PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus Jelang Piala AFF 2021, Evan Dimas Tetap Kapten Timnas Indonesia

Jelang Pilwali 2020, Bawaslu Banjarmasin Akan Fokus pada Netralitas ASN

- Apahabar.com     Rabu, 19 Juni 2019 - 20:55 WITA

Jelang Pilwali 2020, Bawaslu Banjarmasin Akan Fokus pada Netralitas ASN

Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar. Foto – apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin akan lebih memfokuskan pengawasan pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020 mendatang terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Hal itu dikarenakan tak menutup kemungkinan dua tampuk pimpinannya saat ini, yakni Wali Kota Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Hermansyah sama-sama akan berencana maju pada Pilwali mendatang.

Dikatakan Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar, rencana dua petahana untuk maju pada Pilwali menjadi sorotan serius. Pasalnya, sebagai pemimpin segala fasilitas dapat digunakan karena keistimewaan menjadi petahana.

“Kami akan lakukan langkah pengawasan menghindari adanya pengerahan ASN untuk memilih petahana. Ini harus diantisipasi sejak dini karena tidak cuma satu, tapi ada dua petahana yang akan berencana maju pada Pilwali mendatang,” ujar Yasar kepada apahabar.com, Rabu (19/6).

Sebagai petahana, memang diuntungkan karena masih melekatnya jabatan dan segala fasilitas yang dapat mendukung untuk bisa dipakai pada saat kampanye.

“Jangan sampai nanti petahana mencoba memanfaatkan fasilitas yang ada untuk berkampanye,  apalagi sampai mengarahkan ASN agar memilih dirinya. Ini yang akan coba kami fokus pada hal itu,” ungkapnya.

Tak cuma netralitas ASN, Bawaslu juga akan tetap serius menindak jika nanti ada dari para calon daerah yang melakukan politik uang.

“Berkaca pada Pileg dan Pilpres, daerah rawan politik uang di Banjarmasin masih sama. Sehingga langkah-langkah pengawasan yang akan kami lakukan nanti akan sama, mungkin lebih diperketat lagi. Hal ini agar bisa mencegah, jika tidak bisa, setidaknya mengurangi tindak perilaku politik uang,” kata Yasar.

Baca Juga: Tatap Pilwali Banjarmasin 2020, Hermansyah Mantap Calonkan Diri

Baca Juga: Temui Sekda, Bawaslu Bahas Usulan Dana Pengawasan Pilwali Banjarmasin

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Mendagri Resmikan PKN GNRM di Kalsel

Kalsel

Bantah Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Hiswana Migas Kalsel Beri Penjelasan
apahabar.com

Kalsel

Kisah Tragis di Loksado: Sekeluarga Tewas beserta Bayi dalam Kandungan
apahabar.com

Kalsel

Tes CPNS 2019 dan Jimat Keberuntungan
apahabar.com

Kalsel

Beredar Calon Legislator Lolos ke DPRD Banjarmasin, Intip Nama-namanya
apahabar.com

Kalsel

Diguyur Hujan, Kalsel Juga Berpotensi Kabut Asap
apahabar.com

Kalsel

Malam Idul Fitri, Ingat Imbauan BPBD Banjarmasin  
apahabar.com

Kalsel

Sudah 50 Penderita DBD di Kabupaten Banjar, Dinkes: Ini Ancaman Real
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com