apahabar.com
Kabid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Erwinn ZH MARS memberikan semangat kepada para pasien bibir sumbing. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2019, Polda Kalimantan Selatan menggelar bakti kesehatan operasi kelainan kongenital dan bibir sumbing di Rumah Sakit Bhayangkara HIS Banjarmasin pada 18-19 Juni 2019 mendatang.

Operasi ini berkat kerja sama dengan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) serta Badan Amal Internasional untuk anak-anak atau Smile Train.

Kabid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Erwinn ZH MARS, MH, Kes mengatakan sasaran operasi gratis ini untuk seluruh pasien dengan kelainan bawaan bibir sumbing dan celah langit untuk dapat ditangani dengan tuntas.

“Bibir sumbing tak hanya mengganggu estetika, tetapi juga proses menelan dan berbicara (bagi yang mempunyai kelainan sumbing langit-langit dan rahang),” ujar Kombes Pol dr Erwinn ZH MARS, MH, Kes dalam keterangan tertulisnya yang diterima apahabar.com, Rabu (13/6).

Dia menilai anak-anak yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan tanpa langit-langit kerap merasa rendah diri karena penampilan fisik berbeda dari anak-anak lainnya, suara tidak berfungsi dengan baik serta kesulitan menelan.

“Saya percaya dengan melakukan operasi bibir sumbing dan celah-celah ini, dapat mengembalikan senyum dan kepercayaan diri anak-anak Banyak dalam meraih mimpi mereka kelak,” sebut Erwin.

Sebagai tahap awal, kata Erwin, dilaksanakan screening kesehatan di Etalase dn IGD Rumkit Bhayangkara HIS Banjarmasin sejak Selasa 12 Juni hingga Rabu 13 Juni 2019.

“Verifikasi data terdaftar 32 orang, yang masuk screening  sementara 12 orang siang tadi. Mereka pengisian status berupa absen awal pasien, identitas, anamnesa riwayat penyakit, dan cek vital sign serta berat badan,” tuturnya.

Kemudian di tahap dua, pengambilan sampel darah untuk cek awal Hematologi, cek

Darah rutin calon pasien, berupa pembekuan dan waktu perdarahan. “Terakhir cek dan kontrol serta konsultasi dan anamnesis, pemeriksaan fisik calon pasien yang dilakukan oleh Dokter Anestesi dan Dokter bedah mulut,” bebernya.

Para peserta berjumlah 32 terdiri dari dewasa, anak dan balita, yang ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari beberapa Kota dan Kabupaten di Kalsel. Diantaranya, Tabalong, Hulu Sungai Selatan, Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

“Kegiatan bhakti sosial ini merupakan bentuk kedekatan Polri dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan khusus. Sehingga dapat menjalin rasa persaudaraan yang kuat dibidang pelayanan,” pungkas Erwin.

Sebelumnya juga Polda Kalimantan Selatan melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) juga mengadakan bakti sosial berupa sunatan massal, donor darah serta penyerahan bingkisan untuk para peserta.

Baca Juga: Kunker Luar Negeri DPRD Kalsel Batal, Jika…

Baca Juga: Minus PDIP, Ibnu Incar Sejumlah Partai Pengusung di Pilwali Banjarmasin

Reporter : Eddy Andriyanto
Editor: Syarif