VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Organisasi dan Komunitas di Tanbu Ramai-Ramai Bantu Korban Banjir

- Apahabar.com Kamis, 13 Juni 2019 - 14:33 WIB

Organisasi dan Komunitas di Tanbu Ramai-Ramai Bantu Korban Banjir

Salah satu bantuan untuk korban banjir di Desa Sardangan yang dikirim menggunakan ketinting. apahabar.com/Puja Mandela

apahabar.com, BATULICIN – Sejumlah organisasi dan komunitas ikut berduka terhadap bencana banjir yang melanda Kabupaten Tanah Bumbu.

Sejak banjir mengepung rumah-rumah dan membuat banyak warga mengungsi, bantuan dari komunitas dan organisasi terus disalurkan.

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Tanah Bumbu bersama Aksi Cepat Tanggap Kalsel misalnya. Sejak banjir masih menggenang sudah mulai menyalurkan bantuan, baik makanan maupun obat-obatan.

Komunitas Pemancing Tanah Bumbu juga melakukan hal yang sama. Anggota DPRD Tanah Bumbu, Sayyid Ismail Kholil Alydrus, yang tergabung di dalam komunitas itu juga menyerahkan bantuan, bahkan ikut mengevakuasi korban banjir di Desa Maju Makmur dan Desa Maju Bersama, Kecamatan Batulicin.

Direktur LSM Lintah Indonesia, Rudi Hartono, mengatakan bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian kepada korban banjir. Dalam beberapa hari terakhir, ia bersama relawan lainnya berkeliling dari satu posko ke posko lainnya.

“Semoga korban bencana diberi ketabahan dan segera pulih,” katanya.

Koordinator Relawan Bang Dhin, Muhammad Taher, mengatakan pihaknya mendistribusikan ratusan rak telur dan mi instan di Kecamatan Kusan Hilir, Batulicin, dan Karang Bintang.

Pada Senin kemarin, penghobi otomotif 4×4 doubel cabin yang tergabung dalam Internasional Offroad Federation (IOF) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan aksi tanggap darurat korban banjir di sejumlah desa Kecamatan Kusan Hulu.

Rombongan aksi tanggap darurat yang dinakhodai H. Rooswandi Salem itu menerobos akses jalan yang terputus sembari membawa logistik.

“Alhamdulillah sejumlah akses yang rusak dan wilayah terisolir akibat banjir dapat kami lalui dengan mobil double cabin ini,” katanya.

Ia mengatakan IOF Tanah Bumbu membawa misi kemanusiaan untuk meringankan beban korban banjir di Kusan Hulu.

Beberapa bantuan yang disalurkan yakni beras, air mineral, dan pakaian layak pakai. Bantuan diserahkan ke kantor desa setempat dan kantor Kecamatan Kusan Hulu yang selanjutnya didistribusikan kepada warga terdampak bencana.

Sejumlah komunitas dan organisasi lainnya yang ikut berpartisipasi untuk menyalurkan bantuan antara lain Pemuda Tanah Bumbu, Komunitas Satu Keluarga, Borneo Netizen, Batulicin Facebook Zone, Gerakan Mahasiswa Nasional Komunitas Bonek, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, dan sejumlah relawan lainnya.

Sampai hari ini, sebagian wilayah Kabupaten Tanah Bumbu terutama yang berada di bantaran sungai masih terendam banjir. Sementara wilayah lainnya sebagian sudah surut.

Baca Juga: 2018 Rp 5,5 Miliar, Kerugian Banjir Tanbu Tahun Ini Kemungkinan Lebih Besar

Baca Juga: Korban Banjir Tanah Bumbu Mulai Terserang Berbagai Penyakit

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rooswandi Salem: Bang Nadjmi Orang yang Low Profile
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Swab Massal di Tanah Bumbu, Hasil Keluar 3 Hari
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Dinas Perikanan Tanbu Distribusikan 499 Paket Konversi BBM ke BBG
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rooswandi Minta Pelayanan Administrasi Kepegawaian Manfaatkan Teknologi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Malam Ini, 3 Pasien Tanbu Dinyatakan Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

April, 330 ASN di Tanbu Naik Pangkat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Saat Bupati Sudian Pilih Salat Id di Rumah bersama Keluarga
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sudian Noor Serahkan Bantuan untuk Lansia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com