Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Jelang Pilwali 2020, Bawaslu Banjarmasin Akan Fokus pada Netralitas ASN

- Apahabar.com Rabu, 19 Juni 2019 - 20:55 WIB

Jelang Pilwali 2020, Bawaslu Banjarmasin Akan Fokus pada Netralitas ASN

Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar. Foto – apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin akan lebih memfokuskan pengawasan pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020 mendatang terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Hal itu dikarenakan tak menutup kemungkinan dua tampuk pimpinannya saat ini, yakni Wali Kota Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Hermansyah sama-sama akan berencana maju pada Pilwali mendatang.

Dikatakan Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar, rencana dua petahana untuk maju pada Pilwali menjadi sorotan serius. Pasalnya, sebagai pemimpin segala fasilitas dapat digunakan karena keistimewaan menjadi petahana.

“Kami akan lakukan langkah pengawasan menghindari adanya pengerahan ASN untuk memilih petahana. Ini harus diantisipasi sejak dini karena tidak cuma satu, tapi ada dua petahana yang akan berencana maju pada Pilwali mendatang,” ujar Yasar kepada apahabar.com, Rabu (19/6).

Sebagai petahana, memang diuntungkan karena masih melekatnya jabatan dan segala fasilitas yang dapat mendukung untuk bisa dipakai pada saat kampanye.

“Jangan sampai nanti petahana mencoba memanfaatkan fasilitas yang ada untuk berkampanye,  apalagi sampai mengarahkan ASN agar memilih dirinya. Ini yang akan coba kami fokus pada hal itu,” ungkapnya.

Tak cuma netralitas ASN, Bawaslu juga akan tetap serius menindak jika nanti ada dari para calon daerah yang melakukan politik uang.

“Berkaca pada Pileg dan Pilpres, daerah rawan politik uang di Banjarmasin masih sama. Sehingga langkah-langkah pengawasan yang akan kami lakukan nanti akan sama, mungkin lebih diperketat lagi. Hal ini agar bisa mencegah, jika tidak bisa, setidaknya mengurangi tindak perilaku politik uang,” kata Yasar.

Baca Juga: Tatap Pilwali Banjarmasin 2020, Hermansyah Mantap Calonkan Diri

Baca Juga: Temui Sekda, Bawaslu Bahas Usulan Dana Pengawasan Pilwali Banjarmasin

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bobol Toko Ponsel di Jalan HKSN, Pria Sungai Andai Ditangkap Polisi
apahabar.com

Kalsel

Bantu Tenaga Medis, Kompas Tapin Sumbangkan Masker dan APD
apahabar.com

Kalsel

Diterpa Isu Joki, Camat di Banjarmasin Terancam Sanksi
apahabar.com

Kalsel

Kubah Dingin Luluh Lantak Diterjang Api, Kerugian Capai Miliaran
apahabar.com

Kalsel

Serahkan Formulir ke Nasdem, Saidi Lirik Ulama dan Birokrat
apahabar.com

Kalsel

Fraksi PKS DPRD Banjarmasin Sisihkan Gaji Lawan Corona
apahabar.com

Kalsel

Usulan Raperda Pemda Direspon Positif Seluruh Fraksi DPRD Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi KTB di HST, Kapolda Kalsel Terpukau dengan Penanganan Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com