MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Karya Nyata Pemuda Baruh Bahinu Binjai, Sulap Danau Jadi Objek Wisata

- Apahabar.com Selasa, 18 Juni 2019 - 17:05 WIB
  • apahabar.com, BALANGAN – Pemuda Desa Baruh Bahinu Binjai Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan mampu menoreh prestasi menyulap dana menjadi objek wisata. Karya nyata itu hendaknya menjadi inspirasi pemuda lainnya di Bumi Sanggam.

    Memang menggarap danau, pemuda bekerja sama dengan unsur TNI, Forum Komunitas Hijau serta pihak kecamatan akhir 2018 lalu. Hingga akhirnya danau yang semula tidak manfaat selain menjala ikan, kini sudah menjadi objek wisata alami bernama Baruh Bahinu Binjai Bersinar.

    Sejak objek wisata itu dibuka, menjadi incaran wahana rekreasi masyarakat Balangan, bahkan juga masyarakat kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Tabalong, Barabai juga Amuntai.

    Kepala Desa Baruh Bahinu Binjai, Husni Thambrin Spd.i , menerangkan, sejak akhir 2018 lalu hingga Juni 2019 ini sudah ribuan wisatawan lokal maupun non lokal berdatangan ke desanya.

    Kedatangan wisatawan ini tentunya saja berimbas pada perekonomian warga sekitar lokasi wisata. Tentunya ini menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) baik tiket masuk, parkir juga sewa fasilitas hiburan seperti naik perahu mesin dan sarana itik terapung.

    “Untuk pembagiannya, kita sudah buat Perdes yakni 50 persen untuk pengelola, 30 persen untuk operasional dan 20 persen untuk PAD,” kata Husni Thambrin.

    Diterangkannya, objek wisata ini pada mulanya hanya berupa danau alami yang  hanya ditumbuhi eceng gondok. Kemudian menjadi percobaan pemanfaat eceng gondok tersebut diolah menjadi bio gas. Namun kurang mendapatkan manfaat.

    Akhirnya melalui hasil rapat pemuda karang taruna disepakati untuk disulap menjadi objek wisata dengan modal yang dianggarkan melalui BUMDes.

    “Pertama kita mengadakan dua unit sarana hiburan itik terapung serta  satu unit perahu mesin, kemudian kita tambah lagi empat itik terapungnya, selain itu juga kami mendirikan spot foto seperti menara dengan ketinggian puluhan meter sehingga memudahkan wisatawan dalam mengambil foto untuk mengabadikannya,”kata Husni.

    Imbas dari keberadaan objek wisata ini sangat positif, diantaranya perekonomian warga sekitarnya menjadi hidup, perbaikan perekonomian pihak pengelola juga yang pasti desa sudah mendapatkan PAD puluhan juta rupiah.

    Kelebihan objek wisata ini karena Danau nya alami, luas, juga ada kuliner nya sehingga wisatawan yang datang tidak perlu takut kelaparan, juga pemandangannya asri apalagi menjelang matahari tenggelam, akan semakin menambah keindahan dan memanjakan para pengunjung.

    Dalam waktu dekat pihaknya akan mendirikan rumah makan terapung, dimana wisatawan bisa menikmati makan sambil menikmati tiupan angin ditengah – tengah danau .

    Icha, salah satu pengunjung wisata alam Baruh Bahinu Binjai Bersinar berasal dari Kecamatan Awayan memaparkan, dirinya cukup nyaman dan terhibur dengan suasana karena bisa menikmati pemandangan alam.

    Hanya dengan merogoh kocek Rp10 ribu hingga Rp15 ribu, ia sudah bisa berkeliling dana menggunakan Itik Terapung atau dengan perahu mesin.

    Harapannya agar danaunya semakin diperluas juga penambahan beberapa spot foto, sehingga bisa semakin menarik perhatian wisatawan.

    Baca Juga: Siap Tempur di Pilkada Balangan, Setumpuk PR untuk Ansharudin

    Baca Juga: 30 Pemain Lokal Disiapkan PS Balangan Hadapi Liga 3

    Editor: Syarif

    Editor: Redaksi - Apahabar.com

    Share :

    Baca Juga

    apahabar.com

    Kalsel

    Hari Tani Nasional, Panen Sayur Serentak di Pekarangan Pangan Lestari Banjarbaru
    apahabar.com

    Kalsel

    Warga Rejowinangun Kesulitan Air, BPBD Tanbu Sebut Belum Terima Laporan dari Camat dan Kades
    apahabar.com

    Kalsel

    Dugaan Penimbunan BBM di Batola, Pertamina: Jangan Salahgunakan Solar Subsidi!
    apahabar.com

    Kalsel

    Demi Pilwali Banjarmasin, Kadis PUPR Siap Pensiun Dini!
    Apahabar.com

    Kalsel

    86 Anggota Polres Banjar Tes Psikologi Senjata Api
    apahabar.com

    Kalsel

    Bukan Gertak Sambal, Habib Banua Resmi Polisikan Adhariani !
    apahabar.com

    Kalsel

    Safari Religi, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan Kunjungi Ponpes Nurul Muttaqin Amuntai
    apahabar.com

    Kalsel

    Heboh, Ular Sanca Kembang Masuk Rumah
    error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com