‘Olahraga’ Malam, Ratusan Pemuda di Tapin Arak Motor Sampai Polres CEK FAKTA: Covid-19 Jadi Ladang Bisnis RS di Banjarmasin? Duh, Zona Hitam Covid-19 di Banjarmasin Bertambah! Selama Pandemi, Biaya Operasional Bekantan Kalsel Kian Melonjak Belasan Warga Kalsel Terimbas Penyusutan Karyawan Lion Air




Home Kalsel

Selasa, 18 Juni 2019 - 16:50 WIB

Mengoptimalkan Peran Camat, Bupati HST Limpahan Sebagian Wewenang

Redaksi - Apahabar.com

Rapat koordinasi membahas pedoman pelimpahan sejumlah wewenang Pemkab HST ke kecamatan. Foto-apahabar.com/AHC11

Rapat koordinasi membahas pedoman pelimpahan sejumlah wewenang Pemkab HST ke kecamatan. Foto-apahabar.com/AHC11

apahabar.com, BARABAI – Rencana pelimpahan sebagian kewenangan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) kepada seluruh camat di Bumi Murakata mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) terus dioptimalkan pemerintah setempat.

Kali ini Staf Ahli Bupati, M Yuserani mengadakan dan memimpin rapat koordinasi membahas pedoman pelimpahan itu. Ia membahas tata cara dan Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN).

Tata cara pelimpahan itu, dijelaskan Yuserani, diselenggarakan untuk mengoptimalkan peran kecamatan sebagai perangkat daerah kabupaten, sebagai pelaksana teknis kewilayahan serta pelaksana tugas pembantuan.

Sedangkan melalui PATEN, diterangkan Yuserani, diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Melalui itu, penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket,” terang Yuserani saat memimpin rapat itu di Auditorium Pemkab HST yang dihadiri para staf bupati dan para camat serta lurah se Kabupaten HST, Selasa (18/7).

Baca juga :  Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Permintaan Hewan Korban di Banjarmasin

Melalui penyelenggaraan PATEN, jelas Yuserani, lokasi kecamatan akan lebih dekat dan mudah dijangkau masyarakat dibandingkan dengan Ibu Kota HST di Barabai. “Dengan itu, kualitas pelayanan mudah dari aspek waktu dan biaya pelayanan,” jelas Yuserani.

Dengan demikian, kecamatan yang ada di HST dapat menyelenggarakan PATEN setelah memenuhi sejumlah persyaratan, yaitu subtantif, administrative dan teknis.

“Apabila ketiga persyaratan tersebut telah terpenuhi, maka kecamatan itu dapat menyelenggarakan PATEN,” tekan Yuserani.

Seperti disampaikan Bupati HST, HA Chairansyah pada 9 Mei 2019 untuk kemajuan pemerintahan di HST, ia mengapresiasi jajaran pemerintahannya untuk melaksanakan otonomi daerah dengan melimpahkan sebagian wewenang pemkab ke kecamatan.

Baca juga :  Memasuki New Normal, Antusiasme Pendonor Darah di Banjarmasin Sepi

“Namun harus dibuatkan Perbup sebagai payung hukum yang berpedoman agar tidak bertentangan dengan peraturan di atasnya,” kata Chairansyh.

Sebagai persiapan, Asisten Bidang Pemerintahan, Ainur Rafiq dibantu Bagian Pemerintahan menggelar rapat koordinasi perangkat daerah untuk melakukan identifikasi dan inventarisasi pelimpahan sebagian kewenangan kepada camat di Aula Bappelitbangda HST saat itu.

Hasilnya, dari beberapa pendapat para Eselon II, perlu dipetakan apa saja yang telah dilaksanakan dan apa saja kewenangan para camat, disesuaikan dengan karakteristik atau kebutuhan masyarakat di masing-masing kecamatan dan pelimpahan SDM, sarana dan prasarana yang memadai.

Baca Juga: BPJS Barabai Sosialisasikan Rekrutmen PPU di Tapin

Baca Juga: Ratusan Penarik Becak Serbu Masjid Riyadus Shalihin Barabai, Ada Apa?

Reporter: AHC11
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Kalsel, NU: Bukan Kepentingan Politik
apahabar.com

Kalsel

Lebaran di Bui, Eks Pemred Banjarhits.Id Tak Bisa Dijenguk
apahabar.com

Kalsel

Natal, 33 Napi Dapat Remisi
apahabar.com

Kalsel

Dukung Banjarmasin, Batola Jajaki Penerapan PSBB
apahabar.com

Kalsel

KLHK: Tata Kelola Hutan di Kalteng Tak Hambat Pembangunan
apahabar.com

Kalsel

Asap Beranjak Sirna, Mulai Datang Hujan Berpetir
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Masyarakat Meriahkan HUT PDIP
apahabar.com

Kalsel

Waspada Potensi Karhutla Di Seluruh Wilayah Kalsel Hari Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com