Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Miris! CSR Arutmin Hanya Sumbang 20 Dus Mi Instan untuk Korban Banjir Satui

- Apahabar.com Kamis, 13 Juni 2019 - 20:01 WIB

Miris! CSR Arutmin Hanya Sumbang 20 Dus Mi Instan untuk Korban Banjir Satui

ILUSTRASI: Tim relawan gabungan terus bergerak menuju salah satu wilayah terdampak banjir, guna menyalurkan bantuan. Foto: ACT for apahabar.com

apahabar.com, SATUI – PT. Arutmin Indonesia melalui forum CSR yang terdiri dari puluhan perusahaan tambang di Kabupaten Tanah Bumbu memberikan sumbangan yang dinilai sangat minim kepada korban banjir di Kecamatan Satui.

Padahal, menurut sumber apahabar.com, ada 28 perusahaan yang bergerak di bidang tambang batu bara yang tergabung di dalam forum CSR tersebut.

“Sebenarnya saya sangat sedih karena banyak perusahaan pemegang PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara) bantuannya sangat kecil. Nanti lihat saja sendiri daftarnya,” kata Camat Satui, Hery Kurbiansyah, kepada apahabar.com, Kamis (13/6).

apahabar.com

Salah satu dapur umum di Kecamatan Satui, yang belakangan waktu ini ikut diterjang banjir. Foto: Istimewa

Daftar penyumbang korban banjir di Kecamatan Satui dipajang di aula Koramil Satui yang dijadikan sebagai tempat pendistribusian logistik.

Di atas kertas yang ditempel dengan papan tulis warna putih, tercantum sejumlah nama perusahaan yang tidak asing di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam daftar tersebut, CSR Arutmin tercatat hanya menyumbang 20 dus mi instan, 2 dus sarden, 10 rak telur, dan 10 bungkus nasi untuk korban banjir.

apahabar.com

Jika dirupiahkan, nilainya sekira Rp3 juta. Sementara PT. BIB juga hanya menyumbang 30 dus Indomie sedap dan 30 paket sembako berisi minyak, beras, gula, dan kopi.

Bantuan lebih banyak datang dari PT. Wahana Baratama Mining yang menyumbang 29 dus mi instan, 10 dus sarden, 5 rak telur, 10 dus kecap manis, 20 rak beras, 20 minyak goreng, dan 20 pak air mineral.

“Kami berharap kontribusi perusahaan-perusahaan bisa ditingkatkan,” kata Hery. Sejauh ini, pihak perusahaan juga tidak memberikan bantuan lainnya.

Hery mengungkapkan, posko dan dapur umum di Satui dibangun secara swadaya tanpa keterlibatan pihak perusahaan. Ia juga tak habis pikir kenapa bantuan sosial dari perusahaan sangat minim.

Namun, Hery merasa bersyukur karena bantuan terus mengalir dari Dinas Sosial Provinsi Kalsel serta dari Pemkab Tanah Bumbu. Belum lama ini, Bupati Sudian Noor juga meninjau posko pengungsian di Satui.

Ia berharap kondisi ini segera berakhir dan masyarakat dapat kembali melakukan aktivitasnya seperti biasa. “Harapan saya jangan ada banjir lagi,” tandasnya.

Minimnya bantuan dari perusahaan ini mendapat tanggapan dari anggota DPRD Kalsel, Syafruddin H Maming. Cuncung, begitu ia biasa disapa, berharap perusahaan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu bisa mengeluarkan dana CSR untuk membantu korban terdampak banjir.

“Saya berharap mereka bisa menyalurkan bantuannya, karena banyak warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, sudah lima hari banjir melanda ‘Bumi Bersujud’. Di beberapa wilayah, banjir sudah mulai surut. Namun di sebagian besar wilayah lainnya ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

Baca Juga: Terancam Banjir, Warga Desa Barunang Miri dan Desa Bajarau Kotim Khawatir

Baca Juga: Demi Mi Instan, Wagub Kaltim Rela Terjang Banjir Sepinggang

Baca Juga: Terendam Banjir, SMKS Tuna Bangsa Tunda Ulangan Semester

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Bawaslu Temukan Puluhan Surat Suara Tercoblos di Barabai..!!
apahabar.com

Nasional

Disaat Iran-AS Memanas, Jokowi Kunjungi Abu Dhabi
apahabar.com

Nasional

PT LAJ: Gajah Sumatera Mati Bukan Karena Bahan Kimia
apahabar.com

Nasional

Payung Hukum Belum Jelas, Hak Kaum Disabilitas Masih Terabaikan
apahabar.com

Nasional

Denda Berkendaraan Sambil Merokok di Negara Luar Lebih Berat
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sapa Warga Palangkaraya dan Kupang, Prabowo ke Yogyakarta
apahabar.com

Nasional

Dukung Presiden Jokowi Soal Aparat Hukum, Ketum BPP Hipmi Mardani H Maming: Pemeras Musuh Bersama
apahabar.com

Nasional

Mayat Mr X Ditemukan di Sungai Tabuk, Korban Pembunuhan?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com