Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D

Maju Pilgub Kalsel, Khairul Saleh Mantap di Jalur Independen?

- Apahabar.com Sabtu, 8 Juni 2019 - 18:17 WIB

Maju Pilgub Kalsel, Khairul Saleh Mantap di Jalur Independen?

Sultan Banjar - Khairul Saleh dalam penobatan oleh Mufti Besar KH Anang Djazouly Seman di Mahligai Sultan Adam Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Foto-ANTARA

apahabar.com, BANJARMASIN – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, sejumlah nama calon gubernur Kalsel sudah ramai diperbincangkan. Termasuk mencuatnya kembali nama Pangeran Khairul Saleh.

Mantan bupati Kabupaten Banjar dua periode itu sempat mewarnai kontestasi pemilihan Gubernur pada Pilkada 2015.

Figur Sultan di Kerajaan Banjar itu jelas tak bisa dipandang sebelah mata untuk menantang sang petahana, Sahbirin Noor.

“Jika nantinya masyarakat menginginkan saya ikut dalam pemilihan, tentu saja saya siap maju sebagai bentuk pengabdian kepada mereka yang telah memberi restu,” terang dia, kepada apahabar.com, Sabtu (8/6).

Sementara itu, anggota DPR RI terpilih di Dapil Kalsel 1 ini mendapatkan dukungan dari masyarakat Kalsel khususnya di Banjar, Barito Kuala dan Tabalong.

Menariknya, kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengisyaratkan diri bakal bersaing dengan incumbent Gubernur H Sahbirin Noor melalui jalur independen.

Untuk diingat, PAN telah menyiapkan sosok H Muhidin yang tak lain merupakan ketua DPW PAN Kalsel mendampingi Paman Birin pada Pilkada 2020.

“Kalau saya jadi maju calon gubernur tidak mesti lewat perahu PAN, bisa lewat jalur independen,” bebernya.

Ya, pilihan untuk bertarung melalui jalur independen rupanya menunjukkan skeptisme Khairul terhadap mekanisme pengaderan di partai.

“Pada Pilgub Kalsel yang lalu saya sudah membina partai politik, tetapi akhirnya kita tahu semua,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan harus punya pertimbangan yang sangat matang. Strategi politik dan felling politik sangat penting sebelum terjun berlaga.

Adapun alasannya maju, Khairul ingin memajukan pembangunan di daerah setara dengan di Pulau Jawa.

“Kalau saya maju, itu berarti felling dan strategi politik sudah mantap dan harus menang, jika kalah saya takkan maju,” terangnya.

Selain Khairul, sejauh ini belum ada satupun tokoh Banua yang berani secara terang-terangan menantang sang petahana dalam panggung pemilihan gubernur.

Mungkinkah ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel itu akan bertarung melawan kotak kosong?

“Sampai menit ini belum terlihat figur yang akan menantang Sahbirin Noor. Padahal, tahapan Pilgub pasca Pilpres sudah bergulir,” ungkap Pengamat Politik dan Kebijakan Publik FISIP ULM, Samahudin Muharram, belum lama ini.

Apabila melihat momentum tahapan Pileg dan Pilpres 2019 yang telah usai, menurut Samahudin, seharusnya ada figur baru yang muncul melawan sang incumbent.

“Namun, sampai menit ini belum terlihat figur yang akan menantang Sahbirin Noor. Padahal, tahapan Pilgub pasca Pilpres sudah bergulir,” ucap Samahudin kepada apahabar.com.

Menurutnya, terdapat beberapa figur yang mempunyai berpotensi dan memiliki peluang besar, seperti Mardani H Maming dengan perolehan signifikan PDI Perjuangan di Pileg Kalsel kemarin.

“Tapi sampai hari ini belum ada gerakan kalau Mardani H Maming mau maju,” cetusnya.

Selain Mardani, tokoh lain seperti Muhidin juga dinilai memiliki peluang mengingat capaian kursi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPRD Kalsel maupun kabupaten atau kota.

Selain dua nama tokoh di atas, muncul juga Rudi Resnawan yang diprediksi akan maju. Akan tetapi, wakil gubernur Kalsel aktif ini tak memiliki kendaraan atau partai politik.

Menarik untuk ditunggu siapa yang akan benar-benar menjadi penantang Paman Birin dalam kontestasi menjadi pemimpin Kalsel lima tahunan itu.

Baca Juga: Ditunjuk Dampingi Paman Birin di Pilkada 2020, Begini Tanggapan H Muhidin

Baca Juga: Jelang Pilgub Kalsel 2020, Mungkinkah Paman Birin Melawan Kotak Kosong?

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diprakirakan Bebas Hujan, Simak Prakiraan BMKG Hari Ini!
apahabar.com

Kalsel

Kapolsek Bakumpai Polres Batola Laksanakan PAM dan Monitoring Bantuan Sembako dari Pemerintah
apahabar.com

Kalsel

Tanam 1.500 Bibit Pohon, Polres Batola Tebar Semangat Penghijauan
apahabar.com

Kalsel

Di Tengah Covid-19, Pencuri Gasak Jutaan Rupiah di Banjarmasin Selatan
apahabar.com

Kalsel

Siang Bolong, Kabupaten HST Geger Mayat Lagi
apahabar.com

Kalsel

Adaro Raih Proper Emas
apahabar.com

Kalsel

Mengenal Lebih Dekat Pencipta Lagu Banjar ‘Paris Barantai’ Anang Ardiansyah di Buku ‘Abah Raja Ai’
apahabar.com

Kalsel

Kabar Duka, Istri Sekda Banjar Tutup Usia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com