Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal Beredar Video 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah Saat Demo Anti UU Omnibus Law, Sosok Pelaku Terekam?

Makan Dulu Apa Salat ID Dulu?  

- Apahabar.com Selasa, 4 Juni 2019 - 20:15 WIB

Makan Dulu Apa Salat ID Dulu?   

Ilustrasi makan-makan saat lebaran. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Tidak terasa bulan suci Ramadan segera berakhir. Saat idul fitri, perayaan Salat ID dalam idul fitri pun menjadi agenda wajib bagi umat muslim seluruh dunia yang harus mereka laksanakan setiap tahunnya.

Namun, ada beberapa pandangan yang berbeda bagaimana umat muslim harus menjalankannya. Apakah sebagai umat muslim kita harus makan terlebih dahulu sebelum pergi ke masjid, atau mungkin kita harus Salat Idul Fitri terlebih dahulu baru bisa makan.

Baca Juga: Rindu Ramadan

Seperti dilansir Okezone, dengan banyak pandangan dan kemungkinan juga perdebatan yang ada, ternyata kita sebagai umat Muslim harus menjalankan sunah-sunah yang sudah ditentukan dalam idul fitri.

Seperti makan terlebih dahulu sebelum pergi ke masjid untuk menjalankan salat ied, yang ternyata kita memang harus makan atau sarapan apa saja sebelum pergi salat idul fitri. Seperti hadist dari Anas bin Malik yaitu :

عَنْ أَنَسٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ

“Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari).

Dalam hadist tersebut mengatakan bahwa Rasulullah sebelum pergi menjalankan salat idul fitri, beliau memakan beberapa kurma terlebih dahulu. Yang di mana kita sebagai umat muslim sangat baik jika mengikuti sunah yang memang sudah ada. Meskipun yang di anjurkan bukanlah memakan kurma, namun kita diperbolehkan makan sarapan apa saja.

Baca Juga: Ada 5 Keutamaan Membayar Zakat

Namun, karena ini hukumnya snnah yang berarti ini bukanlah kewajiban, yang artinya ketika seseorang tidak mengerjakannya tidak mendapatkan dosa. Karena kemungkinan, banyak sebagian orang yang tidak sempat untuk sarapan, terburu-buru atau bahkan memang tidak ingin makan sebelum menjalankan salat idul fitri terlebih dahulu.

Alangkah baiknya jika kita mengikuti ajaran Rasulullah untuk makan apapun ataupun sarapan terlebih dahulu, setelah itu baru pergi melaksanakan salat ied. Namun, bukan berarti kita tidak dapat langsung pergi ke masjid. Sah-sah saja ketika seseorang ingin langsung melaksanakan salat idul fitri, tetapi lebih baik lagi jika kita mengikuti anjuran Rasulullah, karena hukumnya sunnah ketika dikerjakan.

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Amalan Masuk Surga Bersama Rasulullah SAW
apahabar.com

Hikmah

Muslim Dunia Memulai Ramadan dengan Suasana Lockdown
apahabar.com

Hikmah

Muslim Finlandia Berdakwah Lewat Komunitas
apahabar.com

Hikmah

Membaca Alquran Suara Keras dan Lembut, Mana yang Lebih Baik?
apahabar.com

Hikmah

Cerita Saat Kulit Khalifah Umar Menghitam dan Mengering
apahabar.com

Hikmah

Cerita Angel Lelga yang Diterima Keluarga Setelah 10 Tahun Mualaf
apahabar.com

Hikmah

Manfaat Baca Surah An-Naba Sangat Besar, Apa Saja?
apahabar.com

Hikmah

Lumuri Tubuh dengan Kotoran Demi Hindari Zina
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com