Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Momentum Lebaran, KNPI Ajak Pemuda Banua Rekonsiliasi Pasca Pemilu

- Apahabar.com Kamis, 6 Juni 2019 - 17:25 WIB

Momentum Lebaran, KNPI Ajak Pemuda Banua Rekonsiliasi Pasca Pemilu

Aksi demonstrasi sejumlah mahasiswa yang hendak menuju kantor KPU Kalsel di Jalan Ahmad Yani, Km 3,5, Banjarmasin Timur Kamis (9/5) diwarnai aksi saling dorong. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemilihan Umum 2019 telah berlalu. Perbedaan pilihan adalah hal yang wajar dalam proses berdemokrasi. Meski demikian, rekonsiliasi dan silaturahmi harus terus terjalin.

Memasuki Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel mengajak kepada seluruh pemuda Banua melakukan rekonsiliasi pasca pemilu.

Baca Juga: H+1 Idulfitri, Terminal Pal 6 Sepi Penumpang

“Jika kemarin-kemarin merasa sungkan untuk memulai pembicaraan yang baik atau bahkan memulai minta maaf, maka saat lebaran semua akan merasa nyaman untuk memulai hal yang baik,” ucap Ketua DPD KNPI Kalsel Fazlur Rahman kepada apahabar.com, Kamis (6/6).

Pemuda banua, kata dia, hendaknya belajar dari perilaku sejumlah elite nasional. Di mana yang awalnya susah berkomunikasi, sekarang dengan ‘mediasi’ Idul Fitri membuka sumbatan komunikasi tersebut.

“Kita hendaknya meniru contoh yang baik itu dan mulai meninggalkan perdebatan yang tidak perlu. Bahkan, perdebatan yang cenderung merusak silaturahmi sesama manusia,” tegas alumnus Pascasarjana Hukum Ekonomi Universitas Brawijaya ini.

Baca Juga: Rumdin Wali Kota Ibnu Sina Kebanjiran Pengunjung

Menjelang Pilkada 2020 mendatang, ia menegaskan, pemuda Banua mesti memunculkan ide dan gagasan baru. Serta wacana kontrak politik kepada kandidat yang berlaga.

Bahkan, pemuda harus siap maju jika memungkinkan dan diberi amanah oleh rakyat Kalsel.

“Pemuda kita sudah cukup berkualitas, terbukti banyak yang terpilih sebagai anggota Dewan di tingkat Kabupaten atau Kota, Provinsi maupun Pusat,” cetusnya.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Ribuan Pemudik Berangkat dari Terminal Pal 6

Pikiran segar, inovatif dan ketangguhan, menurut mahasiswa program doktor Ilmu Sosial Universitas Airlangga ini, merupakan merupakan ciri khas pemuda sekarang.

Jika pemuda diberikan kesempatan memimpin, tegas dia, maka peluang majunya daerah itu semakin besar. Contohnya seperti Tanbu di masa kepemimpinan Mardani H Maming atau di daerah lain seperti Emil Dardak dan Nur Arifin di Trenggalek serta Azwar Anas di Banyuwangi.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sambangi Warga Pinggiran Batola, KNPI Miris Lihat Nasib Petani dan Pencari Ikan
apahabar.com

Kalsel

Didukung Kelompok Milenial dan Santri, Ini Jawaban Ma’ruf Amin
apahabar.com

Kalsel

Resmi, 5 Sipir Terduga Pengeroyok Napi di Tanjung Ditahan!
apahabar.com

Kalsel

Tiru 10 Kota di Dunia, Banjarmasin Segera Deklarasikan Kota Ramah Pesepeda
apahabar.com

Kalsel

Polres Batola Gelar Operasi Patuh, Masker Juga Menjadi Perhatian
apahabar.com

Kalsel

Niatnya Memperindah Kota, Air Mancur Seharga Miliaran Rupiah di Pelaihari ‘Mampet’
apahabar.com

Kalsel

Pisah Sambut Kasat Intelkam Polres Banjar, AKP Rudi: Silaturahmi Jangan Putus
apahabar.com

Kalsel

Melalui PKW, Batola Tak Kekurangan Desain Grafis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com