16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Ketika Pejabat Pemkot Banjarmasin Rame-Rame Balikan Duit Korupsi KONI

Genjot Industri Wisata, Pemprov Kalsel Sosialisasikan MICE

- Apahabar.com Kamis, 27 Juni 2019 - 13:40 WIB

Genjot Industri Wisata, Pemprov Kalsel Sosialisasikan MICE

Salah satu pariwisata alam Loksado HSS Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata selalu menempati urutan ke-4 atau ke-5 penghasil devisa bagi negara.

Sementara sektor usaha lain seperti minyak, gas, batu bara, karet dan tekstil masih menempati posisi teratas. Meski cenderung menurun, sesuai karakternya sebagai Non-Renewable produk yang diyakini dapat dilampaui oleh sektor dan peluang usaha pariwisata.

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan pun gencar mensosialisasikan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) dan sertifikasi kompetensi pariwisata, lewat bimbingan teknis (bimtek) SDM pariwisata.

“Usaha penyelenggaraan MICE merupakan bagian dari usaha pariwisata yang berkembang karena kebutuhan manusia akan pertemuan semakin meningkat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, H Dahnial Kifli, membuka secara resmi acara yang diselenggarakan di Hotel Jelita Banjarmasin, Kamis (27/6) pagi.

apahabar.com

Pemprov Kalsel mensosialisasikan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) dan sertifikasi kompetensi pariwisata, lewat bimbingan teknis (bimtek) SDM pariwisata, di Hotel Jelita Banjarmasin, Kamis pagi. apahabar.com/Nita

Melalui MICE, Dahnial berharap dapat membuka lapangan kerja dan usaha bagi penyedia kebutuhan pelaksanaan MICE, penyediaan akomodasi, transportasi wisata, perjalanan wisata, penyelenggaraan hiburan serta terkait pariwisata lainnya.

“Agar penyelenggaraan MICE dapat dikelola dengan efektif dan efisien, serta mempu bersaing di era global maka harus ditangani oleh orang yang kompeten dan professional dari level pelaksana hingga manajerial tenaga kerja,” jelasnya.

Visi Pemprov Kalsel 2016-2021 adalah Kalsel Mapan (Mandiri dan Terdepan), lebih sejahtera, berkeadilan, berkelanjutan, berdikari dan berdaya saing.

“Salah satu strategi yang dilakukan dalam upaya mendukung transformasi ekonomi tersebut adalah pengembangan pariwisata unggulan menuju Kalsel sebagai destiansi wisata nasional,” ujarnya.

Kepala Bidang Industri dan Kelembagaan Pariwisata, Hj Jufrida Khairani melaporkan pelaksanaan acara ini mengacu pada UU Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pelaku usaha pariwisata dalam rangka mewujudkan pembangunan kepariwisataan di daerah khususnya pembangunan industri pariwisata di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Dengan tema “Wisata MICE dapat meningkatkan industri pariwisata”. Acara ini diikuti oleh 50 orang yang berasal dari Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota dan para pelaku usaha pariwisata di Kota Banjarmasin. Menjadi narasumber yaitu Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, BPPD Prov Kalsel, dan Dinas Pariwisata Prov Kalsel.

Baca Juga: Di Balik Tenggelamnya Syarifuddin di Sungai Daha Utara, Warga Percaya Hal Gaib

Baca Juga: Mobil Flat Merah Terjaring Razia di Jalan Satu Arah

Reporter: Ahc09
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tiga Pengeroyok Remaja di Tanbu hingga Tewas Masih Buron
apahabar.com

Kalsel

8 Orang Diduga Curi Kabel PJU di Tanbu Diringkus, Polisi Endus Pelaku Lainnya
apahabar.com

Kalsel

Update Haul Guru Sekumpul ke-14; Dihadang Mendung dan Gerimis, Jemaah Terus Berdatangan
apahabar.com

Kalsel

Gerebek Pondok Remang, Satpol PP Temukan Barang Haram
apahabar.com

Kalsel

Si Jago Merah Hanguskan Musala dan Dua Rumah di Banjarmasin Utara, Polisi: Korsleting
apahabar.com

Kalsel

Epidemiologi Kalsel Butuh 2,5 Bulan Lagi untuk Konfirmasi Kasus Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Giliran Normalisasi Sungai Balasung
apahabar.com

Kalsel

Modal Otodidak, Dari Wonosobo Retas Rekening Saldo Pulsa Puluhan Juta di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com