Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan

Mardani H Maming Puji Kemajuan Sektor Pelabuhan Era Jokowi

- Apahabar.com     Senin, 24 Juni 2019 - 14:16 WITA

Mardani H Maming Puji Kemajuan Sektor Pelabuhan Era Jokowi

Mardani H Maming pada acara Diklatda dan Rakerda Hipmi Jateng 2019 di Hotel Dafam Semarang, Jawa Tengah, Senin, 17 Juni 2019. Foto: Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Tokoh pengusaha muda asal Kalimantan Selatan, Mardani H Maming, memuji kemajuan pembangunan sektor pelabuhan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menurut Mardani H Maming, selain aspek kuantitas dengan terus membangun dan memperbaiki infrastruktur pelabuhan, pemerintah juga berhasil meningkatkan kualitas sistem kerja dan pelayanan pelabuhan yang sangat berpengaruh terhadap upaya menekan high cost economy yang sangat berpengaruh terhadap daya saing pengusaha nasional.

“Waktu tunggu (dweling time) di pelabuhan sudah tidak bermasalah lagi. Dulu, waktu tunggu di pelabuhan bisa mencapai 15 hari, sekarang paling lama hanya tiga hari. Dweling time selama tiga hari bisa menurunkan high cost economy dan meningkatkan daya saing pengusaha,” kata Mardani.

“Namun, ke depan kita harus dapat mempercepat waktu dweling time menjadi 1 atau 2 kali 24 jam sehingga perlahan tapi pasti kita bisa menyamai Singapura lagi,” ujar Mardani H Maming yang disebut-sebut sebagai calon kuat Ketua Umum BPP Hipmi tersebut, di Jakarta, Senin (24/6).

Mardani yang juga terjun di bisnis kepelabuhanan melalui perusahaannya PT. Batulicin Enam Sembilan menilai, pembangunan sektor pelabuhan yang giat dilaksanakan pemerintahan Jokowi, sangat strategis bagi pembangunan ekonomi Indonesia.

“Dengan terus dibangunnya pelabuhan baru dan diperbaikinya kualitas pelabuhan-pelabuhan tua, ini akan strategis bagi upaya Indonesia untuk mengatasi biaya logistik yang selama ini masih sangat tinggi,” kata Mardani.

Sebagai negara maritim, lanjut Mardani, sudah sepantasnya Indonesia menjadi pusat pengiriman dan poros perdagangan maritim dunia yang mampu menantang dominasi Singapura.

Upaya mengalahkan dominasi Singapura tersebut menurut Mardani mulai terlihat. PT. Pelabuhan Indonesia atau Pelindo II (Persero) mulai tahun lalu melaksanakan cargo consolidation, di mana menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok mejadi tempat konsolidasi kargo ekspor dan impor dari dan ke wilayah Indonesia.

Jika sebelumnya importir atau eksportir Indonesia ke Eropa atau Amerika Serikat dan beberapa negara asia lainnya, harus mampir dulu ke Singapura untuk singgah yang kemudian berganti kapal besar, sekarang sudah bisa di pelabuhan Tanjung Priok saja.

“Ini sebuah langkah maju bagi dunia pelabuhan kita. Ke depan kita berharap jumlah kontainer yang dilayani di pelabuhan Tanjung Priok juga terus meningkat minimal 800 ton,” kata Mardani.

“Kami juga berharap agar pemerintah dapat membentuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) khusus di pelabuhan sehingga di sana semua pelayanan perizinan dokumen dari berbagai kementerian dapat satu pintu dan pengurusannya selesai dengan cepat dan tepat,” tambah pengusaha muda yang pernah meraih gelar Bupati Termuda di Indonesia itu.

Selain Tanjung Priok, menurut Calon Ketua Umum BPP Hipmi ini, Indonesia juga perlu memperluas titik-titik layanan kapal cargo berorientasi ekspor, terutama di wilayah Indonesia timur seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

“Dengan meratanya sistem pelayanan pelabuhan yang baik, maka komoditas ekspor di wilayah Indonesia timur akan lebih optimal terkirim dengan waktu reletif pendek dan biaya yang lebih murah,” jelas Mardani H Maming.

Mardani optimis, proyek pembangunan pelabuhan yang terus giat dilaksanakan pemerintahan Jokowi akan menjadikan Indonesia sebagai pusat perdagangan dunia yang baru dan mampu mengalahkan Singapura. (*)

Baca Juga: Ramai Isu Teroris, Jokowi Tetap Resmikan Pelabuhan Sibolga

Editor: Budi Ismanto

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Mendikbud Nadiem: Pembelajaran Tatap Muka Januari 2021 Berdasarkan Persyaratan Ketat
apahabar.com

Nasional

Tragedi Speedboat Paspampres, Menteri LHK Lepas Jenazah Stafnya
apahabar.com

Nasional

KPK Beberkan Fee per Paket Sembako dalam Kasus Mensos Juliari Batubara
apahabarcom

Nasional

Heboh Negara Maju, Hipmi: Hati-hati Jebakan Batman
Sriwijaya

Nasional

Datangi Crisis Center Sriwijaya SJ 182, Tangis Keluarga Pecah di Bandara Supadio
apahabar.com

Nasional

Dokumen Tak Lengkap, 8 Mobil Mewah Disita Polisi
apahabar.com

Nasional

Serda JR Penembak Letkol Dono Miliki Senpi Legal
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Bertambah 2.306 Jadi 160.165 Kasus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com