Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Habib Luar Batang, Sosoknya Masyhur Seantero Nusantara

- Apahabar.com Minggu, 30 Juni 2019 - 11:26 WIB

Habib Luar Batang, Sosoknya Masyhur Seantero Nusantara

Makam Habib Husein Luar Batang tempo dulu. Foto-Net

Ahya Firmansyah, BANJARMASIN

Habib Husein Bin Abu Bakar Alaydrus atau lebih di kenal Habib Luar Batang lahir di Hadhramaut dan wafat pada umur lebih dari 30 tahun atau di bawah umur 40 tahun. Beliau adalah salah satu ulama besar yang dipercaya mencapai derajat waliyullah.

Habib Husein atau Habib Luar Batang dijuluki demikian dikarenakan pada saat beliau wafat dan hendak dikuburkan di sekitar Tanah Abang. Namun  tiba-tiba, jenazahnya sudah tidak ada di dalam “kurung batang”.

Hal tersebut berlangsung sampai tiga kali. Akhirnya para jamaah kala itu bermufakat untuk memakamkan beliau di tempatnya sekarang ini. Jadi maksudnya, keluar dari “kurung batang”.

Masjid Jami Keramat Luar Batang sering didatangi peziarah dari berbagai pelosok tanah air.

Pada 2016, kawasan di sekitar Masjid Luar Batang sempat diterpa wacana penggusuran oleh Pemprov DKI Jakarta. Namun wacana tersebut ditentang oleh Yusril Ihza Mahendra, seorang pengacara kondang yang juga pakar hukum tata negara. Menurut Yusril, tanah Luar Batang yang hendak digusur Pemprov DKI itu adalah sah sebagai tanah milik warga dan hak kepemilikan mereka atas tanah tersebut dilindungi undang-undang.

Yusril juga berkilah bahwa negara tidak memiliki tanah, melainkan hanya menguasai. Karenanya, pemerintah tidak bisa secara sepihak melakukan penggusuran dengan dalih atas nama negara. Pernyataan yang sama juga disampaikan Yusril ketika membela warga Bidara Cina dari penggusuran yang dilakukan oleh Pemprov DKI, sehingga mereka berhasil memenangkan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Bagi masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya, dan Banjarmasin pada khususnya sangat mengenal sosok Habib Luar Batang dari manaqib yang dikisahkan baik para ulama tanah Banjar maupun penceramah.

Kisah sosok kewaliannya telah menumbuhkan kecintaan umat yang ada di Kalsel. Hal ini disebabkan karakteristik masyarakat Kalsel yang agamis dan mencintai para ulama.

Penulis pernah berkesempatan berziarah ke makam yang berada di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Tidak sedikit peziarah yang datang ke makam yang dianggap umat muslim sebagai makam seorang Waliyullah (Wali Allah, red).

Peziarah yang datang bukan hanya dari wilayah Jakarta saja, namun juga dari daerah luar pulau Jawa, termasuk Kalsel.

Bagi masyarakat Kalsel, datang berziarah ke makam Habib Luar Batang menjadi momen mencari keberkahan, banyak para pedagang asal Banjarmasin yang menyempatkan datang ke makam Habib Luar Batang sesaat sebelum membeli barang dagangan di Pasar Tanah Abang.

Habib Husein sendiri dikenal sebagai salah seorang tokoh penentang Kolonial Belanda di kawasan Sunda Kelapa. Karena sikapnya tersebut, ia sempat merasakan kehidupan penjara. Habib Husein wafat di Batavia (Jakarta, red) 24 Juni 1756 Masehi  bertepatan 17 Ramadhan 1169 Hijriyah dalam usia yang relatif masih muda, yaitu kurang dari empat puluh tahun.

Pada hari ini, Minggu (30/6/2016) malam, digelar peringatan haul Habib Husein Luar Batang yang ke 271 di Kubah Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

apahabar.com

Penulis, saat berziarah ke makam Habib Husein.
Foto-istimewa

Baca Juga: Masjid Keramat Palajau, Bukti Kejayaan Kerajaan Demak 

Baca Juga: Karomah Datu Amin, Tak Terlihat Saat Hendak Dibunuh

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sirah

Ini ‘Kesaktian’ Tuan Guru Bangil yang Dikagumi Guru Tuha
apahabar.com

Religi

Sirah Nabawi (1): Nasab dan Keluarga Rasulullah SAW

Sirah

Inilah Masjid Terkecil di Kalimantan Selatan
apahabar.com

Religi

Indahnya Akhlak Rasulullah SAW, Melupakan Permusuhan Ikrimah bin Abu Jahal
apahabar.com

Sirah

Tuan Guru Husin Ali dan Kebiasaannya Membasuh Uang
apahabar.com

Religi

Mengintip Rambut Rasulullah SAW dari Berbagai Hadis
apahabar.com

Sirah

Menjelang Wafat, Tuan Guru Husin Ali Kembali Berlaku Ganjil
apahabar.com

Sirah

Hendak Menikah? Kenali Dulu 2 Jenis Mahar dalam Islam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com