Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Kebakaran Lahan Mulai Melanda Kotim Kalteng

- Apahabar.com Minggu, 30 Juni 2019 - 05:44 WIB

Kebakaran Lahan Mulai Melanda Kotim Kalteng

Petugas memadamkan kebakaran lahan di Jalan Walter Hugo Kelurahan Baamang Barat, Sabtu (29/6/2019). Foto – Antara/Istimewa

apahabar.com, SAMPIT – Kebakaran lahan mulai melanda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), seiring berkurangnya curah hujan dalam sepekan terakhir sehingga membuat lahan kering mudah terbakar.

“Hari ini kami memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di tanah yang luasnya sekitar 50×100 meter dengan luas terbakar bawah (dalam tanah) sekitar 20×10 meter,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim, Rihel di Sampit, seperti dilansir Antara, Sabtu (29/6/2019).

Baca Juga: Kebakaran Lahan Mulai Marak di Palangka Raya

Kebakaran itu terjadi di Jalan Walter Hugo Kelurahan Baamang Barat Kecamatan Baamang. Lokasi lahan kosong yang terbakar itu masih lingkup kawasan dalam Kota Sampit.

Satu regu pemadam kebakaran beranggotakan delapan personel langsung diterjunkan ke lokasi kebakaran setelah ada laporan masyarakat. Meski yang terbakar merupakan lahan kosong berupa ilalang, namun kejadian ini disikapi dengan cepat agar kebakaran tidak sampai meluas.

Petugas Pemadam Kebakaran bersama Manggala Agni harus berjibaku memadamkan api di tengah cuaca terik. Tebalnya asap kebakaran sempat menjadi kendala upaya petugas namun kemudian itu bisa diatasi dengan penguasaan teknik pemadaman oleh personel pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lapangan.

Kejadian ini membuat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi meningkatnya kebakaran lahan karena intensitas hujan mulai berkurang.

Kotim termasuk daerah yang sangat rawan kebakaran lahan karena luasnya sebaran gambut tebal. Tahun 2015 lalu kebakaran lahan dan kabut asap sangat parah melanda kabupaten ini sehingga mengganggu aktivitas masyarakat, perekonomian, transportasi, pendidikan dan kesehatan.

Kebakaran lahan gambut sangat sulit dipadamkan karena membakar hingga ke dalam tanah meski di permukaan terlihat padam. Pemadaman harus dilakukan berulang-ulang agar api benar-benar padam.

“Lokasi kebakaran yang kami padamkan hari ini, sebelumnya juga pernah terbakar. Kebakaran lahan gambut memang sulit dipadamkan. Sampai pukul 14.30 WIB ini kami masih melakukan pendinginan untuk memastikan agar api di dalam tanah benar-benar padam,” kata Rihel.

Sementara itu, Pemkab Kotim mengambil langkah dini pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, sebelum kebakaran hutan dan lahan meningkat.

Sekretaris Daerah yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotim, Halikinnor telah mengundang seluruh instansi terkait untuk mengikuti rapat koordinasi penetapan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan.

Rapat yang akan dilaksanakan pada Selasa (2/7/2019) itu rencananya juga sekaligus membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Kotim.

Baca Juga: Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan Pemprov Kalteng

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Mobil Nyelonong ke Parit, Anak Pramuka Bergelimpangan di Semak-Semak
apahabar.com

Kalteng

Tanggapi Berita Medsos, Anggota Dewan Barut Bantah Hasil Tes Reaktif
apahabar.com

Kalteng

Bayi Tewas Dalam Kantong Plastik di Teweh Selatan Ternyata Dibunuh Ibunya Sendiri
Covid-19

Kalteng

Tenaga Kesehatan di Kapuas Wajib Vaksin, Berikut Rinciannya
apahabar.com

Kalteng

Bantah Usul Tambah Anggaran, KPU Kalteng Maksimalkan Sesuai NPHD
apahabar.com

Kalteng

Empat Rumah di Desa Bintang Ninggi Barut Terbakar, Seorang Kakek Nyaris Terpanggang
apahabar.com

Kalteng

Di Tengah Pandemi, Latihan Perdana Balap Motor Kapuas Resmi Dimulai
apahabar.com

Kalteng

Dinas Perikanan Kapuas Kalteng Salurkan Puluhan Ribu Benih Papuyu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com