Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Paman Birin Masih Mendamba Kalsel Jadi Ibukota Negara

- Apahabar.com Senin, 3 Juni 2019 - 15:27 WIB

Paman Birin Masih Mendamba Kalsel Jadi Ibukota Negara

Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel H Sahbirin Noor enggan berkomentar saat ditanya soal perolehan suara Capres Jokowi Amin di Kalsel, Jumat (18/4) sore. Foto-apahabar/Zepi Al Ayubi

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah sudah bulat untuk memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke wilayah lain di luar Jawa. Namun sepertinya bukan Kalsel, melainkan Kalteng atau Kaltim.

“Sekarang alternatifnya sudah mengerucut pada dua lokasi, yakni di Kaltim atau di Kalteng. Namun pusat akan menentukan pilihannya di Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, jika Pemprov Kaltim melakukan lima langkah strategis,” ujar Pengamat ekonomi yang juga Ketua Pusat Kajian Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, Universitas Mulawarman Samarinda Aji Sofyan Effendi, belum lama ini.

Perlahan, awan mimpi menjadi ibukota mulai menyingkir dari Kalsel seiring kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Bukit Soeharto, Kalimantan Timur, dan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Selasa 25 Mei lalu. Membawa sejumlah menterinya, Kaltim menjadi lokasi pertama yang dikunjungi.

“Saya melihat di sini semuanya sangat mendukung. Kebetulan lokasinya di tengah jalan tol Balikpapan-Samarinda. Di Balikpapan ada airportnya, Samarinda ada airportnya. Jadi (lebih hemat) tidak perlu buat airport lagi. Pelabuhan (internasional) juga ada di Balikpapan,” kata Jokowi kepada awak media ini.

Tak kalah dengan Kaltim, Jokowi menilai Kalteng juga memenuhi kriteria menjadi Jakarta baru dari sisi luas lahan.

Lantas bagaimana dengan Kalsel?

Tak kalah dengan Kalteng, provinsi tertua di pulau Kalimantan ini sebenarnya mempunyai potensi lahan yang cukup untuk menjadi Ibu Kota Negara Indonesia.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bahkan memastikan 300 hektare lahan sudah disiapkan guna mendukung rencana pusat tersebut. Berada di Kabupaten Tanah Bumbu, lahan yang disediakan minim risiko bencana.

“Kami siap membantu segala apa yang diperlukan,” ujar Paman Birin, sapaan akrabnya, belum lama ini.

Dijumpai usai buka bersama kemarin, Paman Birin mengatakan Kalsel memiliki potensi alam dan masyarakat yang ramah tamah kepada setiap pendatang.

“Secara geografis dan potensi alam sangat mendukung untuk dijadikan ibukota negara. Akses ke berbagai daerah di Indonesia juga mudah baik lewat laut dan udara,” ujarnya.

Tak begitu saja, lanjutnya bahwa budaya saling menghormati dan menghargai terhadap orang lain juga menjadi faktor kuat mengapa Kalsel memiliki potensi itu.

“Budaya merupakan adat Banua untuk mencari kesuksesan di luar kampung. Mereka harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Hal inilah yang membuat warga kita selalu welcome dengan pendatang,” terangnya.

Paman Birin sapaan akrabnya menilai jika Provinsi yang dipimpin terpilih sebagai ibukota negara, pastinya pembangunan akan semakin cepat.

“Apabila Kalsel menjadi Ibukota, maka akan terjadi percepatan yang luar biasa,” ungkapnya.

Ditambah bahwa dengan perpindahan ke Kalsel, maka negara lebih cocok karena ibukota berada tepat di tengah wilayah.

“Akses di tengah tengah negara Indonesia sehingga sangat mudah terjangkau di daerah lain di Indonesia,” ungkapnya.

Secara geografis dan geopolitik lokasi Tanah Bumbu atau Kotabaru sangat strategis dari Pulau Jawa, Sumatera, Papua, Sulawesi menggunakan jalur laut maupun udara.

Selain itu, letak Tanbu, juga berada dekat dengan laut lepas, seperti Laut Jawa dan Laut Sulawesi, sebagai identitas Indonesia, yakni negara maritim.

Baca Juga: Calon Kuat Ketua DPRD Kalsel, Paman Birin Dua Kali Sebut Supian HK

Baca Juga: Jelang Pilgub Kalsel 2020, Mungkinkah Paman Birin Melawan Kotak Kosong?

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kabar Terbaru Covid-19 di Tanbu: 1 Sembuh, 3 Positif
apahabar.com

Kalsel

Wali Kota Banjarmasin Minta Tunda Pengesahan Perda Minol
apahabar.com

Kalsel

Miras Jadi Biang Kerok Pendapatan Dispudpar Banjarmasin Rp 0
apahabar.com

Kalsel

Melihat Potensi Ekonomi, KEIN Kunjungi Banjarbaru
Korban DBD di Banjarmasin Sudah Delapan Orang

Kalsel

Korban DBD di Banjarmasin Sudah Delapan Orang
apahabar.com

Kalsel

Cek Fakta, Makam Guru Zuhdi Dibuka Kembali
apahabar.com

Kalsel

Hampir Seribu Pohon Ditanam di Gunung Mamake Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Tanah Amblas, Jalur Penghubung Kalumpang dan Masta Margasari Putus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com