apahabar.com
Gedung DPRD Kalsel. Dok. apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Di atas kertas Partai Golongan Karya (Golkar) memastikan diri untuk menduduki kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel periode 2019-2024.

Partai berlogo pohon beringin ini meraih 13 kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) serentak 2019 pada hasil rekapitulasi KPU Kalsel beberapa waktu lalu.

Bahkan ada tiga nama yang mengemuka digadang-gadang sebagai kandidat ketua DPRD Kalsel. Mereka adalah H Rusli, H Hasanuddin Murad, dan H Supian HK.

Saat dikonfirmasi apahabar.com dengan salah satu calon terkuat Ketua DPRD Kalsel yakni H Hasanuddin Murad. Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan itu DPD Partai Golkar Kalsel.

“Artinya partai tentu banyak pertimbangan. Tapi mudahan-mudahan kriteria, mekanisme yang ada dalam AD/ART dan peraturan organisasi, itu akan dipakai bahan pertimbangan dalam rangka untuk menentukan Ketua DPRD Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Demikian juga mantan anggota DPR RI ini berharap agar penentuan jabatan ketua dewan tak dinodai dengan lobi-lobi politik.

Makanya ia menegaskan bakal menaati segala aturan partai yang berlaku. Meskipun partai yang membesarkan namanya itu tidak menunjuknya.

“Saya menurut dengan partai, karena saya dibesarkan oleh Partai Golkar. Saya gak melakukan lobi lah, saya serahkan aja kepada partai,” terangnya.

Ketentuan partai yang dimaksud, kata dia saat kesiapannya untuk memilih mundur dari bursa pencalonan DPD, karena diminta maju di Pileg Kalsel.

“Nah saya kira inilah bukti loyalitas untuk kejayaan Golkar. Dan ini, saya yakin petinggi Golkar sudah tahu dedikasi saya di Golkar,” bebernya.

Secara umum berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, H Rusli dari dapil Kalsel 2 Kabupaten Banjar, meraih suara pribadi terbanyak di partai pohon beringin tersebut, yakni 51.869 suara.

Kemudian, disusul mantan Bupati Barito Kuala dua periode, H Hasanuddin Murad caleg Dapil Kalsel 3 Barito Kuala. Dia berhasil mendulang 40.482 suara.

Selanjutnya, H Supain HK yang kini menyabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Kalsel, sekaligus Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel.

Caleg Dapil Kalsel 5 yang meliputi Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong itu, Supian meraup sekitar 18.477 suara.

apahabar.com
H Hasanuddin Murad saat diwawancarai awak media. Foto-Istimewa

Baca Juga: Calon Kuat Ketua DPRD Kalsel, Paman Birin Dua Kali Sebut Supian HK

Baca Juga: Meraba Peta Politik Pilkada 2020 Kabupaten Banjar, dari Figur Muda hingga Poros Ketiga

Baca Juga: Ketua Karang Taruna Kabupaten Banjar Fahrani Siap Bersaing di Pilkada 2020

Baca Juga: Terkait Cawabup, Ini Kesepakatan Bupati HST dengan Tiga Parpol Pengusung

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah