Isi Tuntutan Lengkap Demo #SAVEKPK di Banjarmasin: Pecat Firli hingga Ketua BKN! RESMI! H2D Daftarkan Gugatan Pilgub Kalsel Jilid II ke MK Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Memanas! Aksi #SAVEKPK di Banjarmasin Diwarnai Saling Dorong BREAKING! Banjiri Kamboja Banjarmasin, Massa #SAVEKPK Long March ke DPRD Kalsel

Gubernur Kalsel Sebut Banjir di Tanbu Tidak Termasuk Daerah Usulan Calon Ibu Kota Baru

- Apahabar.com Minggu, 16 Juni 2019 - 14:46 WIB

Gubernur Kalsel Sebut Banjir di Tanbu Tidak Termasuk Daerah Usulan Calon Ibu Kota Baru

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor (pakai topi) ketika memantau banjir di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Foto-Kominfo Tanbu For apahabar.com

apahabar.com, BANJARNASIN – Tempo hari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) disebut-sebut sebagai salah satu wilayah yang dicalonkan Pemerintah Kalimantan Selatan sebagai tempat berpindahnya ibu kota baru pengganti Jakarta, pusat pemerintahan Indonesia sekarang. Namun, bagaimana nasibnya kini, jika ternyata wilayah itu rawan banjir?

Baca Juga: DLH Bantah Degradasi Lingkungan dan Lubang Bekas Tambang Penyebab Utama Banjir di Kalsel

Pemerintah beberapa waktu lalu berencanan memindah ibu kota pemerintah di luar pulau Jawa. Salah satu yang dibidik yakni Kalimantan. Di antara empat provinsi, tiga memiliki hasrat terpilih jadi tempat pusat pemerintah nanti.

Dalam salah satu kriterianya pemerintah menyebut, lokasi yang dipilih rawan bencana, di antaranya banjir. Akan tetapi, situasi itu kini yang terjadi di Tanbu sekarang mengurangi penilaian pemerintah.

Banjir sendiri seperti diketahui melanda beberapa desa di Tanbu dan Kotabaru, setelah hujan deras mengguyur pada Sabtu (08/06/2019) pekan lalu. Di Tanbu sendiri ada tujuh kecamatan yang terdampak banjir. Yakni Kecamatan Kusan Hulu, Mantewe, Karang Bintang, Kusan Hilir, Batulicin, Dungai Loban, dan Satui. Sejumlah aktivitas warga pun lumpuh, bahkan ujian sekolah terpaksa ditunda karena sekolahnya terendam banjir.

Lantas, bagaimana Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menanggapinya? Gubernur yang karib disapa Paman Birin ini tampak pasrah terkait ambisi Kalsel menjadi pusat pemerintahan tersebut. “Ibukota ini kan tergantung nasib kita, di tangan Pak Jokowi, di tanggan presiden, tapi kita siap,” kata Paman ketika di temui usai rapat paripurna dengan anggota DPRD Kalsel, Kamis (13/06/2019) lalu.

Meski demikian, Paman Birin mengungkapkan jika lokasi terdampak banjir sekarang tidak termasuk wilayah yang dicalonkan sebagai ibu kota pemerintahan baru yang diusulkan ke pemerintah. Lantas di mana lokasi yang diusulkan?

Paman Birin pun awak media agar menanyakan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Eenergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) provinsi. “Saya pikir (daerah terdampak banjir) tidak termasuk dalam daerah yang kita cadangkan, daerah kita stabil,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fazar Desira menjelaskan, lahan seluas 300 ribu hektare yang diusulkan ke pemerintah pusat guna mendukung rencana pemindahan ibu kota negara tidak tepat berada di tengah banjir. “Jadi aman saja,” ujar mantan kepala Bappeda Banjarmasin ini.

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan lokasi dimaksud. Kini, pihaknya masih menunggu informasi terbaru terkait perkembangan pemindahan ibu kota pemerintahan ke Tanbu.

Baca Juga: Tiga Wilayah Kalsel Masih Terancam Banjir, Ada Dua Faktor Penyebab Menurut BPBD Erat Kaitannya

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penurunan Signifikan Hotspot di Kalsel
Peta Zonasi Corona

Kalsel

Peta Zonasi Corona Banjarmasin Mendadak Hilang, Pakar Covid-19 Angkat Bicara
Bupati

Kalsel

Berani Gelar Hiburan Nataru, THM di Tanbu Bakal Ditutup Permanen
apahabar.com

Kalsel

Tensi Hujan Mulai Turun
apahabar.com

Kalsel

Canangkan Minggu Bersih, Warga Perum Kersik Putih Indah Bagi-Bagi Doorprize 
apahabar.com

Kalsel

Kampoeng Bamboe, Dibalik Cerita Namanya Jadi Tempat Wisata di HST
apahabar.com

Kalsel

Hindari Penyebaran Covid-19, 12 Pasar di Batola Tutup Sementara
apahabar.com

Kalsel

Bos Martabak Ini Resmi Nahkodai HIPMI Kotabaru, Intip Programnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com