Akhirnya! Honorer Puskesmas se-Banjarmasin Bakal Segera Gajian Siram Wajah Petugas dengan Air Cabai, Tahanan BNN Kabur Brakkkk!! Mobil Relawan Kebakaran di Banjarmasin Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas Duduk Perkara Viral Pencurian RX King di Kelayan, Warga Sempat Salah Tangkap! Keluarga Tolak Otopsi, Pria Paruh Baya di Kasbah Banjarmasin Diduga Meninggal Lantaran Sakit

Mantan Pejabat Kalteng Diminta Kembalikan Aset Daerah

- Apahabar.com Rabu, 26 Juni 2019 - 06:45 WIB

Mantan Pejabat Kalteng Diminta Kembalikan Aset Daerah

Aset daerah. Foto-Antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran meminta seluruh pejabat tertib dalam menggunakan aset daerah, baik yang bergerak ataupun tidak.

“Ini juga sekaligus peringatan kepada para mantan pejabat yang hingga saat ini masih menggunakan aset untuk segera dikembalikan,” katanya seperti ditulis Antara.

Baca Juga: Jemaah Haji Kapuas Terbanyak Se-Kalteng

Gubernur menegaskan, melalui organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi, pihaknya serius melakukan penataan aset agar sesuai dengan aturan dan tidak menjadi temuan ataupun masalah ke depannya.

OPD yang membidangi pun, diinstruksikan bertindak tegas dalam menegakan aturan, yakni menarik seluruh aset daerah tersebut dan segera mengamankannya.

“Aset daerah itu merupakan fasilitas yang diberikan oleh negara kepada ASN, namun sifatnya hanya sementara karena hanya dipinjamkan dan bukan menjadi milik pribadi,” jelasnya.

Jadi apabila seorang pejabat telah dimutasi atau tak lagi menempati jabatan yang lama hingga purna tugas, maka sudah seharusnya barang milik daerah itu diserahkan kembali kepada pemerintah.

Ia pun sebenarnya menyayangkan, apabila sampai saat ini masih ada oknum pejabat yang tidak patuh terhadap aturan yang berlaku, terlebih masalah penggunaan aset daerah yang sudah jelas ketentuannya.

Adapun pengambilan aset daerah dari seseorang yang tidak seharusnya, dilakukan melalui sejumlah tahapan, mulai dari mengirimkan surat pemberitahuan terkait penertiban aset, hingga penarikan secara paksa oleh aparat.

Pelaksana Tugas Asisten III Setda Kalteng Kaspinoor menjelaskan, pihaknya akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut. Apabila tidak diselesaikan dalam tahun ini, dikhawatirkan menjadi temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI dalam pemeriksaan laporan.

“Mengenai masalah ini, kami telah berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat serta jajaran tim inventarisasi. Semuanya sudah kami rapatkan dan akan segera ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Baca Juga: Banjarbaru Contoh Mal Pelayanan Batola

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Nekat, Pemuda di Kapuas Tengah Simpan Belasan Paket Sabu Siap Edar
PPPK Kapuas

Kalteng

Puluhan Guru dan Penyuluh di Kapuas Resmi Diangkat Jadi PPPK
apahabar.com

Kalteng

Mahasiswa, Pelajar dan Santri Ikut Keroyok Karhutla
apahabar.com

Kalteng

Hari Bhayangkara, Polsek Kapuas Timur Raih Kinerja Terbaik
Karhutla

Kalteng

Karhutla Jadi Atensi Presiden, Polda Kalteng Siapkan Penanggulangan
apahabar.com

Kalteng

Prihatin Pendapatan Warga, PKB Bagikan 5000 Paket Sembako di Barut
apahabar.com

Kalteng

Satu Lagi Pohon Raksasa di Kawasan Ujung Murung Kapuas Tumbang
apahabar.com

Kalteng

Daud Danda: Pemilik Tongkang Wajib Perbaiki Kerusakan Fender Jembatan Kalahien
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com