Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif

Inisiatif Indonesia Kembali Sukses Gelar Asian Festival di Bulgaria

- Apahabar.com Senin, 17 Juni 2019 - 09:28 WIB

Inisiatif Indonesia Kembali Sukses Gelar Asian Festival di Bulgaria

Kemeriahan Asian Festival di Bulgaria, Booth Indonesia ramai didatangi pengunjung. Foto-Dokumen Pensosbud KBRI Sofia, Bulgaria

apahabar.com, BULGARIA – Kepemimpinan Indonesia di bidang budaya di Bulgaria ditunjukan dengan suksesnya menggelar inisiatif acara Asian Festival yang sudah dilaksanakan berturut-turut selama tiga tahun terakhir.

Asian Festival 2019 yang bertema “Keajaiban dari Timur di Sofia Bulgaria” digelar pada weekend tanggal 15 Juni 2019 di taman terbesar Kota Sofia, Borisova Garden.

Festival tersebut diikuti 16 negara; China, India, Indonesia, Iran, Iraq, Japan, Palestine, Pakistan, Saudi Arabia,  Kuwait, Korea Selatan, Philippines, Thailand, United Arab Emirates, Bangladesh, dan Vietnam.

“Inisiatif Indonesia sejak tahun 2017 semakin besar tiap tahunnya dan dihadiri lebih banyak ekhibitor dan pengunjung. Diperkirakan tahun ini sebanyak 12 ribu pengunjung dari Kota Sofia dan sekitarnya hadir untuk menikmati berbagai tampilan budaya, seni bela diri, musik,kerajinan, produk, kuliner, pameran pariwisata dan berbagai hal lainnya,” jelas Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul pada siaran persnya untuk apahabar.com, Senin (17/6/2019).

Acara ini  mendapat dukungan penuh Pemerintah Bulgaria dan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Bulgaria.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Bulgaria menyampaikan pentingnya untuk mengenal Asia bagi Bulgaria. Kebudayaan menurutnya telah membuka batas-batas yang tidak mampu dilakukan oleh diplomasi antar pemerintah.

apahabar.com

Duta Besar RI Sofia Sri Astari Rasjid menyerahkan tumpeng pada Wakil Presiden Bulgaria. Foto-Dokumen Pensosbud KBRI Sofia, Bulgaria

Lebih lanjut Duta Besar RI Sofia, Sri Astari Rasjid, sebagai pemimpin kegiatan ini menyampaikan, bahwa tujuan festival tersebut untuk memperkenalkan Asia ke Bulgaria. Festival ini juga memperkenalkan keanekaragaman budaya, menyatukan berbagai perbedaan dan membawa perdamaian.

Selain membawa Asia lebih dekat ke Bulgaria, diharapkan dengan semakin dekatnya hubungan Asia dan Bulgaria maka akan membuka juga peluang kerja sama yang lebih besar di bidang kebudayaan, pariwisata, dan perdagangan.

“Berbagai negara Asia menampilkan berbagai kebudayaan dari tarian, seni bela diri, musik tradisional, sampai music pop Korea (K-Pop). Tidak lupa berbagai jenis kuliner, kerajinan, dan suvernir di booth negara masing-masing juga tersedia,” terang Nurul.

Bukan Cuma menyaksikan, pengunjung juga diajak  berpartisipasi di wilayah Green Zone untuk belajar tari Korea, tari India, dan Yoga serta workshop corner tempat anak-anak mengenal mainan tradisional Asia, belajar kaligrafi, membuat batik, bermain congklak, dan lain-lain.

“Di Booth Indonesia, ditampilkan berbagai produk handicraft, tahu, tempe, makanan tradisional, kopi, serta berbagai produk Indonesia yang ada di pasar Bulgaria. Makanan dan barang yang dijual laris manis dibeli pengunjung,” ungkapnya.

Booth ini, lanjutnya, dihias dengan berbagai ornament tradisional dan display foto destinasi wisata Indonesia. Di panggung utama, Indonesia menampilakan berbagai pertunjukan budaya nusantara mulai dari Sumatera, Sulawesi, hingga Bali.

Selain itu, juga diperkenalkan permainan anak-anak, seni batik, angklung, dan tari melalui workshop dan permainan.

Kegiatan Asian Festival ini juga memiliki misi kemanusiaan, dengan membeli tiket pengunjung dapat mencoba keberuntugan untuk mendapatkan sekitar 50 hadiah menarik, dengan salah satu hadiah berupa tiket penerbangan untuk dua orang ke destinasi pilihan di Asia, hasil penjualan tiket ini kemudian akan didonasikan melalui NGO Bulgaria untuk membantu anak-anak usia dini di Bulgaria dan mencegah penelantaran anak.

“Melalui kegiatan Asian Festival 2019 ini, Indonesia berhasil menunjukan eksistensinya di bidang kebudayaan di Bulgaria selama tiga tahun berturut-turut,” tegasnya.

Acara Festival ini menjadi semakin besar tiap tahunnya terbukti dengan semakin meningkatnya antusiasme pengunjung dan lebih banyaknya negara yang berpartisipasi. Indonesia juga membantu Palestina dengan dukungan dana keikutsertaan dalam acara ini.

“Palestina juga memanfaatkan acara ini untuk mempromosikan perjuangan mereka melalui misi budaya,” katanya.

Keberhasilan acara ini juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang menerbangkan pelatih dan pengerajin Bali untuk acara ini, serta dukungan dari Kementerian Pariwisata dalam memberikan materi promosi Nusantara.

apahabar.com

Kemeriahan Asian Festival di Bulgaria, Booth Indonesia ramai didatangi pengunjung. Foto-Dokumen Pensosbud KBRI Sofia, Bulgaria

Baca Juga: Wonderful Indonesia Semarakkan Piala Dunia Wanita 2019 Perancis

Baca Juga: Gagas Toko Indonesia di Sebatik, Daerah Alokasikan Rp 8,5 M

Baca Juga: Cerita Dai Indonesia Ramadan di Macau

Baca Juga: Pemanjat Indonesia Juara Dunia di China

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ratusan Hektare Sawah di Tanah Bumbu Terendam, Petani Menjerit
apahabar.com

Nasional

Rumor Kim Jong Un Meninggal Dunia Mengemuka
apahabar.com

Nasional

Polri Angkat Bicara Soal Viral Pria Ditilang di Puncak
apahabar.com

Nasional

40 Ribu Hektar di Pegunungan Meratus Bakal Diusulkan Hutan Adat
apahabar.com

Nasional

BPOM Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius Saat Uji Vaksin Covid-19
apahabar.com

Nasional

Divonis 3 Bulan Penjara, Vanessa Anggel: Pikir-pikir Dulu
apahabar.com

Nasional

Tanggulangi Covid-19, BPP Hipmi Bantu Ribuan Masker Sensi
apahabar.com

Nasional

Kerusuhan Wamena, Polri: 23 Meninggal Dunia dan 77 Orang Luka-luka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com