VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Kemenag Kalsel Pantau Hilal Melalui Metode Hisab Rukyat

- Apahabar.com Senin, 3 Juni 2019 - 19:33 WIB

Kemenag Kalsel Pantau Hilal Melalui Metode Hisab Rukyat

Badan Hisab Rukyat Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pemantauan hilal menjelang bulan Syawal 1440 H di Lantai 7 Bank Kalsel, Senin (03/6) sore. Foto-AHC09 for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Hisab Rukyat Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pemantauan hilal menjelang bulan Syawal 1440 H di Lantai 7 Bank Kalsel, Senin (03/6) sore.

Penetapan dilakukan melalui dua metode yaitu perhitungan astronomi (hisab) dan secara langsung (rukyat). Dari hasil pengamatan secara langsung yang dipimpin oleh Kepala Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, H. Noor Fahmi,  belum dapat diketahui titik hilal dikarenakan faktor cuaca.

“Kita belum bisa melihat kondisi tentang keadaannya, terbenamnya matahari atau terbitnya bulan belum kelihatan karena tertutup oleh awan,” ucap H. Noor Fahmi kepada awak media.

Meskipun terkendala faktor cuaca, ia mengatakan Kemenag tetap akan melaporkan hasil pantauan kepada pemerintah pusat yaitu tim yang akan melaksanakan sidang isbat pada hari ini.

“Hasil sidang isbatlah yang akan memutuskan jatuhnya 1 syawal,” katanya

Dari hasil laporan yang disampaikan Tim Badan Hisab Rukyat, Rahman Helmi, berdasarkan kriteria Imkanurrukyat MABIMS yang digunakan oleh pemerintah republik Indonesia, maka kondisi hilal pada hari ini tidak terpenuhi sehingga secara hisab maka 1 Syawal 1440 H bertepatan dengan hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019.

“Posisi bulan saat ini masih dibawah ufuk, kemudian selisih kemiringan antara matahari dan bulan adalah 3 derajat. Lalu usia bulan masih 17 menit yang seharusnya 8 jam. Dari keseluruhan kriteria lainnya juga masih belum memenuhi,” sebut Rahman.

Badan Hisab Rukyat terdiri dari Kementrian Agama, Pengadilan Tinggi Agama, UIN ANtasari, Majelis Ulama Indonesia, dan sejumlah Organisasi-Organisasi Islam lainnya.

Baca Juga: Hari Raya Idul Fitri 1440 H Jatuh 5 Juni 2019

Baca Juga: Pemudik Via Bandara Syamsudin Noor Dapat Tasbih dari Kapolda Kalsel

Reporter: AHC09
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jika Kalsel Jadi Ibu Kota Negara, Mayjen TNI Subiyanto: Kami Siap!
apahabar.com

Kalsel

Lima Raperda Banjarmasin Belum Disahkan
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Karhutla, Polsek Belawang Sosialisasi Maklumat Kapolda Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Ini Usaha MAPPI Meningkatkan Kualitas Penilai
apahabar.com

Kalsel

Baru Dilatih Membatik Sasirangan, Kelompok Ibu-ibu Kebanjiran Orderan
apahabar.com

Kalsel

Harapkan Kemajuan Olahraga di Kalsel, FKIP UNISKA Gelar Kuliah Umum
apahabar.com

Kalsel

Ultah, Bos BKW Bangun Musala ‘Tajerian Noor’ di Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Gabungan LSM Desak Copot Kepala Dinas ESDM Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com