3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Lonjakan Pemudik Balikpapan-Mamuju Jadi Atensi

- Apahabar.com Rabu, 5 Juni 2019 - 18:05 WIB

Lonjakan Pemudik Balikpapan-Mamuju Jadi Atensi

Kehabisan tiket, puluhan pemudik Balikpapan-Mamuju menyesaki kawasan Pelabuhan Kariangau, Balikpapan Barat. Foto-IDNTIMES Kaltim

apahabar.com, SAMARINDA – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kaltim Salman Lumoindong memastikan arus mudik lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar. Hanya saja, membeludaknya pemudik Balikpapan-Mamuju sempat jadi perhatian.

“Alhamdulillah pelaksanaan arus mudik lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar. Baik menggunakan angkutan umum sungai, laut, udara maupun penyeberangan cukup kondusif. Artinya sampai saat ini tidak ada gejolak yang berarti,” kata Salman Lumoindong usai mengikuti Salat Id di Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda, pagi tadi, dikutip apahabar.com dari laman resmi Pemprov Kaltim.

Penumpukan penumpang di penyeberangan menuju Mamaju di Kariangau Balikpapan, kata Salman, berkaitan dengan tampung.

Tetapi hal itu sudah diantisipasi dengan tambahan dua kapal lagi sehingga total tiga kapal khususnya armada penyebrangan.

“Ke depan, jalur dari Balikpapan menuju Mamaju arus mudik cukup besar. Kondisi ini menjadi perhatian kita dengan melakukan antisipasi terhadap lonjakan penumpang,” tandasnya.

Sementara untuk jalur mudik lainnya di Kaltim, menurut Salman cukup kondusif. Termasuk untuk angkutan udara masih stabil.

“Angkutan laut kita terbantu dengan adanya bantuan kapal TNI yang mengangkut penumpang gratis menuju Surabaya. Angkutan darat dari laporan kita terima cukup kondusif dan tidak ada masalah sampai hari ini,” ungkap Salman.

Untuk arus balik lebaran, Pemprov Kaltim melakukan antisipasi pada H+2 di posko-posko yang dibangun dengan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, Dinas perhubungan kabupaten/kota, Dinas PUPR serta Dinas Kesehatan agar terus memantau arus balik pasca lebaran nanti.

Melonjaknya jumlah penumpang kapal di sana, dikutip dari IDNTimes.com, membuat banyak calon penumpang yang ingin mudik tak mendapatkan tiket.

Baca Juga: Kaltim Siapkan Ribuan Armada, Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

Baca Juga: Kapolda Kalteng: Pemudik Diminta Waspadai Jalur Rawan

Baca Juga: Mudik Lebaran 2019, Penumpang Pesawat di Kaltara Turun

Baca Juga: Antisipasi Mudik, Terminal Pal 6 Perbanyak Angkutan Antar Provinsi

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Tim Medis Nyatakan Wagub Kaltim Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Masih Bergantung Migas dan Batu Bara, Sampai Kapan?
apahabar.com

Kaltim

Pasca-Rusuh, Penajam Mulai Bangun Ulang Rumah Terbakar

Kaltim

Demo Pabrik Semen Ricuh, Polisi dan Mahasiswa Sama-Sama Dilarikan ke RS
apahabar.com

Kaltim

BPJS Naik, Pemerintah PPU Tetap Gratiskan untuk Masyarakat
apahabar.com

Kaltim

PPU Bersinar, 100 Keluarga Dapat Bantuan PHM
apahabar.com

Kaltim

Lagi, Pemprov Kaltim Bakal Resmikan 2 Pembangkit Listrik Tenaga Surya
apahabar.com

Kaltim

Dugaan Suap Bupati Kutim dan Istri: KPK Panggil Puluhan Saksi, ASN hingga Pengurus KNPI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com