Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Menahan Pipis saat Terjebak Macet Mudik Berbahaya

- Apahabar.com     Senin, 3 Juni 2019 - 07:00 WITA

Menahan Pipis saat Terjebak Macet Mudik Berbahaya

Ilustrasi menahan pipis. Foto-Detik Heath

apahabar.com, JAKARTA – Tradisi mudik nampaknya menjadi hal yang wajib dilakukan. Meski bermacet-macetan, masyarakat tetap antusias untuk menjalankan tradisi ini.

Salah satu masalah yang sering dijumpai ketika terjebak macet saat mudik adalah menahan buang air kecil. Padahal menurut dr. Hani Hendarto,SpU produksi urine perjam pada orang normal adalah sebanyak 50-100 cc.

“Kalau tiga sampai empat jam berarti penuh. Kalau ditanya tahan paling lama itu berapa jam bergantung pada sistem persyarafan dan sensitifitas. Kalau persyarafan baik dan sensitifitas baik akan sulit menahan pipis,” kata dia seperti ditulis vivanews.com.

Dia menjelaskan maksimal paling lama menahan berkemih adalah setengah jam. Jika terlalu lalu menahan berkemih, kata dia bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah anyang-anyangan.

“Anyang anyangan terjadi karena kandung kemih enggak steril ada kuman, kuman ada di lipatan. Saat ada cairan lipatan akan rata, kuman keluar iritasi di kantong kemih makanya ada sensasi ingin berkemih meski sedikit,” kata dia.

Bukan hanya itu saja, menahan berkemih juga bisa menyebabkan penyakit pada ginjal. Penyakit ini berawal dari penyakit infeksi saluran kencing. Pada waktu tertentu kuman yang ada di kandung kemih itu harus dikeluarkan. Jika tidak kuman itu bisa naik ke atas dan berkembang biak. Awalnya di uretra kemudian di kandung kemih bisa naik ke ginjal.

Baca Juga: Tips Anis Lupita Sari, Tetap Cantik Saat Puasa

Baca Juga: Lebaran dan Nuansa Serba Baru

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Gugus Tugas Jelaskan Protokol Saat Menerima Kiriman Barang
apahabar.com

Gaya

Bikin Ngiler, Suzuki Jimny 1987 Kotabaru
apahabar.com

Gaya

Diduga Jadi Otak Peretasan Akun Twitter, Remaja 17 Tahun Diciduk Polisi
apahabar.com

Gaya

Garangnya Penampilan Jimny dengan Konsep Black Bison Edition
apahabar.com

Gaya

MAXstream Hadirkan Koleksi Hiburan Korea dari tvN dan tvN Movies
apahabar.com

Gaya

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak Ala Rima Anjani

Gaya

Sambut Ramadan, Wali Band Rilis Mati Masuk Surga

Gaya

Viral Dua Pemuda Hina Palestina, Ciut Digelandang Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com