Kebakaran Jalan Manggis, Los Bedakan Diduga Sengaja Dibakar Sopir di Banjarmasin Setop Logistik ke Palangka Raya, Ada Apa? Resmi, Batola Laksanakan PSBB Jilid Kedua Horee, Insentif Tenaga Medis di Banjarmasin Segera Dibayar Kebakaran Jalan Manggis, Korban Tinggal Baju di Badan




Home Kalsel

Rabu, 26 Juni 2019 - 07:00 WIB

Empat Daerah di Kalsel Dapat Jatah Bintara Pedalaman

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

TNI siap ditugaskan di mana saja. Foto-Okezone.com

TNI siap ditugaskan di mana saja. Foto-Okezone.com

apahabar.com, BANJARMASIN – TNI Angkatan Darat kembali membuka seleksi penerimaan calon Bintara Prajurit Karir tahun 2019. Pada seleksi tahun ini empat daerah di Kalimantan Selatan mendapat jatah kategori Bintara Pedalaman.

Ka Ajenrem 101/Antasari Mayor Caj Armed Eko Purwastoro mengemukakan daerah yang dimaksud, yaitu Hulu Sungai Utara di Kodim 1001/Amuntai, Kabupaten Kotabaru di Kodim 1004/Kotabaru, Kabupaten Tabalong di Kodim 1008/Tanjung dan Kabupaten Tanah Bumbu di Kodim 1022/Tanah Bumbu.

Baca Juga: Pabrik Penggilangan Padi di Jelapat Terbakar

“Tentu ini jadi kesempatan besar bagi putra-putri di empat daerah ini untuk bisa diterima menjadi prajurit TNI AD melalui kategori Bintara Pedalaman yang jadi prioritas,” ucap Eko di Banjarmasin seperti ditulis Antara.

Untuk kuota Kodam VI/Mulawarman, tahun ini sebanyak 150 orang diterima pada Bintara Prajurit Karir. Dimana terbagi menjadi empat golongan yaitu jalur reguler, wilayah pedalaman, unggulan atau prestasi serta wanita (Korps Wanita TNI Angkatan Darat atau Kowad).

Baca juga :  Air Mineral Oke Oce Resmi Beredar di Kalimantan Selatan

Pendaftaran secara online sudah bisa dilakukan peserta dari sekarang di laman https://tniad.mil.id/2019/01/rekrutmen-tni-angkatan-darat-2019/. Namun menurut Eko, yang terpenting daftar ulang dan validasi pada 13 sampai 28 Agustus 2019 di Kodim setempat untuk terus berjenjang ke Ajenrem dan pengecekan awal di Korem pada 2-11 September 2019 hingga tes tingkat daerah dan pusat di Kodam.

Sementara untuk reguler wanita pendataan dimulai 1 Juli 2019. Kemudian dilanjutkan pengecekan awal 5 sampai 16 Agustus 2019 hingga tes tingkat daerah dan pusat di Kodam pada 6-16 September 2019.

“Pembukaan pendidikan baik Bintara pria maupun wanita serentak 30 September 2019,” jelas Eko.

Bagi yang berminat untuk menjadi prajurit TNI AD, Eko pun meminta agar mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh, terutama soal kesehatan dan kondisi fisik yang prima.

Baca juga :  Satu-satunya di Kalsel, SMK Ini Mampu Buat Alat Pengolahan Limbah

“Kesehatan akan dicek luar dan dalam. Kemudian tes jasmani mencakup postur, ketangkasan renang 50 meter, Garjas A lari 12 menit dan Garjas B pull up, sit up, push up dan shuttle run serta tes mental ideologi dan psikologi,” papar Eko lagi, sembari mengingatkan peserta seleksi juga wajib memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif.

Selain Bintara, TNI Angkatan Darat juga membuka penerimaan calon Tamtama gelombang kedua yang daftar ulang dan validasi dimulai 23 September 2019.

Setelah proses seleksi hingga pengujian tahap akhir pada 28 Oktober 2019, peserta yang lulus akan mengikuti pendidikan yang dibuka 25 November 2019.

“Pada penerimaan Tamtama gelombang pertama April lalu, sebanyak 93 orang peserta asal Kalsel lulus dan kini sedang mengikuti pendidikan,” pungkasnya.

Baca Juga: Danrem 101/Antasari Ingin Kemesraan Bersama Insan Pers Berlanjut

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Temukan Pungli, Kompol Fauzan: Segera Lapor
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Pelajar Balap Liar di Banjarbaru Langsung Dibina
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin Mulai Berlaku, Waspadai Lonjakan Orang Miskin Baru
apahabar.com

Kalsel

Mudah, Dokumen Pindah Memilih Bisa Via WhatsApp
apahabar.com

Kalsel

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Legislator Kalsel: Tol di Jawa Sudah Tumpang Tindih
Haji Ijai Turun Tangan, Klaster Gowa Diisolasi di 'Hotel' SSB Binuang

Kalsel

Haji Ijai Turun Tangan, Klaster Gowa Diisolasi di ‘Hotel’ SSB Binuang
apahabar.com

Kalsel

Ubah Pola Kerja Petani Banjar, Begini Cara Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lakukan
apahabar.com

Kalsel

Lestarikan Tradisi Baarak Naga, 2 Putra Daerah Rasakan Sensasi Bergoyang-goyang Menungganginya