.com

Habar

Tak Dibolehkan Salat Jumat Secara Bergelombang, Sekjen MUI Berikan Solusi
apahabar.com

Habar

PCNU Kabupaten Banjar Bentuk “Gerakan Sedekah Tolak Bala”, Ketua: Demi Kemanfaatan Bersama
apahabar.com

Habar

Beri Kuliah di IAID Martapura, Rektor Al Ahgaff: Islam Harus Unggul
apahabar.com

Habar

Lebaran di Tengah Pandemi, MUI Imbau Halal Bihalal Via Online
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com